Comscore Tracker

Perusahaan Edukasi Karyawan untuk Jaga Keselamatan di Jalan

Edukasi berlangsung secara online

Medan, IDN Times - Mendukung upaya mewujudkan impian teciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran tertib berlalu lintas di wilayah Sumatera Utara (Sumut), PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda melanjutkan komitmennya untuk mengkampanyekan pentingnya #Cari_aman saat naik motor di jalan.

Bahkan komitmen tersebut dibuktikan melalui kegiatan edukasi keselamatan berkendara (safety riding) kepada para karyawan dari PT. Kamadjaja Logistics yang berlokasi di Jalan Pulau Pinang 5 Kim 2 Mabar pada 10 Maret 2021.

Melalui edukasi online (webinar) safety riding yang berlangsung melalui melalui Microsoft Teams yang bertajuk "Kemanapun perginya, selalu #cari_aman saat naik motor", Honda memberikan sejumlah materi mendasar terkait safety riding.

Seperti halnya bagaimana memaksimalkan keamanan saat berkendara, sekaligus menyadari berbagai potensi bahaya yang dapat terjadi kapan saja sehingga dibutuhkan pemahaman akan pencegahannya.

1. Menumbuhkan kesadaran agar melindungi diri dengan disiplin mengenakan perlengkapan berkendara

Tim safety riding Honda juga mengajak para peserta untuk lebih mengenal efek kecelakaan yang sama seperti fenomena gunung es, dimana kerugian yang terlihat hanya sedikit tetapi efek yang tidak terlihat sangat besar.

Karenanya, para instruktur terus berupaya menumbuhkan kesadaran agar melindungi diri dengan disiplin mengenakan perlengkapan berkendara, seperti helm SNI, jacket, sepatu dan sarung tangan., serta membekali diri dengan teknik berkendara yang baik dan aman .

Mengenal mekanisme reaksi dalam berkendara juga menjadi hal penting dalam berkendara aman dengan motor, dimana pengendara harus memiliki kemampuan mengidentifikasi dengan cepat setiap bahaya yang tiba-tiba muncul, seperti halnya mengambil keputusan apakah menurunkan atau mengurangi kecepatan dengan menggunakan teknik pengereman yang baik dan benar.

2. Kecelakaan lalu lintas terjadi karena kelalaian dan kurangnya pengetahuan pengendara terkait safety riding

Kuzwani Malik selaku Contrac Logistics Manager PT. Kamadjaja Logistics mengungkapkan sangat berbahagia kedatangan tim safety riding Honda yang memberikan edukasi keselamatan berkendara yang tentunya sangat dibutuhkan para karyawan yang terbilang banyak menggunakan motor sebagai kendaraan untuk bekerja.

Saat ini masih banyak kecelakaan lalu lintas terjadi dikarenakan kelalaian dan kurangnya pengetahuan pengendara terkait safety riding, karenanya diharapkan edukasi ini akan memperluas wawasan mereka akan pentingnya keselamatan.

Dalam kesempatan ini, Honda juga memperkenalkan pusat pelatihan berkendara terbesar di Asia Tenggara Safety Riding Park PT. Astra Honda Motor yang berlokasi di Greenland International Industrial Center (GICC) Blok DD No. 01 Kota Deltamas, Bekasi, atau dapat mendapatkan informasi lengkapnya dengan berkunjung ke website https://www.astra-honda.com/safety-riding. Untuk wilayah Sumatera Utara sendiri juga memiliki pusat pelatihan, Indako Safety Riding Centre (ISRC) yang berlokasi di Jl. Bunga Sakura Medan.

3. Berharap dapat diaplikasikan pada aktivitas mereka sehari-hari dan ditularkan pada orang lain

Perusahaan Edukasi Karyawan untuk Jaga Keselamatan di JalanIlustrasi Safety Riding (Dok. IDN Times)

Reuben Simatupang selaku Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy mengungkapkan dengan semangat Satu Hati, sangat mengapresiasi antusias para karyawan PT. Kamadjaja Logistics sepanjang menerima penyampaian materi safety riding dari Honda. Pihaknya juga berharap nilai-nilai positif yang mereka peroleh diharapkan dapat diaplikasikan pada aktivitas mereka sehari-hari dan turut disebarkan, baik kepada keluarga, kerabat, maupun lingkungan sekitar.

“Melalui Pusat keselamatan berkendara yang mematuhi protokol kesehatan yang ketat, Honda mengajak berbagai elemen masyarakat di wilayah Sumatera Utara untuk peduli meningkatkan kesadaran #cari_aman di jalan saat naik motor. Jaga keselamatan, karena hidup begitu berharga jika terubang sia-sia, “ ujar Reuben Simatupang.

Baca Juga: Safety Riding, Ini Teknik Menyalip untuk Pengendara Sepeda Motor

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya