Comscore Tracker

Berawal dari Suka K-Pop, Nadya Pinem Aktif lewat Sahabat Korea

Bisa jadi inspirasi buat kamu, chingudeul ! #WaktunyaKorea

Siapa yang tidak kenal dengan Nadya Pinem? Influencer muda sekaligus pengusaha muda ini dikenal dengan berbagai prestasi dan kegiatannya yang menginspirasi anak muda, terutama pecinta K-Pop. Kecintaannya terhadap K-Pop membuatnya ikut aktif dalam berbagai kegiatan volunteering K-Pop.

Salah satunya adalah program Sahabat Korea yang digagas oleh Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia. Sebagai volunteer Sahabat Korea, Nadya terlibat aktif dalam mempromosikan budaya Korea Selatan, termasuk K-pop, kepada publik. Seperti apa proses dan kegiatan Nadya selama menjadi bagian dari Sahabat Korea?

1. Dimulai dari menyukai hal tentang Korea Selatan hingga ikut Sahabat Korea

Berawal dari Suka K-Pop, Nadya Pinem Aktif lewat Sahabat KoreaInstagram.com/nadyapinem

Berawal dari kecintaan besarnya terhadap Korea Selatan, Nadya ingin mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan Korea Selatan. Kegiatan volunteering "Sahabat Korea" juga didapatnya lewat Instagram.

"Awalnya tahun lalu lihat postingan di Kedutaan Besar Republik Korea di Instagram di akun @koremb.idn dan enggak mikir panjang lagi langsung daftar. Karena aku memang suka Korea Selatan," ujarnya.

Terkait proses pendaftaran "Sahabat Korea", Nadya menyatakan bahwa prosesnya tidak rumit. Hanya dengan memiliki jumlah followers Instagram yang sesuai dengan persyaratan dan daftar lewat link yang tersedia.

"Untuk proses pendaftarannya menurutku enggak rumit. Karena hanya lewat online saja kak. Tinggal daftar lewat link Instagram Kedutaan Besar Republik Korea. Persyaratannya adalah wajib memiliki 1000 followers Instagram," jelasnya.

2. Serunya kegiatan volunteering Sahabat Korea bagi Nadya Pinem

Berawal dari Suka K-Pop, Nadya Pinem Aktif lewat Sahabat KoreaInstagram.com/nadyapinem

Selama mengikuti kegiatan volunteering Sahabat Korea, Nadya aktif mempromosikan informasi tentang Korea Selatan dari Kedubes Republik Korea. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Nadya Pinem. Bahkan ia juga menerima sertifikat langsung dari Kedubes Republik Korea.

"Rasanya senang sekali menjadi bagian dari Sahabat Korea dan senang banget bisa mempromosikan tentang Korea juga, bawa nama kedutaan besar, dan bangga juga bisa dapat sertifikat dari Kedutaan Besar Republik Korea," ungkapnya.

Saat menjalankan kegiatan selama volunteer Sahabat Korea, Nadya mempromosikan informasi tentang Korea Selatan lewat media sosial. Selain itu, ia juga aktif hadir dalam berbagai acara yang diselenggarakan oleh Kedubes Republik Korea, KTO (Korea Tourism Organization), KCC (Korea Culture Centre), dan lainnya.

"Kegiatannya itu mempromosikan postingan dari Kedubes Korea Selatan, membuat minimal satu postingan setiap bulannya sesuai dengan tema yang diberikan, hadir di acara yang digelar oleh Kedubes Korea, dan yang terakhir itu membuat laporan akhir tentang Sahabat Korea pada akhir tahun," katanya bercerita.

Serunya lagi, Nadya mendapatkan berbagai manfaat selama mengikuti kegiatan volunteering Sahabat Korea. Seperti ikut mempromosikan Korea Selatan, berkenalan dengan teman dari luar kota, hingga mendapatkan berbagai merchandise dan album artis K-pop. "Kemarin tahun lalu aku dapat album TWICE dan kebetulan suka TWICE juga," kata Nadya.

Baca Juga: Mengenal Nadya Pinem, Dari Vlogger hingga Sukses Berbisnis Scrapbook

3. Opening Ceremony Sahabat Korea jadi pengalaman mengesankan bagi Nadya Pinem

Berawal dari Suka K-Pop, Nadya Pinem Aktif lewat Sahabat KoreaInstagram.com/nadyapinem

Menjadi bagian dari volunteer Sahabat Korea menjadi salah satu pengalaman yang berharga bagi Nadya Pinem. Baginya, ia bisa bertemu dengan orang-orang penting di Kedubes Republik Korea dan juga aktif mempromosikan Korea Selatan. Salah satu pengalaman berharganya adalah saat mengunjungi Kedubes Republik Korea.

"Yang paling tidak terlupakan dan favorit itu datang langsung ke acara opening ceremony Sahabat Korea 2020 di Kedutaan Besar Republik Korea di Jakarta. Karena emang enggak sembarang orang bisa masuk dalam Kedubes Republik Korea," kenangnya.

Sebagai pecinta hal tentang Korea Selatan, Nadya tentu sudah pernah mengunjungi negeri gingseng tersebut. Dari sekian tempat wisata di Korea Selatan, Namsan Seoul Tower menjadi tempat wisata favoritnya. Alasannya adalah karena menonton drama Korea "My Love From the Star"

"Ternyata pemandangannya disana itu bagus banget. Karena langsung di Gunung Namsan-nya, jadi views Korea Selatannya itu terlihat bagus banget. Kita juga bisa menulis nama kita di gembok atau nama oppa kita di temboknya," ujarnya.

4. Tetap aktif ikut program kegiatan tentang Korea Selatan

Berawal dari Suka K-Pop, Nadya Pinem Aktif lewat Sahabat KoreaInstagram.com/nadyapinem

Selain aktif di Sahabat Korea, Nadya juga aktif ikut beberapa kegiatan yang berhubungan dengan Korea Selatan. Terdapat empat kegiatan yang diikuti Nadya. Seperti contohnya kegiatan "Wow Korea Supportes 2021" dari Korea Tourism Organization Indonesia (KTOID), "K-GO 2020" dari Daegu Gyeongbuk Jakarta Office, dan "K-Content" dari Korea Creative Content Agency (KOCCA). Nadya menceritakan bahwa kegiatan lainnya ini juga sama seperti di Sahabat Korea, yakni aktif promosikan Korea Selatan di media sosial. Bahkan lewat kegiatannya juga bisa mendapatkan reward.

"Tugasnya hampir mirip yaitu lebih ke media sosial dan mereka ada hadiahnya gitu kak. Kalo misalnya paling aktif itu ada kemungkinan bakal berangkat ke Korea kalau pandeminya berakhir," ujarnya.

Menjadi K-popers yang berprestasi dan menginspirasi seperti Nadya Pinem tentu menjadi impian bagi para anak muda, terutama K-Popers. Baginya, jadi diri sendiri dan fokus menjalani kegiatan yang disukai menjadi kunci utamanya. Selain itu, Nadya tetap semangat menjalani kegiatannya. 

"Contohnya itu suka K-Drama itu aku buat postingan rekomendasi drama Korea. Akhirnya banyak yang senang dan minta rekomendasi juga. Terus mengikuti informasi tentang Korea dari Kedubes dan follow akun-akun tentang Korea biar dapat info juga," jelasnya.

Baca Juga: 6 Koreografi Grup KPop Ini Membutuhkan Kerja Sama yang Kuat, Keren! 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya