Comscore Tracker

Tanpa Disadari, 5 Kesalahan Ini Bikin Belajar Jadi Ambyar

Jangan berpuas diri setelah belajar, coba praktikkan

Medan, IDN Times - Manusia adalah makhluk yang dinamis. Kita senantiasa berubah sepanjang hidup. Untuk mengarah ke perubahan yang positif tentu kita harus terus belajar secara skill dan pengetahuan. 

Hal pertama yang bisa kita lakukan, sadari bahwa belajar bukan hanya kewajiban anak yang sedang mengemban pendidikan. Orang dewasa yang sudah bekerja pun kamu perlu terus belajar dan mengembangkan diri. Kalau tidak, kita akan tertinggal dari orang-orang yang rajin belajar dalam persaingan di dunia kerja.

Namun untuk mendapat hasil maksimal dalam belajar pun gak selalu mudah. Ada beberapa kesalahan umum dalam belajar yang membuat kita gagal menyerap informasi dengan baik. Akhirnya yang didapat dari sesi belajar cuma capek doang. Tanpa kamu sadari, berikut 5 kesalahan yang dirangkum IDN Times

1. Menjadikan nilai bagus sebagai tujuanmu

Tanpa Disadari, 5 Kesalahan Ini Bikin Belajar Jadi Ambyarpexels.com/fauxels

Pertama, kamu harus punya tujuan yang benar dalam belajar. Jika kamu masih sekolah atau kuliah, jangan jadikan nilai bagus sebagai tujuanmu. Memang, kamu pasti berharap mendapat nilai bagus. Tapi kalau itu yang jadi tujuan utama, hasil yang kamu dapat akan kurang maksimal.

Mulai sekarang, jadikan lah tujuan belajar mu sebagai bentuk mengembangkan diri. Kamu harus berkembang sebagai manusia, jangan hanya begini-begini saja. Dengan mengembangkan ilmu dan keterampilan, kamu bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Tujuan seperti itu pasti akan membuatmu semangat dalam belajar lho.

2. Ada pengalih perhatian di sekitar kita saat sedang belajar

Tanpa Disadari, 5 Kesalahan Ini Bikin Belajar Jadi Ambyarfreepik/yanalya

Saat belajar, tentu kita harus fokus supaya bisa menyerap pelajaran seefektif mungkin. Maka jangan biarkan ada pengalih perhatian di sekitar kita saat sedang belajar. Tapi hal yang bisa mengalihkan perhatian bagi setiap orang pun berbeda-beda.

Ada yang gak bisa fokus belajar kalau suasana ramai, tapi ada yang justru gelisah kalau terlalu sepi. Ada yang gak fokus kalau di dekatnya ada orang lain, tapi ada juga yang justru gak nyaman belajar sendirian. Maka kamu perlu juga mengenali keinginan cara belajar yang efektif pada dirimu, ya.

Baca Juga: Bikin Merinding, 15 Ilustrasi Menohok Gambarkan Dunia Saat Ini

3. Cara belajar yang efektif bagi setiap orang bisa berbeda-beda

Tanpa Disadari, 5 Kesalahan Ini Bikin Belajar Jadi Ambyarunsplash.com/Priscilla Du Preez

Cara belajar yang efektif bagi setiap orang bisa berbeda-beda. Ada orang yang lebih mudah menyerap informasi dari bacaan. Ada juga yang lebih gampang mendengar. Ada yang butuh melihat ilustrasi gambar supaya paham. Ada pula yang lebih mudah mengerti kalau menonton video. Dan masih banyak lagi.

Apakah kamu sudah tahu cara belajar apa yang paling cocok buatmu? Jangan hanya ikut-ikut cara belajar orang lain karena itu belum tentu itu cocok buatmu. 

4. Punya semangat menggebu-gebu saat belajar, itu sangat bagus. Tapi jangan sampai itu membuatmu kebablasan

Tanpa Disadari, 5 Kesalahan Ini Bikin Belajar Jadi AmbyarPexels/startup stock photos

Punya semangat menggebu-gebu saat belajar, itu sangat bagus. Tapi jangan sampai itu membuatmu kebablasan. Belajar terlalu lama bisa membuat otak dan tubuhmu lelah. Pada saat lelah, otak sangat sulit menerima dan menyimpan informasi. Maka ketahuilah batasan tubuhmu dan jangan belajar terlalu lama.

5. Jangan berpuas diri setelah belajar, coba praktikkan

Tanpa Disadari, 5 Kesalahan Ini Bikin Belajar Jadi Ambyarmatthewkressel.net

Setelah kamu memahami dengan baik apa yang sudah kamu pelajari, kamu pasti sangat senang. Tapi jangan berpuas sampai di situ saja. Coba praktikkan materi pelajaran tersebut. Misalnya kamu belajar bahasa asing, tentu sangat penting untuk praktik berbicara bahasa tersebut dengan orang lain.

Saat kamu belajar ilmu sosial, coba terapkan apa yang kamu pelajari dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melakukannya, kamu akan semakin paham dan ingat akan apa yang kamu pelajari.

Baca Juga: Gemes! 10 Potret Sakalingga Ibra, Anak Kelima Andhika Pratama dan Ussy

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya