Comscore Tracker

Bisa Bikin Sendiri, Ini Cara Membuat Lipbalm Alami di Rumah

Mudah dan aman untuk digunakan sehari-hari

Gunungsitoli, IDN Times - Lipbalm atau pelembab bibir biasanya digunakan bagi yang sedang alami bibir kering atau pecah-pecah. Lipbalm yang ada di pasaran memang tahan lama karena menggunakan pengawet. Namun, lipbalm tersebut belum tentu cocok dengan semua orang.

Biar lebih aman, kamu bisa membuatnya dengan bahan-bahan sendiri di rumah. Warna dan aroma juga bisa disesuaikan dengan selera. Penasaran cara membuatnya? Yuk, simak di sini! 

1. Lelehkan minyak kelapa dan lilin lebah (beeswax) dalam panci dengan api kecil

Bisa Bikin Sendiri, Ini Cara Membuat Lipbalm Alami di RumahIDN Times/Masdalena Napitupulu

Bahan utama pemuatan lipbalm alami adalah minyak kelapa murni (VCO), cocoa butter yang dapat ditemukan di toko-toko online sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan kulit.

Bahan lainnya, tengkawang dan beeswax atau lilin lebah. Jika melihat bahan utama pembuatan lipbalm alami di Nias menggunakan minya kelapa murni (VCO).

Langkah selanjutnya adalah melelehkan tengkawang 10 gram, beeswax 30 gram dan cocoa butter 10 gram di dalam wadah. Kemudian setelah leleh, campur dengan VCO 50 gram dan biarkan campuran menjadi dingin.

Baca Juga: 8 Kemarahan Edy Rahmayadi yang Viral di Jagat Maya

2. Jika ingin menggunakan pewarna buah, sesuaikan dengan selera yang kamu inginkan

Bisa Bikin Sendiri, Ini Cara Membuat Lipbalm Alami di RumahIDN Times/Masdalena Napitupulu

Jika ingin menggunakan warna sesuai selera kamu. Langkah selanjutnya, tambahkan pewarna alami menggunakan buah. Warna dari Buah Naga bisa digunakan jika ingin mendapatkan warna merah.

Caranya, dengan mencampur semua bahan dengan rata. Namun, kalau ingin mendapatkan warna soft agar bibir nampak lembap alami, kamu bisa menggunakan warna dari buah lain.

3. Tuang ke wadah yang sudah disediakan, tunggu hingga memadat

Bisa Bikin Sendiri, Ini Cara Membuat Lipbalm Alami di RumahIDN Times/Masdalena Napitupulu

Bahan baku essential oil bersifat opsional, kamu bisa tambahkan sedikit saja ke dalam adonan lipbalm untuk memberi aroma. Nah, hal terakhir yang dilakukan dalam pembuatan lipbalm ini adalah menuangkan adonan ke dalam wadah sesuai keinginan kamu. Setelahnya, kamu bisa menunggu adonan hingga memadat atau mengeras. 

Setelah cukup dingin, simpan dalam kulkas agar memadat sempurna. Lipbalm buatanmu siap dipakai keesokan harinya. Lipbalm alami ini bisa dioleskan untuk menjaga kelembapan bibirmu seharian.

Gimana cara membuat lipbalm di atas? Mudah bukan, selain itu metode pembuatannya alami dan aman. Selamat mencoba!

Baca Juga: Bantah Diusir, Coki Pelatih Biliar Sebut Edy Tak Pantas Jadi Pemimpin

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya