Comscore Tracker

Coba Kabur, 6 Imigran Rohingya Sembunyi di Semak-Semak

Upaya kabur diketahui dari pagar yang dirusak

Lhokseumawe, IDN Times - Imigran Rohingya asal Myanmar kembali mencoba melarikan diri dari tempat penampungan sementara di Balai Latihan Kerja (BLK) Lhokseumawe, Gampong Meunasah Mee Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh, pada Rabu (19/1/2022).

"Sebanyak enam orang imigran Rohingya kembali ingin melarikan diri dari penampungan selter BLK," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah (Polda) Aceh, Komisaris Besar Polisi (KBP) Winardy, Jumat (21/1/2022).

1. Diketahui dari pagar yang dirusak

Coba Kabur, 6 Imigran Rohingya Sembunyi di Semak-SemakAFP/Dibyangshu Sarkar

Winardy menyampaikan, terungkapnya upaya pelarian para imigran tersebut dari tempat penampungan berawal ketika petugas dari United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), TNI, dan kepolisian sedang melakukan patroli.

"Saat berpatroli di seputaran tempat penampungan menemukan pagar seng di belakang gedung BLK telah terbuka," ujarnya.

Baca Juga: 8 Pengungsi Rohingya Kabur, Polisi Selidiki Dugaan Perdagangan Orang

2. Para imigran yang berusaha kabur bersembunyi di semak-semak

Coba Kabur, 6 Imigran Rohingya Sembunyi di Semak-SemakImigran Rohingya di penampungan sementara di BLK Kota Lhokseumawe, Aceh. (Dokumentasi Polda Aceh untuk IDN Times)

Usai mengetahui adanya pagar yang rusak, petugas mencurigai adanya imigran yang kabur. Setelah itu, tim disebar untuk melakukan pencarian.

"Dan menemukan enam orang imigran Rohingya yang sedang bersembunyi di semak-semak di belakang gedung BLK," kat Winardy.

3. Semua imigran yang kabur adalah perempuan

Coba Kabur, 6 Imigran Rohingya Sembunyi di Semak-SemakImigran Rohingya di penampungan sementara di BLK Kota Lhokseumawe, Aceh. (Dokumentasi Polda Aceh untuk IDN Times)

Adapun enam imigran yang coba melarikan diri dikatakan Winardy, di antaranya Nurkaida binti Muhammad Yunus (23), Asma Bibi binti Nurul Salam (18), Azizah Begum binti Jamal Huson (17), Sumiater binti Hasyimullah (24), Rahima Khatun binti Nozimia (17), dan Menara Begum binti Abdurokim (23). Semuanya berjenis kelamin Perempuan.

"Ada enam orang yang mencoba melarikan diri. Namun alhamdulillah sudah ditangkap dan dikembalikan ke penampungan," kata Winardy.

Baca Juga: Nasib Pengungsi Anak, Bisa Sekolah Tapi Tak Dapat Ijazah

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya