Comscore Tracker

Gak Melulu Soal Duit, Standar Kebahagiaan Orang Beda-beda, Lho!

Kamu yang mana?

Medan, IDN Times - Sering kali memiliki uang yang banyak dianggap sebagai sumber kebahagian. Namun, pada kenyataannya gak melulu duit kok. Terus yang bilang semakin banyak uang yang kamu miliki, maka hidupmu akan makin bahagia. Gak begitu ya.

Masih banyak sekali orang yang merasa hidupnya gak bahagia walaupun secara materi dia termasuk orang yang beruntung dan berkecukupan. Ternyata ada beberapa alasan kenapa seseorang gak merasa bahagia walaupun dirinya memiliki banyak uang. Apa saja? Yuk simak!

1. Jadi kebahagian itu sifatnya relatif sesuai dengan standar bahagia masing-masing

Gak Melulu Soal Duit, Standar Kebahagiaan Orang Beda-beda, Lho!latimes.com

Setiap orang yang hidup di dunia ini memiliki berbagai macam latar belakang serta kondisi yang berbeda-beda. Hal ini pastinya mempengaruhi standar kebahagiaan setiap orang. Sebagian orang akan merasa bahagia jika bisa pergi travelling ke mana saja.

Ada pula yang bahagia jika bisa belanja apa saja. Namun ternyata, ada pula yang bahagia kalau bisa makan kenyang dan lahap untuk hari ini. Jadi kebahagian itu sifatnya relatif sesuai dengan standar bahagia masing-masing orang. 

2. Terlihat sederhana namun sering diabaikan adalah rasa bersyukur

Gak Melulu Soal Duit, Standar Kebahagiaan Orang Beda-beda, Lho!https://pixabay.com/id/users/xxolaxx-742787/

Terlihat sederhana namun sering diabaikan adalah rasa bersyukur. Faktor terpenting penyebab kenapa seseorang gak merasa bahagia adalah kurang bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki. Sebanyak apapun harta yang kamu miliki, kalau kamu tidak bersyukur maka kamu akan selalu merasa kurang, dan hal inilah yang membuat kamu gak bahagia. Jadi, mulai sekarang perbanyak rasa bersyukur pada dirimu, ya.

Baca Juga: Lahirkan Anak Pertama, 10 Perjuangan Citra Kirana hingga Persalinan

3. Kalau pribadinya pelit dengan diri sendiri. Maka akan membuat kamu bosan dan terkesan gak bisa menikmati hasil kerjamu sendiri

Gak Melulu Soal Duit, Standar Kebahagiaan Orang Beda-beda, Lho!unsplash.com/@kundeleknabiegunie

Pada umumnya orang mencari uang agar bisa menjalani hidup dengan layak dan membeli barang-barang yang diinginkan. Tapi gak semua orang berpikir hal yang sama. Kalau pribadinya pelit dengan diri sendiri. Maka akan membuat kamu bosan dan terkesan gak bisa menikmati hasil kerjamu sendiri.

4. Waktu luang dari sahabat atau keluargamu misalnya

Gak Melulu Soal Duit, Standar Kebahagiaan Orang Beda-beda, Lho!Unsplash/Roberto Nickson

Menghabiskan gaji untuk membeli banyak hal dengan uang seperti barang-barang impianmu, pergi ke tempat-tempat favorit, dan juga makan hidangan yang lezat belum tentu bisa membuat kamu bahagia. Benar kan?

Ada hal lain yang sama sekali gak bisa kamu beli dengan uang, seperti waktu luang dari sahabat atau keluargamu misalnya. Hal-hal tersebut tentunya sangat berharga dan juga merupakan sumber kebahagiaan yang gak bisa tergantikan dengan uang.

5. Mencoba menjadi orang lain dengan meniru gayanya

Gak Melulu Soal Duit, Standar Kebahagiaan Orang Beda-beda, Lho!Unsplash.com/ Nadine Shaabana

Faktor yang membuat ka,u tidak bisa bahagia juga bisa dari diri kamu sendiri. Bersikap dengan sering membandingkan kehidupan diri sendiri dan orang lain dan bahkan membayangkan betapa bahagianya kamu seandainya bisa seperti orang lain.

Jika hal itu terjadi padamu, ya gimana kamu bisa bahagia? Lebih bersyukur dengan apa yang kamu miliki dan berhenti untuk melihat orang lain dan diam-diam mengagumi gaya hidupnya ya. Kamu sudah lebih baik dengan dirimu, tak perlu membandingkan diri. 

Baca Juga: 10 Tips Traveling Hemat Tanpa Takut Biaya Membengkak, Bikin Bahagia!

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya