Comscore Tracker

Hampers Ramah Lingkungan, Inovasi Mahasiswa UMSU di Tengah Pandemik

Wah, unik dan bagus nih!

Medan, IDN Times- Sejumlah orang akan memberikan paketan hadiah atau hampers di momen-momen spesial. Hal itu dilakukan untuk memeriahkan momen tersebut. Biasanya, hampers bisa kamu temui di hari raya idul fitri, ulang tahun, acara pernikahan, wisuda dan momen anniversary bersama pasangan. 

Namun, di tengah pandemik COVID-19, memberikan hampers sulit dilakukan. Nah, melihat momen itu, sejumlah mahasiwa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berinovasi membuat hampers digital dengan kemasan ramah lingkungan.

Mereka adalah Alifah Hanum, Ernanda Gunawan, Lola Fadhillah, Mutasya Biha, dan Peny Eriska. Inovasi paketan hadiah itu diberi nama D-GIFT. Lima mahasiswa UMSU itu berhasil lolos pendanaan di ajang nasional Pekan Kreativitas Mahasiswa 2021 yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Wah, unik banget ya? Yuk intip apa aja isi kemasannya!

1. Kemasan hingga isi semuanya bisa digunakan

Hampers Ramah Lingkungan, Inovasi Mahasiswa UMSU di Tengah Pandemikwww.lifewire.com

Peny Eriska, mahasiswa UMSU, mengatakan kelebihan dari paketan hadiah atau hampers yang dibuatnya bersama timnya itu memiliki kemasan yang istimewa. Jika hampers biasa kemasannya hanya menjadi sampah, namun berbeda dengan D-GIFT Indonesia, mulai dari isi hingga kemasannya dapat digunakan.

"Ya, D-GIFT Indonesia merupakan paketan hadiah dengan sentuhan digital berisi ragam e-voucher kekinian dan bermanfaat. Isinya bisa berupa e-vocher gopay, shopee pay, ovo, dana, e-voucher desain cv, e-voucher streaming, e-vocher zoom pro, e-voucher belajar, e-voucher ebook hingga e-voucher games," kata Peny, Senin (2/8/2021).

Selain isinya yang bermanfaat dan kekinian, kemasannya juga bisa digunakan. D-GIFT Indonesia menyuguhkan dua variasi kemasan yaitu kemasan fisik berupa flashdisk kayu 4GB beserta kotaknya yang bisa custom nama dan kemasan digital yaitu melalui email, lebih hemat dan praktis.

Baca Juga: Cegah Corona, UMSU Ganti Jabat Tangan dengan Salam Assalamualaikum

2. Hampers disesuaikan dengan budget yang dimiliki

Hampers Ramah Lingkungan, Inovasi Mahasiswa UMSU di Tengah PandemikIlustrasi Memberi dan Menerima Uang. (IDN Times/Aditya Pratama)

Peny menjelaskan, paketan hadiah D-GIFT terdiri dari tiga variasi, ada D-GIFT Istemewa, D-GIFT Spesial dan salah satunya adalah D-GIFT custom. Khusus D-Gift Paketan hadiah custom, tidak hanya flashdisknya saja yang bisa dicustom nama, tapi jumlah e-voucher dan pilihan kemasannya juga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

"D-GIFT custom ini, cocok untuk yang lagi tipis tapi ingin romantis. D-GIFT custom dapat dipilih menjadi paketan hadiah untuk diberikan ke seseorang yang disayang," ujar Peny.

3. Ada garansi dan jangka waktu pengguna yang lama

Hampers Ramah Lingkungan, Inovasi Mahasiswa UMSU di Tengah PandemikPixabay.com/Alexas_Fotos

Peny menuturkan, kemasan flashdisk kayu sebesar 4GB juga dilengkapi garansi satu tahun. "So, jangan takut jika flashdisknya error atau tidak dapat digunakan karena bisa dikembalikan, dan akan diganti yang baru. Tentunya garansi ini berlaku untuk flashdisk yang error saja," ucapnya.

"Kemudian, penggunaan e-vouchernya juga dilengkapi jangka pemakaian yang cukup panjang yaitu satu tahun. Jadi, e-voucher hadiahnya bisa digunakan kapan saja dan untuk siapa saja," tambah mahasiswa UMSU itu. 

4. Selamatkan bumi bersama D-GIFT dengan mendukung gerakan ramah lingkungan

Hampers Ramah Lingkungan, Inovasi Mahasiswa UMSU di Tengah PandemikIlustrasi Bumi (IDN Times/Mardya Shakti)

Tidak sekadar paketan hadiah yang berinovasi tinggi, D-GIFT juga menjadi salah satu wujud mendukung gerakan ramah lingkungan. Isi dan kesamaan D-GIFT Indonesia tidak menggunakan bahan dasar plastik yang nantinya akan menjadi sampah yang sulit terurai.  Selain klasik dan unik, D-GIFT memilih bahan dasar kayu untuk setiap paketan hadiahnya.

Sebab, kayu mudah terurai dan dapat digunakan secara berulang. Oleh karena itu, D-GIFT Indonesia merupakan solusi hadiah digital kekinian yang mendukung gerakan eco friendly untuk menyelamatkan bumi dari sampah.

5. Bisa dipesan kapan saja dan di mana saja

Hampers Ramah Lingkungan, Inovasi Mahasiswa UMSU di Tengah Pandemikpexels.com/Kim Stiver

Peny menuturkan, D-GIFT resmi launching sejak Kamis, (1/7/2021). Paketan Hadiah D-Gift Indonesia sudah tersedia dan dapat dipesan secara online maupun offline.

Kata Peny, D-GIFT juga sudah tersedia beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Dengan nama, DGIFT Official, kamu bisa menemukan toko atau etalase di marketplace tersebut. Hampers digital itu juga bisa ditemukan di instagram @dgiftindonesia

Baca Juga: Warung Medan Peduli, Silakan Ambil Makanan Gratis Bagi yang Lapar

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya