Comscore Tracker

Tips Bikin Konten dan Bisnis dari Youtuber Medan Randy Raharja

Story telling jadi kuncinya

Medan, IDN Times - Randy Raharja atau yang akrab disapa Raharja merupakan salah satu Creativepreneur asal Medan. Saat ini pria kelahiran 1991 tersebut sedang aktif di dunia sosial media dengan berbagi konten video atau vlog.

Di usia yang terbilang muda, Raharja berani menjalankan dunia sosial media untuk berbisnis dalam waktu yang cukup lama, sekitar 8 tahun. Jatuh bangun, tentu pernah dirasakan Raharja. Dari membuat konten bersama orang-orang terkenal tapi tak ada yang menonton pun sudah pernah dirasakannya.

Di awal membuat konten, Raharja lebih berfokus pada brand dan bisnis. Tapi seiring waktu berjalan, di satu tahun belakangan ini, ia memutuskan untuk mengimplementasikan ke dirinya sendiri.

"Nah, disitu aku mutusin mulai fokus memanfaatkan sosial media seperti YouTube dan Instagram. Kedua poin itu aku manfaatkan untuk memberikan manfaatkan ke society lah," ujar Raharja saat berbincang dengan IDN Times di Medan.

Seperti apa cerita Raharja? Berikut poin penting yang perlu diperhatikan untuk membuat konten yang bagus, bermanfaat dan payment yang menjanjikan!

1. Bukan masalah seberapa hebat kita bisa buat platform

Tips Bikin Konten dan Bisnis dari Youtuber Medan Randy Raharja

Tips pertama dari Randy adalah bukan soal seberapa hebat platform yang dibuat. Dulunya Randy berpikir bisa buat konten bareng artis terkenal atau aku berada di platform yang fancy.

"I do that even, spend money to get that situation. Tapi hasilnya nol. Bagaimana pada akhirnya aku give back to myself. Ketika aku liat, oh ini potensi diriku. Dan aku ngelakuin sesuatu yang lebih casual lebih ke daily activity dan itu akhirnya lebih bisa diterima oleh banyak orang."

"Sama ketika dulu aku buat bisnis aku coba buat bisnis menggunakan modal besar dan sebagainya, di situ pola pikirku. Aku beranggapan aku punya pengalaman kreatif, aku punya modal aku go on with it. Akhirnya gagal. Karena apa yang dibeli orang, apa yang dicari orang adalah sesuatu yang bisa kita ceritakan. Kadang bukan soal seberapa banyak kita bisa menunjukkan yang kita punya, kehebatan-kehebatan kita. Bukan itu sih.

Karena klaim mau cerita gitu, ada ratusan ribu orang di atas kita lagi dan itu gak akan selesai. Nah yang paling penting itu adalah ketika kita berhasil membuat satu hal tercerita dengan baik."

2. Story telling adalah kunci dari kesuksesan bisnis maupun konten apapun

Tips Bikin Konten dan Bisnis dari Youtuber Medan Randy RaharjaInstagram/@raharja.randy

Menurut Randy, bagaimana konten itu bisa menampilkan story telling yang bagus. Hal itu menjadi kekuatan dari konten.

"Jadi dulu aku suka sama story telling akhirnya aku rasa story telling adalah kunci dari kesuksesan bisnis maupun konten apapun.

Karena sekuat apapun media atau followers dan subscriber kalian. Kalau kalian gak bisa menceritakan something dengan baik, nol sih," kata Randy.

3. Konsisten luar biasa penting, "Instagram dan sosial media it's like every day"

Tips Bikin Konten dan Bisnis dari Youtuber Medan Randy RaharjaInstagram/@raharja.randy

Lalu, saat IDN Times bertanya seberapa penting sih konsisten untuk posting di sosial media, Raharja menjawab konsisten untuk posting konten di sosial media juga sangat penting.

"Jadi gini, sebulan terakhir aku totally off. Itu bener-bener lantaran dalam masa berkabung keluarga. Di situ aku harus benar-benar menunggu sebulan, karena itu ada tradisi. Habis itu aku bakal go on lagi. Kalau aku udah go on, biasanya Sabtu dan Minggu."

"Kalau untuk YouTube aku playing 4 sampai 5 video, tapi kalau Instagram dan sosial media it's like every day. Konsistensi luar biasa penting. Karena namanya engagement kan kita sudah punya cerita dan sudah punya profile."

Baca Juga: Pernah Jaya, 10 Kota yang Kini Tenggelam karena Berbagai Masalah

4. Sering posting dalam timing yang tepat, bukan spam

Tips Bikin Konten dan Bisnis dari Youtuber Medan Randy RaharjaInstagram/@raharja.randy

Ternyata, poin penting yang tak bisa diabaikan adalah posting konten di waktu yang tepat.

Kata Raharja, Rutin melakukan postingan bukan berarti postingan tersebut menjadi spam. Namun juga harus berada pada waktu yang tepat.

"Sekarang bagaimana orang bisa notice kita. Kita harus bisa memanfaatkan algoritma dari sosial media itu sendiri, baik YouTube atau Instagram.Dengan sering posting dalam timing yang tepat, bukan spam," ucap Randy.

Sambungnya, bahwa posting konten juga tak bisa melebihi 4 video dalam waktu yang tidak tepat. "Gak bisa jugak kamu posting sehari 4 video. Kamu bisa dibanned sama provider atau Instagram juga. Tapi ketika kamu berhasil dan kamu punya algoritma, kamu punya traffic dari si sosial media kamu sendiri," tuturnya.

5. Coba buat konten yang lebih ringan, seperti daily activity

Tips Bikin Konten dan Bisnis dari Youtuber Medan Randy RaharjaInstagram/@raharja.randy

Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah harus punya engagement ke kalangan yang dituju.

"Sebetulnya engagement kamu itu ke siapa sih kalangannya. Kalau aku, aku udah tau kalau engagement aku dari anak SMA sampai ke yang baru kuliah. Itu aku punya engagement, berarti aku harus main di ranah itu. Seperti aku pernah buat konten bisnis. Kesannya lebih formal, nggak laku."

'"Tapi ketika aku buat konten yang ringan seperti daily activity, vlogging, itu justru lebih banyak yang mau nonton, lebih banyak yang mau apresiasi seperti itu," katanya.

6. Payment yang cukup menjanjikan. "Range aku start dari 500k ke atas tergantung dari cakupannya"

Tips Bikin Konten dan Bisnis dari Youtuber Medan Randy RaharjaInstagram/@raharja.randy

Seiring dengan konten yang diminati, iklan pun berdatangan. Bagaimana cakupan iklan yang dipatok Randy untuk para pengiklan?

"Range iklan sebenarnya itu aku balik ke brand cakupannya seperti apa. Tapi kalau range aku start dari 500k ke atas tergantung dari cakupannya. Kalau itu balik lagi ke perjanjiannya karena kan ada beberapa brand yang dia bukan ngasih uang sih tapi dia memberikan aku manfaatkan memberi aku platform," katanya.

"Jadi contoh salah satu brand, Smartfren. Dia memang gak ngasih aku budget yang besar, tapi dia ngasih aku platform nasional. Akhirnya aku dikenal di Jakarta, Jogja dan Bandung," ungkapnya.

7. Jangan hanya mikirin duit, kasih impact balik ke society dan kejujuran sangat penting dalam membuat konten

Tips Bikin Konten dan Bisnis dari Youtuber Medan Randy RaharjaInstagram/@raharja.randy

Randy juga punya prinsip tersendiri untuk iklan yang masuk. Dia tak sembarangan menerima penawaran brand meski berani membayar mahal.

"Ada beberapa brand yang aku gak mau. Ada yang berani bayar lumayan dibandingkan brand-brand besar tapi akhirnya hanya sifatnya iklan. Aku gak pakai, aku gak mau. Contoh itu kemarin ada salah satu brand, dia bilang tolong dong nge-brand dan segala macam diatur,  aku mau gak mau dan menolak secara halus. Karena aku pakainya Telkomsel dan Smartfren. Kalau aku pakai itu maka aku bohong ke publik," katanya.

"Aku bukannya buat sosial media ini, bukan untuk dapat uang kok, aku mau kasih impact balik ke society. Aku pengen orang percaya aku. Dan ketika orang percaya aku, aku memberikan rekomendasi yang aku pakai juga, itu sih. Menurutku itu teori influence yang tepat. Kejujuran sangat penting," tambahnya.

8. Randy memanfaatkan platform sosial media untuk bisnis dan profile

Tips Bikin Konten dan Bisnis dari Youtuber Medan Randy Raharjainstagram/raharja.randy

Sukses menjadi content creator tak membuat Raharja cepat puas. Saat ini, ia bahkan memanfaatkan sosial media untu bisnis dessert khas Indonesia yakni pokat kocok. Ia mengemas dengan sajian khas pula.

"Saat ini aku memanfaatkan platform sosial media, karena aku melakukannya untuk bisnis dengan profile. Jadi sekarang aku menjalani bisnis di Medan, namanya kocok-kocok. Bassicly itu pokat kocok. Itu punya aku dan tim. Di mana kita ambil something yang easy. Di sini aku justru mikirnya something yang penuh dengan kearifan lokal," kata Randy.

"Kalau mau cerita desert yang penuh dengan kearifan lokal ya pokat kocok. Apa sih yang lebih asli dari Indonesia selain pokat kocok? Di situ aku ambil sebuah brand, aku manfaatin aku punya experience, bukan kemampuan, tapi lebih experience. Aku di konten dan disitulah kita lihat pasar dengan membuat konten dan cerita."

"Dan akhirnya, dalam waktu established enam bulan dan udah dua bulan berjalan kita buka official store di Jalan Amir Hamzah. Di situ, dalam dua bulan ini kayaknya lebih dari 3 ribu piece sudah keluar. Its something huge, karena aku udah di aproach sama investor- investor dari Jakarta untuk membuat ini jadi gede," ujarnya.

9. Randy membuat konten dengan konsep inspirasi

Tips Bikin Konten dan Bisnis dari Youtuber Medan Randy RaharjaInstagram/@raharja.randy

Menurut Randy setiap konten itu harus ada konsepnya. Itulah sebabnya dia sangat mementingkan story telling.

"Apa yang akhirnya membuat aku merasa penting dari story telling? Itu yang aku bilang dari awal ketika aku cerita produk aku dan konten aku ke publik aku selalu menyimpan suatu konsep. Harus ada filosofinya. Kamu mau buat konten filosofinya apa," kata Randy.

"Filosopiku adalah menginspirasi orang. Aku pengin kamu itu gak mesti terkenal dulu. Kamu itu gak perlu minder seperti orang kaya ataupun benar-benar terkenal baru kamu bisa kasih something ke orang-orang."

10. Besarnya dampak the power of brand

Tips Bikin Konten dan Bisnis dari Youtuber Medan Randy RaharjaInstagram/@raharja.randy

Membuat konten juga butuh modal. Namun modal yang dimaksud tak melulu soal uang. "Sama seperti bisnis. Oh kamu harus punya modal gede baru bisa running. Bagaimana kamu buat satu produk atau satu konten yang ada ceritanya yang bisa kamu singkatkan menjadi sesuatu. Misalnya, orang tanya bisnis kamu apa, bisnis aku pokat kocok. Pokat kocok itu apa. Ini adalah asli Indonesia. Selesai," kata Randy.

"Aku berhasil compile itu kedalam suatu word, sudah berhasil membuat image ke orang lain. Oh iya, ini asli Indonesia, selesai. Nah, di situ lah besarnya the power of brand sama story telling," tambahnya. 

11. Pernah buat konten dengan orang terkenal, tapi gak ada yang nonton

Tips Bikin Konten dan Bisnis dari Youtuber Medan Randy Raharja

Jatuh bangun dalam dunia bisnis maupun content creator tentu saja pernah dialami Raharja. Ia bahkan sudah memulai berkarya sejak 2 tahun lalu, bahkan ia pernah merasakan tak ada yang menonton karyanya itu.

"Aku hampir dua tahun lalu buat konten YouTube. Aku buat namanya Raharja tok. Disitu aku wawancara Jessica Mila, Rayi Putra dan Miss Grand Internasional juga Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Aku udah buat banyak. Apasih kurangnya inspirasi dari mereka itu? Nah, saat itu, aku buat itu semua gak ada yang nonton. Bayangin kamu udah ngobrol sama orang yang seterkenal mereka, tapi gak ada yang nonton," ujarnya.

Itu menunjukkan bahwa yang dicari orang bukan yang itu. Karena, mungkin kalau mereka mau cari profile William COO IDN Media, ya mereka tinggal cari di google, begitu juga dengan arti-artis lain.

"Sementara, aku mau buat konten itu atas nama Randy Raharja. Artinya i have to profiling my self i have to make something yang memang orang bisa dapat. Maka aku mutusin untuk vlogging, dan aku belajar dari mas Arif Muhammad, dia salah satu mentor andalan aku," tambahnya.

12. Kreatif itu adalah modal yang unlimited

Tips Bikin Konten dan Bisnis dari Youtuber Medan Randy RaharjaInstagram/@raharja.randy

Raharja juga mengatakan tak perlu khawatir untuk melihat peluang bisnis maupun menjadi content creator saat ini.

"Jadi gini, aku adalah manusia yang cukup merasa kata kreatif itu adalah sangat menyebalkan karena malas banget mikir. Tapi, sejalan dengan waktu dan melihat peluang yang ada bahwa kreatif itu adalah modal yang unlimited. Di Indonesia lagi hits-nya apa? Semua orang pengen jual sneaker. Itu adalah peluang. Itu adalah bagaimana caranya kita menggali informasi," pungkasnya.

Baca Juga: 9 Seleb Indonesia Ini Mirip Banget dengan Artis Bollywood

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya