Comscore Tracker

Hari Santri Nasional, 6 Film yang Gambarkan Kehidupan di Pesantren

Selamat hari santri ya!

Medan, IDN Times - Hari Santri Nasional dirayakan setiap 22 Oktober. Ini sesuai dengan Keppres Nomor 22 tahun 2015 yang dikeluarkan Presiden Jokowi.

Ini sudah memasuki tahun kelima. Kemerdekaan Indonesia tak lepas dari perjuangan para santri. Kehidupan para santri juga menarik untuk digambarkan. Untuk itu cukup banyak film yang menggambarkan kehidupan di pesantren.

Nah, dalam memperingati Hari Santri Nasional, buat kamu yang ingin menonton kehidupan santri di Indonesia berikut beberapa film dengan latar belakang bertemakan Santri.

1. Negeri 5 Menara

Hari Santri Nasional, 6 Film yang Gambarkan Kehidupan di Pesantreninstagram/naufalazharr

Masih ingat dengan film ini ? Salah satu film terlaris di tahun 2012 yang diangkat dari novel karya Ahmad Fuadi, yang berawal dari 5 anak pesantren menceritakan kisahnya dari berbagai asal daerah tempat tinggal mereka serta kehidupan di masa pesantren.

Selain itu juga, para 5 orang pesantren ini memiliki impiannya untuk dapat keluar negeri, yang disebut dengan 5 menara.

Buat kamu yang belum nonton atau lupa dengan ceritanya. Coba tonton lagi deh, seru dan menginspirasi pastinya.

2. Perempuan berkalung sorban

Hari Santri Nasional, 6 Film yang Gambarkan Kehidupan di Pesantrenklikstravision.com

Nah, kalau film yang satu ini bercerita tentang perjalanan hidup seorang wanita yang memiliki karakter cerdas, berani, dan berpendirian kuat.

Pemain film ini adalah seorang artis wanita papan atas yaitu Revalina S Temat, dalam film tersebut dirinya bernama Anissa.

Bedanya film ini, menceritakan sosok perempuan yang harus tunduk pada laki-laki. Film ini juga diangkat dari novel karya Abidah El Khalieqy.

Kamu pasti masih penasaran dengan cerita film tersebutkan ?

3. 3 Doa 3 Cinta

Hari Santri Nasional, 6 Film yang Gambarkan Kehidupan di Pesantreninstagram/filmdanmusik.indonesia

Salah satu film yang laris di tahun 2008, digarap oleh Nurman Hakim. Film ini bercerita tentang Huda (Nicholas Saputra) yang baru saja lulus pesantren di Jawa Tengah.

Dalam cerita filmnya, saat ia mencari ibunya di Jakarta, ternyata malah dipertemukan dengan Dona Satelit (Dian Sastrowardoyo) yang merupakan seorang penyanyi dangdut pemula. Lalu, Benih-benih cinta di antara mereka ternyata akhirnya muncul.

Tak hanya itu, dalam film 3 doa 3 cinta ini akhirnya mendapatkan 7 nominasi Festival Film Indonesia 2008 dan meraih Grand Jury Prize di Vesoul International Film Festival Perancis 2009 dan prestasi lainnya.

Baca Juga: Rayakan Hari Santri 2020, Ini Pesan Khusus dari Nahdlatul Ulama

4. Kalam-kalam langit

Hari Santri Nasional, 6 Film yang Gambarkan Kehidupan di Pesantreninstagram/merizafebriani

Nah, dalam film ini dibintangi Dimas Seto dan beberapa pemain lainnya. Uniknya, Film ini diproduksi untuk menyambut gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-26 di Mataram pada 2016 lalu.

Film yang menceritakan tentang seseorang bernama Ja'far ini memiliki suara bagus dan bermimpi ingin jadi juara MTQ.

Namun, malangnya sejak kecil ayah Ja'far menentang untuk mengikuti MTQ karena dianggap memperjualbelikan kalam kalam Illahi hanya demi popularitas dan mendapatkan hadiah semata.

Hingga akhirnya ia hidup di lingkungan pesantren dengan berbagai karakter dan tetap berjuang meraih mimpi kecilnya dan memperjuangkan cintanya.

5. Pesantren Impian

Hari Santri Nasional, 6 Film yang Gambarkan Kehidupan di Pesantreninstagram/pesantrenimpian

Dalam film ini menggaet para pemain yang sudah cukup dikenal di dunia perfilman Indonesia, seperti Prisia Nasution, Fachri Albar, Dinda Kanya Dewi, Indah Permatasari, Deddy Sutomo dan lainnya. Film ini diangkat dari novel karya Asma Nadia.

Berawal dari kisah 10 orang dengan latar belakang berbeda yang diundang untuk tinggal di pesantren. Lalu, 10 orang tersebut menyimpan cerita sendiri-sendiri, mulai yang terlibat kasus narkoba, skandal pelacuran, hamil di luar nikah, hingga polisi yang mencari tersangka pembunuhan.

Pada akhirnya pesantren itu tiba-tiba diserang. Satu per satu orang terbunuh dan membuat santri di sana ketakutan. Sehingga mereka harus berjuang untuk mengalahkan teror yang muncul di Pesantren Impian.

6. Cahaya Cinta Pesantren

Hari Santri Nasional, 6 Film yang Gambarkan Kehidupan di Pesantreninstagram/cahayacintapesantren

Film yang dirilis pada tahun 2016 ini mengangkat tema pesantren agak lebih berbeda yaitu dengan lebih ringan.

Asiknya, film ini diisi para artis-artis muda seperti Yuki Kato, Febby Blink, Vebby Palwinta, Silvia Blink, Rizky Febian, Elma Theana, Tabah Penemuan, Zeezee Shahab, Fachri Muhammad serta Wirda Mansur.

Film ini telah memotret kisah tentang keluarga, persahabatan, pendidikan, hingga cinta anak muda yang sedang puber-pubernya.

Baca Juga: Termasuk Nikita Mirzani, 5 Artis Ini Ternyata Jebolan Pesantren 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya