Comscore Tracker

Jangan Jemawa, Ini 5 Hal yang Sering Keliru Dalam Mencintai Diri

Sering menimbulkan kesalahpahaman

Medan, IDN Times - Beberapa waktu belakangan ini,  kita sering membicarakan topik self-love atau mencintai diri sendiri. Cukup banyak yang mengatakan seseorang akan lebih bahagia jika sudah mencintai dirinya sendiri.

Namun, sering pula pengertian ini, menimbulkan kesalahpahaman. Hingga sampai memandang rendah orang lain, menjadi sombong, jemawa, dan bersikap egois.

Penting bagi kita untuk lebih menanamkan rasa cinta diri yang benar. Berikut 5 hal keliru yang dirangkum IDN Times. Yuk simak!

1. Cinta diri gak harus merendahkan orang lain

Jangan Jemawa, Ini 5 Hal yang Sering Keliru Dalam Mencintai Diribestlifeonline.com

Mencintai diri bukan soal melihat diri ini lebih dibanding orang lain. Kelebihan yang kita temukan dalam diri, harusnya membuat kita bisa melihat kekurangan orang lain.

Sehingga, kita gak dengan mudahnya merendahkan orang lain. Karena semua orang pasti punya kekurangan masing-masing di dalam diri.

Baca Juga: Gagal Terharu, 10 Meme Adegan Bedah Rumah Ini Malah Bikin Ngakak

2. Sering diduga sebagai bentuk penemuan jati diri

Jangan Jemawa, Ini 5 Hal yang Sering Keliru Dalam Mencintai Diridigitalspy.com

Cinta diri sering diduga sebagai bentuk penemuan jati diri. Hal ini bisa jadi berujung dengan kesombongan. Kesombongan memang bisa hadir, namun itu semua hanya terjadi jika kita belum sempurna mengenali diri sendiri.

Kesombongan berasal dari pencapaian yang sudah kita raih tanpa kesadaran bahwa semua itu hanyalah titipan, bukanlah milik kita seutuhnya.

3. Cinta diri adalah kemampuan kita untuk merangkul kelebihan dan kekurangan diri dalam waktu yang sama

Jangan Jemawa, Ini 5 Hal yang Sering Keliru Dalam Mencintai Diriunsplash/ Eliott Reyna

Cinta diri adalah kemampuan kita untuk merangkul kelebihan dan kekurangan diri dalam waktu yang sama.

Namun, gak cukup sampai di situ. Segala kekurangan yang sudah berhasil kita lihat itu, harus terus kita olah agar bisa menjadi motivasi dalam hidup kita untuk melangkah maju untuk memperbaiki diri.

4. Banyak juga orang yang mengartikan cinta diri sebagai tujuan akhir dari perjalanan hidup

Jangan Jemawa, Ini 5 Hal yang Sering Keliru Dalam Mencintai Diripexels.com/bruce mars

Banyak juga orang yang mengartikan cinta diri sebagai tujuan akhir dari perjalanan hidup. Sehingga, tak jarang orang seperti ini kemudian merasa sangat puas dan merasa cukup dengan dirinya saat ini beserta semua kekurangan yang dia miliki. Padahal, sebenarnya dari cinta diri adalah rasa ingin berkembang menjadi lebih baik.

5. Mencintai diri bukan berarti kamu menutup diri dari orang lain

Jangan Jemawa, Ini 5 Hal yang Sering Keliru Dalam Mencintai Diripexels/Ivan Oboleninov

Cinta diri gak sama dengan egois ya. Cinta diri juga bukan berarti kamu kemudian menutup diri dari orang lain karena merasa gak ada yang sesempurna dirimu.

Justru, melalui cinta diri, kita dibimbing untuk lebih menghargai perhatian yang diberikan orang sekitar. Lebih peduli pada lingkungan dan lebih peka saat ada yang membutuhkan.

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini 10 Potret Masa Kecil Raline Shah

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya