TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

UTBK Dilaksanakan, Empat Peserta Tunanetra Berpartisipasi

Peserta tunanetra pakai metode screen reading

pixabay/F1Digitals

Medan, IDN Times - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dimulai besok dengan gelombang pertama. Sebanyak 54.360 peserta ikut serta di Sumatera Utara.

Jadwal tes akan dilakukan pada 13 April hingga 26 Mei 2019. Untuk peserta yang memilih tanggal itu harus ingat yah guys. Jangan sampai ketinggalan yah!

Jangan lupa juga cek ruangan kalian dan hadir lebih awal. 

1. Ada empat peserta tunanetra yang berpartisipasi

pixabay/lecroitg

Kepala Kantor Humas Promosi dan Protokoler USU Elvi Sumanti menyatakan ada empat peserta penyandang tunanetra yang ikut dalam UTBK di USU.

Tidak ada perbedaan jadwal antara peserta disabilitas dengan yang lainnya.

“Untuk gelombang 1 ada 1 orang peserta kelompok ujian Sosial Humaniora (Soshum) dan tiga orang digelombang kedua yang juga Soshum,” kata Elvi, Jumat (12/4).

2. Peserta Tunanetra ujian pakai metode screen reader

pexels

Kata Elvi, para peserta Tunanetra mendapat perhatian khusus. Mereka bakal memakai metode screen reader. Mereka juga diberikan headset untuk mendengarkan soal-soal ujian. Mereka juga akan ujian di Pusat Sistem Informasi (PSI) USU.

“Kita mengimbau peserta mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik,” ungkap Elvi.

3. Ujian dibagi dua gelombang

unsplash.com/Vasily Koloda

UTBK akal dibagi kedalam dua gelombang. Untuk gelombang pertama akan dimulai 13 April hingga 4 Mei 2019. Peserta terdiri dari 16.754 peserta kelompok ujian saintek dan 9.433 dari kelompok soshum.

Sementara gelombang dua dilaksanakan pada tanggal 11 Mei hingga 26 Mei 2019 yang terdiri dari 28.174 peserta kelompok ujian saintek dan 11.875 peserta kelompok ujian soshum.

4. Jangan sampai telat, ujian dimulai pukul 07.30 WIB

Pixabay/geralt

Ujian bakal dimulai pukul 07.30 WIb sampai pukul 11.45 WIB. Untuk peserta tunanetra bakal mengikuti ujian pada 4 Mei 2019.

Elvi menghimbau para peserta yang sudah terdaftar dapat meninjau lokasi ujian terlebih dahulu. Sebab jika tidak,maka dikhawatirkan peserta akan sulit menemukan lokasi ujiannya.

“Para peserta diwajibkan hadir 30 menit sebelum jadwal yang telah ditetapkan dan harus sudah tahu lokasi dan ruang ujian sesuai seperti yang tertera pada kartu tanda peserta UTBK 2019. Karena kalau sampai terlambat satu menit pun akan merugikan peserta, karena dilarang masuk ke ruang ujian,” lanjut Elvi.

Berita Terkini Lainnya