Comscore Tracker

Rasuki Boruto Tusuk Mata Sasuke, 7 Fakta Momoshiki Otsutsuki

Momoshiki sudah tahu masa depan Boruto

Momoshiki Otsutsuki adalah klan dari keluarga inti Otsutsuki yang datang mengacau saat Boruto dkk menjalani ujian chunin. Dia datang untuk menyerap chakra.

Pada akhirnya setelah mendapat perlawanan dari Naruto, Sasuke dan para kage dan Boruto, Momoshiki berhasil ditumbangkan. Adalah Boruto tangan terakhir yang melenyapkannya.

Tapi sebelum dia mati, ada satu hal yang buat penasaran. Soalnya dia berbicara dengan Boruto soal masa depannya dan kini jadikan wadahnya. Berikut 7 fakta soal Momoshiki yang cukup menarik.

1. Berasal dari keluarga inti Otsutsuki

Rasuki Boruto Tusuk Mata Sasuke, 7 Fakta Momoshiki Otsutsukicrunchyroll.com/boruto-naruto-next-generation

Sejarah Otsutsuki turunan Kaguya penulis rasa sudah diketahui oleh Navers. Keluarga Hagoromo ada di Bumi, sementara Hamura kemudian pergi ke bulan. Keturunan Hagoromo masih berkembang, meski mereka tidak memiliki ciri Otsutsuki lagi. Sementara itu yang tersisa di bulan sekarang hanya Toneri Otsutsuki.

Beda dengan Hagoromo dan Hamura yang punya darah manusia, Momoshiki Otsutsuki, Kinshiki Otsutsuki, dan Urashiki Otsutsuki berasal dari klan inti keluarga Otsutsuki, sama dengan Kaguya dulu.

2. Wujud transformasi Momoshiki beda antara movie dengan serial anime dan manga

Rasuki Boruto Tusuk Mata Sasuke, 7 Fakta Momoshiki Otsutsukicomicbook.com

Baik di versi anime, manga, maupun movie, Momoshiki ujung-ujungnya selalu berubah setelah menyerap Kinshiki. Namun ada perbedaan signifikan antara wujud transformasi Momoshiki di movie dengan seri anime maupun manga Boruto. Versi movie Momoshiki berkulit merah. Wujud ini pun mengingatkan penulis pada salah satu transformasi Ukon di Naruto dulu.

Namun mulai dari versi manga, dan berlanjut kemudian di versi anime, transformasi Momoshiki berubah. Penampilannya kini memiliki simbol-simbol hitam, rambutnya memanjang, dan dojutsu-nya berubah warna menjadi emas.

3. Di serial anime, Momoshiki datang terlambat dibanding versi manga dan movie

Rasuki Boruto Tusuk Mata Sasuke, 7 Fakta Momoshiki Otsutsukicrunchyroll.com/boruto-naruto-next-generation

Untuk versi movie dan manga, momen kedatangan Momoshiki dan Kinshiki sama. Mereka sama-sama hadir di ronde ketiga ujian chunin, setelah Boruto ketahuan curang.

Namun momen Boruto ketahuan curang ini di manga dan movie terjadi setelah duel Boruto lawan Shikadai. Di serial anime, Boruto ketahuan curang setelah dia mengalahkan Shinki di final ronde tiga.

Jadi di serial anime, kedatangan Momoshiki lebih terlambat dibanding di manga dan movie.

Baca Juga: Bikin Penasaran, 5 Anggota Klan Uchiha di Naruto yang Jarang Disorot

4. Sudah melihat masa depan Boruto Uzumaki

Rasuki Boruto Tusuk Mata Sasuke, 7 Fakta Momoshiki Otsutsukiwww.kincir.com

Salah satu fakta Momoshiki Otsutsuki yang paling menarik adalah dia ini sudah melihat masa depan Boruto Uzumaki.

Momoshiki sudah memberi beberapa komentar menarik sepanjang interaksinya dengan Boruto. Salah satunya, dia meramal kalau kekuatan besar Naruto tidak akan diwariskannya ke Boruto. Apapun yang terjadi ke Boruto, bocah yang satu itu tampaknya tidak akan diperkuat Kurama seperti ayahnya.

Boruto masa depan yang terlihat di episode 1 juga memang tidak menggunakan Kurama, melainkan Jougan dan segel Karma yang merupakan skill unik miliknya.

Momoshiki juga mengatakan kalau mata biru milik Boruto suatu hari nanti akan merengut segalanya dari Boruto. Episode 1 dari Boruto juga sudah memperlihatkan kalau memang Konoha di masa depan nanti akan hancur, jadi ramalan Momoshiki ini bisa jadi mengacu kepada insiden tersebut.

5. Boruto memperoleh segel Karma karena membunuh Momoshiki

Rasuki Boruto Tusuk Mata Sasuke, 7 Fakta Momoshiki Otsutsukicrunchyroll.com/boruto-naruto-next-generation

Kematian Momoshiki di tangan Boruto menyebabkan terjadinya situasi unik: di tangan Boruto muncul simbol yang disebut Kama/Karma.

Segel Karma memungkinkan Boruto untuk menggunakan kekuatan Momoshiki yang paling menonjol: menyerap jutsu dari orang lain, termasuk jutsu Zanma no Shinmai yang menurut penggunanya (Kashin Koji) tak bisa dipadamkan.

Ini berarti kalau segel Karma Boruto diperkuat lagi, dia mungkin bisa menyerap jutsu seperti Amaterasu sekalipun. Menariknya, ini berarti Boruto memiliki kekuatan dari dua Otsutsuki. Mata Jougan-nya ada indikasi kuat diberikan oleh Toneri. Lalu segel Karma-nya dibuat oleh Momoshiki.

6. Datang ke dunia Naruto tanpa persiapan informasi

Rasuki Boruto Tusuk Mata Sasuke, 7 Fakta Momoshiki Otsutsukicrunchyroll.com/boruto-naruto-next-generation

Momoshiki tampaknya begitu angkuh hingga di serial anime dia datang ke dunia shinobi tanpa mengetahui banyak hal mengenai situasi di sana. Ini berbeda dengan Urashiki, yang sebelum hadir saja sudah tahu konflik Toneri Otsutsuki di The Last: Naruto the Movie.

Di seri anime, bahkan tidak ada tanda-tanda Momoshiki tahu soal Toneri. Urashiki sendiri bergerak seenaknya di luar kendali Momoshiki, termasuk menyerang mantan Jinchuriki seperti Gaara.

7. Saat ini, Boruto menjadi wadah dari Momoshiki hingga menusuk mata Rinnegan Sasuke

Rasuki Boruto Tusuk Mata Sasuke, 7 Fakta Momoshiki Otsutsukicrunchyroll.com/boruto-naruto-next-generation

Boro dari organisasi Kara mengungkap kalau Boruto memang adalah wadah Momoshiki saat ini. 

Kalau kamu bingung soal konsep wadah: Otsutsuki dari klan utama bisa berpindah ke tubuh lain. Kemudian sang Otustsuki berpotensi mengambil alih tubuh yang mereka duduki tersebut. 

Isshiki Otsutsuki misalnya, bisa membajak tubuh Jigen. Gimana dengan Momoshiki? 

Ya. Momoshiki juga bisa membajak tubuh Boruto. Saat Momoshiki menguasai tubuh Boruto, Boruto bahkan tidak sadar dirinya digerakkan orang lain. Terbukti dia menusuk mata Rinnegan Sasuke.

Itulah tujuh fakta Momoshiki paling menarik. Akankah suatu hari nanti Momoshiki membajak tubuh Boruto? 

Baca Juga: Review Manga Boruto 49: Isshiki Menyerbu, Begini Nasib Konoha

Artikel ini sebelumnya sudah tayang di Duniaku dengan judul Sudah Lihat Masa Depan Boruto? Ini 7 Fakta Momoshiki Otsutsuki!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya