Comscore Tracker

Mau Awet, Ini 5 Tips Merawat Sepeda Motor Kesayangan

Motor yang prima pasti nyaman dikendarai

Sepeda motor saat ini menjadi salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat, pasalnya selain sebagai alat transportasi yang praktis dan efisien, motor juga dapat membantu agar terhindar dari kemacetan. Umumnya motor digunakan sebagai teman berbagai aktivitas harian seperti bekerja, sekolah, kuliah atau bahkan hanya untuk sekadar jalan-jalan santai bersama keluarga maupun teman.

Dalam hal penggunaan bahan bakar minyak (BBM), terdapat dua sistem pembakaran pada motor, dimana motor dengan sistim bahan bakar injeksi tentunya sangat berbeda dengan sistem karburator.

Untuk sistem injeksi, bahan bakar  akan dipompa oleh fuel pump lalu disemprotkan ke ruang bakar, dan membutuhkan pasokan listrik yang stabil, sehingga banyak konsumen yang khawatir perihal perawatan sepeda motor injeksi.

Erwin Chandra, Senior Technical Instructor PT Indako Trading Coy mengungkapkan, selama  menggunakan motor tentunya para pengendara ingin motor tetap dalam kondisi prima sehingga terbebas dari berbagai kendala. Namun yang dibutuhkan tidak hanya kepedulian, melainkan pemahaman terkait sejumlah cara perawatan motor yang baik dan benar. Yuk simak beberapa tipsnya cara merawat sepeda motor agar tetap awet:

1. Gunakan BBM sesuai spesifikasi mesin

Mau Awet, Ini 5 Tips Merawat Sepeda Motor KesayanganIlustrasi pengisian BBM di SPBU Pertamina. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Pembelian BBM eceran dari SPBU banyak dilakukan oleh masyarakat untuk dijual kembali secara eceran menggunakan botol kaca/plastic atau menggunakan Pump seperti Pertamini.

Oleh karena itu jika harus mengisi BBM eceran sebaiknya hati-hati, karena kalau yang diisi BBM oplosan maka bisa mengurangi performa mesin bahkan mengalibatkan suara mesin kasar/knocking. Disarankan beli BBM di SPBU karena itu lebih aman dan terpercaya.

Baca Juga: Komika Difabel Asal Binjai Pacu Semangat Generasi Muda Raih Mimpi

2. Penggantian oli mesin secara berkala

Mau Awet, Ini 5 Tips Merawat Sepeda Motor KesayanganIDN Times/Dhana Kencana

Periksa kondisi oli mesin atau minyak pelumas setiap 1 minggu sekali (setiap 500 KM) dan ganti oli mesin setiap 2000 KM. Peran oli mesin sangatlah penting untuk menjaga komponen di dalam mesin motor Honda anda agar tidak cepat aus, sehingga usia dari komponen di dalamnya lebih awet.

3. Periksa kondisi ban

Mau Awet, Ini 5 Tips Merawat Sepeda Motor KesayanganIlustrasi Ban (IDN Times/Dwi Agustiar)

Tekanan angin ban yang kurang akan mengakibatkan tarikan motor terasa berat, sistim kemudi juga berat dan konsumsi bahan bakar akan semakin boros juga merusak ban itu sendiri.

Tetapi jika tekanan angin terlalu tinggi juga akan menyebabkan komponen kemudi cepat mengalami kerusakan dan menyebabkan pengendaraan tidak nyaman dalam berkendara karena ban terasa sangat keras. Tekanan angin ban standar umumnya, ban depan 29 Psi, ban belakang 33 Psi.

4. Periksa kondisi baterai

Mau Awet, Ini 5 Tips Merawat Sepeda Motor Kesayangansayaajarkan.com

Untuk sepeda motor Honda sistem injeksi, fungsi baterai sangatlah penting untuk menyuplai berbagai komponen kelistrikan mulai dari sistim bahan bakar, pengapian dan sistim penerangan. Minimal tegangan baterai 12,4 Volt.

5. Servis Rutin di AHASS

Mau Awet, Ini 5 Tips Merawat Sepeda Motor KesayanganService sepeda motor Honda Pit Express AHASS (Dok. IDN Times)

Perawatan berkala sangat penting untuk memastikan semua komponen motor Honda Anda bekerja dengan optimal. Sebaiknya lakukan perawatan di bengkel resmi Honda, AHASS yang telah didukung mekanik yang handal dan professional serta bergaransi.

“ Dengan semangat Satu Hati, Honda selalu berupaya menemani setiap aktivitas harian para pecintanya. Bersama partner berkendara yang menyenanngkan dan sesuai dengan gaya hidup penggunanya, maka kami meyakini motor Honda akan selalu menjadi pilihan yang tepat bagi mereka  para pengejar mimpi, “ ujar Erwin Chandra.
 

Baca Juga: Jenguk Bocah yang Kena Penyakit Aneh, Gubernur Edy Bikin Tim Khusus

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya