Satu Calon Jemaah Haji Aceh Meninggal saat Penerbangan ke Tanah Suci

Akan disalatkan dan dimakamkan di Madinah

Banda Aceh, IDN Times - Seorang calon jemaah haji, Muslim bin Abdul Wahab Salam, yang tergabung di Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Aceh meninggal dunia di dalam pesawat ketika sedang dalam penerbangan menuju ke Tanah Suci, Rabu (15/6/2022), sekitar pukul 04.37 Waktu Arab Saudi (WAS).

Informasi meninggalnya calon jemaah tersebut disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Iqbal melalui Koordinator Humas dan Penerangan PPIH, Tajri setelah menerima kabar dari petugas haji Kloter 1 di Arab Saudi.

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke Rahmatullah, bapak Muslim bin Abdul Wahab Salam, jamaah BTJ 01, jam 04.37 waktu Arab Saudi tadi pagi di dalam pesawat menjelang landing di bandara Madinah,” kata Tajri, Rabu (15/6/2022).

1. Memiliki penyakit asam lambung

Satu Calon Jemaah Haji Aceh Meninggal saat Penerbangan ke Tanah Sucipixabay.com/pexels

Tajri mengatakan, sebelum meninggal dunia Muslim yang merupakan calon jemaah haji asal Kecamatan Jangka Buya, Kabupatem Pidie Jaya, sempat didiagnosa memiliki riwayat penyakit asam lambung.

“Almarhum didiagnosa memiliki penyakit asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease),” ujar Tajri.

Almarhum dikatakan Tajri, selama ini tinggal di Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur. Dia berangkat haji menggantikan almarhum orangtuanya. “Semoga almarhum diampuni segala dosa dan ditempatkan di sisiNya bersama anbiya dan shalihin,” ujarnya.

Baca Juga: Kloter 1 Jemaah Haji Aceh Berangkat Dini Hari, Dibekali Rp4,5 Juta

2. Almarhum dimakamkan di Madinah

Satu Calon Jemaah Haji Aceh Meninggal saat Penerbangan ke Tanah SuciIlustrasi/Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Sementara untuk Fardu Kifayah, menurut Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) Kloter 1,  Muhammad Qusay, rencananya jenazah Muslim akan disalatkan di Masjid Nawabi, Madinah. Selanjutnya, dimakamkan di pemakaman Jannatul Baqi, Madinah.

“Saat ini dalam proses pengurusan jenazah bersama pihak maktab untuk proses Fardu Kifayah, kita minta disalatkan di Masjid Nabawi dan pemakaman kemungkinan di Baqi,” ujar Qusay.

3. Ada 393 calon jemaah haji Kloter 1 Embarkasi Aceh yang berangkat

Satu Calon Jemaah Haji Aceh Meninggal saat Penerbangan ke Tanah SuciCalon jemaah haji Kloter 1 Embarkasi Aceh, ketika di Bandara Internaional Sultan Iskdandar Muda, Aceh. (Dokuemntasi Kanwil Kemenag Aceh untuk IDN Times)

Diberitakan sebelumnya, 393 calon jemaah haji Kloter 1 Embarkasi Aceh berangkat ke Tanah Suci, melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Aceh, menuju Banda Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah, Arab Saudi, menggunakan Garuda Indonesia Airways (GIA), pada Rabu (15/6/2022), sekitar pukul 01.25 WIB.

Keberangkatan kloter yang terdiri dari calon jemaah haji asal Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Aceh Besar, Kota Sabang, dan Kota Banda Aceh tersebut, didampingi empat petugas Panita Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan dua orang Pemandu Haji Daerah (PHD).

Baca Juga: 46 Derajat Celcius di Makkah, Ini Pesan Menag untuk Jemaah Haji Medan 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya