Comscore Tracker

Penembakan Pos Polisi di Aceh, Seorang Warga Jadi Tersangka

Tersangka pernah terlibat kasus perampokan pendulang emas

Banda Aceh, IDN Times - Seorang warga untuk sementara ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemberondongan menggunakan senjata api terhadap Pos Polisi Panton Reu yang terletak di kawasan Gampong Manggi, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

"Adapun insialnya, DP," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah (Polda) Aceh, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Winardy.

Diberitakan sebelumnya, Pos Polisi Panton Reu diserang oleh orang tak kenal (OTK), Kamis (28/10/2021) sekitar pukul 03.15 WIB. Penyerangan tersebut diduga dilakukan dengan menggunakan senjata api laras panjang.

Itu dibuktikan dengan ditemukannya 16 selongsong peluru kaliber 7,62 milimeter dan 22 selongsong peluru kaliber 5,56 milimeter serta sembilan proyektil peluru

1. Bersama tersangka sempat ditemukan sejumlah butir peluru kaliber 5,56 milimeter

Penembakan Pos Polisi di Aceh, Seorang Warga Jadi TersangkaIDN Times/Irfan Fathurohman

Winardy mengatakan, perkembangan penyelidikan kasus penembakan Pos Polisi Panton Reu, pihaknya awalnya memeriksa lima warga yang diduga punya motif terhadap penembakan pos tersebut. Mereka kemudian dilakuak pemeriksaan alibi, motif, dan penggeledahan. 

Hasilnya, dari lima warga yang menjalani pemeriksaan secara maraton. Dugaan atas keterlibatan seorang warga berinsial DP sangat kuat. Ditambah lagi, dari penggeledahan DP di kawasan Pante Ceureumen, Kecamatan Pantai Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, ditemukan barang bukti berupa peluru aktif dan selongsong.

"Dengan barang bukti tiga butir peluru aktif dan satu selongsong. Peluru ini adalah kaliber 5,56 milimeter," ungkap Winardy.

2. Tersangka DP juga pernah terlibat dalam perampokan pendulang emas

Penembakan Pos Polisi di Aceh, Seorang Warga Jadi TersangkaIlustrasi pelaku perampokan. (Pixabay.com/d-keller)

Winardy mengatakan, sebelum insiden pemberondongan Pos Polisi Panton Reu, tersangka DP ternyata sebelumnya pernah terlibat dalam kasus perampokan di daerah Pante Ceureumen. Korban merupakan pendulang emas di kawasan tesebut.

"Jadi kita lagi mendalami karena barang bukti yang kita dapati ini tidak di TKP tetapi di Pante Ceureumen.Pante Ceureumen ini merupakan lokasi perampokan pendulang emas yang dilakukan tersangka DP," jelasnya.

Baca Juga: Pos Polisi di Aceh Barat Ditembaki OTK dengan Senjata Api

3. Motif penyerangan diduga karena tidak senang dengan pihak kepolisian

Penembakan Pos Polisi di Aceh, Seorang Warga Jadi TersangkaIlustrasi Pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Pihak kepolisian hingga kini masih melakukan pemeriksaan secara marathon guna mendalami motif pelaku memberondong pos bantuan pelayanan milik kepolisian tersebut. Meski demikian, penyerangan itu diduga terkait dendam antara tersangka DP dengan aparat penegak hukum.

Sebab, tersangka yang pernah melakukan perampokan kepada pendulang emas di Kabupaten Aceh Barat, selama ini terus diawasi pihak kepolisian. Namun aparat tidak bisa melakukan penangkapan kala itu dikarenakan korban tidak membuat laporan.

"Motif sementara, polisi mencurigai bahwa motif dendam dengan pihak kepolisian," kata Winardy.

"Pendulang emas ini tidak mau melapor. Tetapi itu merupakan sebuah tindak pidana yang perlu dilaporkan maka polisi bergerak. Karena merasa dia dicari oleh polisi, maka motif yang muncul kita tengari adalah tidak suka dengan pihak kepolisian terutama dari Polsek Kawai XVI yang memberikan informasi kepada Polres yang kemudian dilakukan penembakan di Pos Pol," ucapnya.

4. Empat warga yang sempat diperiksa telah dipulangkan

Penembakan Pos Polisi di Aceh, Seorang Warga Jadi TersangkaIDN Times/Sukma Shakti

Lima warga sempat diamankan di Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat guna pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus penembakan Pos Polisi Panton Reu. Usai menjalani semua tahapan, hanya satu orang yang ditetapkan sebagai tersangka.

"Yang empat lagi, pada saat kita amankan sebagai saksi dulu. Empat orang ini sudah kita kembalikan karena sudah 1x24 jam," kata Winardy.

Baca Juga: Pos Polisi di Aceh Barat Diberondong Senjata, 5 Warga Diperiksa

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya