Comscore Tracker

Surat Keluhan Dosen Soal Bau Badan Mahasiswa Viral, Ini Kata USK

Suratnya berisi panduan cegah bau badan dan merawat ketiak

Banda Aceh, IDN Times - Selebaran surat pemberitahuan mengenai kebersihan dan bau badan mahasiswa yang disampaikan pihak kampus viral di media sosial. Surat itu berisi keluhan dosen ketika mengajar saat perkuliahan berjalan.

Surat dengan Nomor B/885/UN11.1.4/4/LL/2022 tersebut dikeluarkan Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik (FT) Universitas Syiah Kuala (USK). Itu dibuktikan dengan adanya tanda tangan Ketua Jurusan Arsitektur dan Perencanaan USK, Laina Hilma Sari.

1. Banyak dosen mengeluh karena mahasiswa bau badan

Surat Keluhan Dosen Soal Bau Badan Mahasiswa Viral, Ini Kata USKilustrasi cara menghilangkan bau badan secara alami dan mudah (freepik.com/wayhomestudio)

Di surat tersebut disampaikan, sehubungan dengan banyaknya mahasiswa yang memiliki bau badan. Selanjutnya ditulis, padahal kegiatan belajar dan asistensi dengan dosen akan akan memberikan waktu yang banyak untuk berinteraksi dengan orang lain.

“Hal ini menyebabkan banyaknya keluhan dosen, terutama pada saat asistensi,” mengutip isi surat tersebut.

Baca Juga: Diduga Gangguan Jiwa, Seorang Pria di Aceh Bacok 2 Polisi

2. Surat juga berisi panduan mengurangi bau badan dan memperhatikan ketiak

Surat Keluhan Dosen Soal Bau Badan Mahasiswa Viral, Ini Kata USKIlustrasi deodoran (IDN Times/Umi Kalsum)

Meski menyinggung mengenai bau badan, dalam surat pemberitahuan itu juga disertakan beberapa panduan mengurangi bau badan serta memperhatikan atau memberikan perawatan untuk area ketiak.

“Mandi secara teratur, gunakan sabun antibakteri, keringkan badan dengan baik, pilih pakaian sejuk, ganti baju dan pakaian dalam secara teratur, kurangi makan minyak dan bawang,” isi panduan dalam surat itu.

Sedangkan di bagian ketiak yang merupakan area paling berkeringat dan menyebabkan bau badan disebutkan, harus dirawat dengan cara menggunakan antiperspirant, gunakan daun sirih, cuka apel, baking soda, jus lemon, dan tea tree oil.

Disarankan juga untuk hindari pemakaian deodorant berlebihan, karena akan membuat bau badan lebih terasa. Kemudian, hentikan kebiasaan merokok karena dapat menambah aroma bau badan.

“Mohon peringatan ini diperhatikan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari. Jurusan sangat mengharapkan mahasiswa harus memperhatikan kebersihan dan aroma tubuh ketika proses kegiatan belajar mengajar di kampus.”

3. Pemberitahuan hanya untuk mahasiswa arsitektur

Surat Keluhan Dosen Soal Bau Badan Mahasiswa Viral, Ini Kata USKunsyiah.ac.id

IDN Times coba mengkonfirmasi terkait surat pemberitahuan itu, namun pihak biro USK menyarankan untuk menanyakan langsung perihal tersebut ke fakultas atupun jurusan bersangkutan. 

“Maaf tidak tahu, saya di luar kota. Coba hubungi fakultas tersebut. Terima kasih,” ucap Koordinator Hubungan Masyarakat USK, Ferizal Hasan, melalui pesan singkat WhatsApp.

Sementara itu, Ketua Jurusan Arsitektur dan Perencanaan USK, Laina Hilma Sari, yang dikonfirmasi terpisah membenarkan perihal surat tersebut. Ia mengatakan, bahwa memang ada beberapa mahasiswa yang bau badan.

Meski demikian, surat tersebut dikeluarkan guna memberitahu kepada semua mahasiswa Jurusan Arsitektur dan Perencanaan untuk menjaga kebersihan tubuh.

“Maaf dik, itu pemberitahuan untuk mahasiswa arsitektur. Ada satu sampai dua yang BB (bau badan) memang, tapi kita nasihatkan semuanya untuk jaga kebersihan badan dan tidak untuk disebarluaskan,” jawabnya singkat.

Baca Juga: 230 Imigran Etnis Rohingya Terdampar di Aceh, Rencana Dikirim ke Medan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya