Comscore Tracker

Kisah Nabi Yusuf, Dimusuhi Saudaranya hingga Difitnah karena Tampan

Yusuf bisa menafsirkan mimpi

Salah satu nabi yang kisahnya patut diteladani adalah Nabi Yusuf Alaihi Salam. Ia adalah nabi ke-11 yang patut diimani. Putra dari Nabi Yakub AS dan cucu dari Nabi Ishaq yang merupakan anak Nabi Ibrahim AS. 

Nabi Yusuf menghadapi banyak cobaan selama hidupnya sejak kecil. Berikut kisah Nabi Yusuf dalam Al-Qur'an yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sejak kecil mendapat mimpi

Kisah Nabi Yusuf, Dimusuhi Saudaranya hingga Difitnah karena TampanIlustrasi Kisah Nabi Yusuf (YouTube/Kisah Islami)

Sejak kecil Yusuf sudah diketahui Ayahnya kelak akan meneruskan jejaknya sebagai nabi Allah SWT. Suatu ketika Yusuf kecil bercerita kepada sang Ayah. Itu tertuang dalam surat Yusuf ayat ke-4:

اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ

Artinya: (Ingatlah) ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, "Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas buah bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.”

Nabi Yakub lalu meminta Yusuf merahasiakan mimpinya. Tapi saudara-saudara Yusuf yang iri dengan ketampanannya berencana menyingkirkannya. Seperti diceritakan dalam surat Yusuf ayat ke-9 dan ke-10. Yusuf dijerumuskan ke dalam sumur yang dalam.

Mereka lalu menyembunyikan perbuatan mereka dengan mengambil baju Yusuf dan melumurinya dengan darah hewan ternak. Lalu berbohong kepada Nabi Yakub dengan bilang Yusuf telah mati diterkam serigala. 

Baca Juga: Kisah Nabi Ibrahim, Ismail dan Sejarah Hari Raya Idul Adha

2. Diselamatkan dan dijual ke perdana menteri hingga difitnah perempuan

Kisah Nabi Yusuf, Dimusuhi Saudaranya hingga Difitnah karena TampanIlustrasi Kisah Nabi Yusuf (YouTube/Kisah Islami)

Nabi Yakub pun merasa sedih karena menduga anaknya benar-benar tewas. Tapi Yusuf berhasil bertahan hidup dalam sumur karena mendapat wahyu dan yakin akan mendapat pertolongan Allah SWT. Yusuf kemudian diselamatkan seorang kalifah yang membawanya dan menjualnya sebagai budak. Ia akhirnya dijadikan anak angkat Perdana Menteri Mesir.

Tapi sang istri perdana menteri bernama Zulaikha diam-diam kepincut dengan paras Yusuf yang tampan. Ia melakukan tipu daya memikat Nabi Yusuf yang kuat dengan keimanannya. Hal itu diceritakan dalam Surat Yusuf ayat 23-29.

Bahkan perempuan-perempuan di sekitar diceritakan sampai jarinya terkena pisau karena terpana dengan ketampanan Yusuf. Zulaikha lalu memfitnah Yusuf telah menodainya. Baju Yusuf koyak di bagian belakang.

3. Yusuf dipenjara tapi kemudian berhasil menafsirkan mimpi Raja Mesir

Kisah Nabi Yusuf, Dimusuhi Saudaranya hingga Difitnah karena TampanIlustrasi kisah nabi Yusuf (YouTube/Kisah islami)

Yusuf dihukum ke dalam penjara karena kasus itu oleh sang perdana menteri. Dalam penjara dia meyakinkan dua pemuda yang turut ditahan bersamanya untuk mengikuti ajaran Allah SWT.

Dia juga menafsirkan mimpi dua pemuda itu. Salah satunya disebutkan akan mati terbunuh.

Sampai akhirnya tersiar kabar jika Raja Mesir punya mimpi yang bikin dia penasaran. Bahwasannya ada tujuh ekor sapi betina yang gemuk dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus, tujuh tangkai gandum yang hijau, dan tujuh tangkai lainnya yang kering.

Tak satupun bisa menafsirkan mimpi itu, hingga pemuda yang selamat saat bersama Yusuf di tahanan menyebarkan kemampuan tafsir mimpi sang nabi.

Yusuf pun mengartikan mimpi itu kepada sang raja agar bercocok tanam agar negeri tersebut makmur. "Agar kamu bercocok tanam tujuh tahun sebagaimana biasa, kemudian apa yang kamu tuai hendaklah kamu biarkan di tangkainya kecuali sedikit untuk kamu makan. Kemudian setelah itu akan datang tujuh tahun yang sangat sulit," katanya kepada sang raja.

4. Tipu daya Zulaikha terbongkar, Yusuf diangkat jadi orang terdekat Raja Mesir

Kisah Nabi Yusuf, Dimusuhi Saudaranya hingga Difitnah karena TampanIlustrasi Kisah Nabi Yusuf (YouTube/Kisah Islami)

Berhasil menafsirkan mimpi sang raja, Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara. Hal itu tertuang dalam surat Yusuf ke-50 sampai 55. Selain itu tipu daya istri perdana menteri yang menggodanya, Zulaikha juga terbongkar.

Yusuf diangkat jadi bendahara kerajaan karena kejujurannya. Suatu ketika Yusuf bertemu lagi saudara-saudaranya yang membuangnya saat mereka meminta persediaan makanan. 

Yusuf meminta mereka membawa Bunyamin, saudaranya yang baik dan merawat sang ayah. Diketahui Nabi Yakub mengalami penglihatan yang mengabur. Bunyamin kemudian datang atas permintaan Nabi Yusuf dan menceritakan identitasnya. Dia lalu meminta mereka membawa bajunya kepada sang Ayah.

Baju itu diusap anak-anaknya kepada Yakub hingga ia bisa melihat lagi dengan jelas. Nabi Yakub lalu dibawa bertemu Yusuf. Pertemuan mereka pun mengharukan.

Yusuf menceritakan jika mimpi itu sudah menjadi kenyataan karena Allah mengangkatnya sebagai nabi. "Wahai ayahku! Inilah arti mimpiku yang dahulu itu. Dan sesungguhnya Tuhanku telah menjadikannya kenyataan. Sesungguhnya Tuhanku telah berbuat baik kepadaku, ketika Dia membebaskan aku dari penjara," ucap Yusuf yang tercantum di Surat Yusuf ayat 100.

Ya, Yusuf memberikan singganannya di istana kepada sang Ayah. Sementara para saudaranya bersujud kepadanya.

Artikel ini tayang pertama kali di Popmama dengan judul Kisah Nabi Yusuf: Mengajarkan Kesabaran dan Menjadi Pemaaf

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya