Comscore Tracker

Sup Keh Ek, Resep Turun Temurun yang Diyakini Bisa Tingkatkan Imunitas

Saripati ayam kampung ini banyak diminati

Medan, IDN Times – Sup ayam diyakini dapat meningkatan imunitas tubuh. Diolah hingga menjadi sari pati ayam yang banyak diminati dengan berbagai macam manfaat di dalamnya.  Salah satunya Sup Keh Ek. Sup ini merupakan resep turun temurun dari keluarga seorang pria bernama Sandi. 

Sandi menjelaskan bahwa, Sup ini dinamai dengan Keh ek dalam bahasa hokkien. Keh artinya ayam dan Ek artinya kaldu. Dalam bahasa Indonesia yaitu, sari pati ayam.

Sandi pun mencoba untuk menjual sup ayam ini, karena dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Tapi pengolahannya sedikit sulit dan memakan waktu.

“Resep ini dari turun menurun, awalnya pasti dari nenek dulu baru ke mama saya baru ke saya, setiap empat bulan sekali ia membuat untuk dirinya sendri, dan keluarga, karena setiap hari kita kerja dari pagi sampai malam pastinya kita jarang konsumsi yang bergizi,” tuturnya.

1. Diolah dengan rempah-rempah

Sup Keh Ek, Resep Turun Temurun yang Diyakini Bisa Tingkatkan ImunitasIDN Times/ Dok. Pribadi Sup Keh Ek

Menurut Sandi, di zaman Ibunya, tidak memakai rempah-rempah hanya pakai telur ayam kampung yang setengah masak saja. Lalu oleh Sandi, dicampur beberapa rempah untuk mendapatkan kenikmatan dalam sup Keh Ek, sehingga membentuk rasa yang sedikit bercampur yakni, rasa manis dan asin.

“Rempah untuk ibu hamil dan anak-anak berbeda, untuk ibu hamil saya pakai rempah gojiberry dan jujuberry,” jelas Sandi.

Baca Juga: Pakat Bakar, Menu Buka Puasa Khas Mandailing yang Nambah Nafsu Makan

2. Pembuatan sup memakan waktu 4 jam

Sup Keh Ek, Resep Turun Temurun yang Diyakini Bisa Tingkatkan ImunitasIDN Times/ Dok. Pribadi Sup Keh Ek

Ada beberapa kesulitan dalam mengolah sop menjadi sari pati ayam, di antaranya harus mencincang tulang ayam terlebih dahulu sampai halus. Hingga memakan waktu satu jam. Selain itu, ia juga menjelaskan sop tersebut dilakukan harus memiliki kebersihan atau steril, untuk dapat dinikmati dengan sehat dan lezat.

“Di bagian cincang tulang ayam bisa habiskan satu jam karena tulang harus benar-benar sampai halus, karena bahan pertamanya ayam kampung lalu air panas dan kukus dalam waktu 3 jam dengan api sedang. Selanjutnya kita panasi air dan dituang ke tulang ayam lalu disaring pakai kain,” tambahnya.

3. Manfaat sop dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Sup Keh Ek, Resep Turun Temurun yang Diyakini Bisa Tingkatkan ImunitasIDN Times/ Dok. Pribadi Sup Keh Ek

Ia mengatakan bahwa, sop dipercaya dapat meingkatkan imunitas tubuh. Namun, sampai saat ini pemesanan Sup Keh Ek belum pernah sampai keluar kota. Soalnya sup tidak baik untuk dikonsumsi bermalaman. Sup memiliki manfaat yang sangat banyak, dan baik dikonsumsi untuk ibu hamil, anak kecil dan masa pertumbuhan.

Namun, sayangnya banyak anak muda yang tidak menyukai sup tersebut. Alasannya karena sup memiliki banyak lemak.

Soal pemesanan, Sandi menerima order di hari sebelumnya (H-1) dengan harga Rp180 ribu hingga Rp. 650 ribu.

“Tapi zaman sekarang, khususnya di usia 25 tahun jarang yang mau konsumsi sup ini. Seperti temanku katanya agak geli karena banyak lemaknya. Sebenarnya sop ni sangat bergizi banget, dan halal. Bagi yang perempuan yang sudah lama menikah tapi belum punya anak juga bisa. Tapi harus di mix dengan rempah-rempah yang lain,” ungkapnya.

Baca Juga: Bikin Ngiler! Ini Resep dan Cara Membuat Teri Medan Petai Balado

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya