Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Sepeda Motor Sering Kehabisan Bensin

Jangan biasain habis bensin baru diisi ya, Guys!

Medan, IDN Times - Bensin sebagai bahan bakar sepeda motor merupakan kebutuhan pokok. Karena sebuah motor tidak akan berfungsi tanpa adanya bahan bakar di dalamnya. Memastikan motor terisi bensin secara cukup sebelum berkendara sudah seharusnya menjadi ritual yang harus dilakukan. Namun, pengisian bahan bakar sering dianggap sepele pengemudi. Dimana, sangat sering terjadi, tangki bensin sering kosong, dan pemilik kendaraan jarang mengisi penuh, atau bahkan sering mengisi eceran.

Tapi adakalanya juga pengendara lupa untuk mengisi bahan bakar motornya dengan berbagai alasan, seperti terlalu sibuk dengan rutinitas yan dijalani, atau karena uang di dompet telah habis sehingga mau tak mau tangki motor yang harus ditumbalkan.

Faktanya banyak pengendara tidak menyadari jika sebenarnya membiarkan motor kehabisan bahan bakar bisa berakibat fatal bagi motor kesayangannya. Kepedulian akan kondisi tersebut ditunjukkan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut dengan membagikan beberapa akibat yang dapat terjadi jika membiarkan tangki motor kering bensin.

1. Tangki motor akan berkarat

5 Dampak Buruk Sepeda Motor Sering Kehabisan BensinIlustrasi tangki bensin sepeda motor. IDN Times/Paulus Risang

Membiarkan tangki motormu tanpa bahan bakar merupakan kebiasaan yang kurang baik. Pasalnya, tangki yang jarang diisi bahan bakar secara penuh akan gampang karatan.

Karena di kandungan bahan bakar tersebut juga ada air di dalamnya. Sehingga ketika kering, tangki yang notabene adalah besi ini berpeluang untuk berkarat. Setidaknya usahakan tangki motor terendam dengan bahan bakar yang cukup.

2. Kotorannya akan mengendap dan mengotori bahan bakar

5 Dampak Buruk Sepeda Motor Sering Kehabisan BensinIDN Times/Paulus Risang

Ketika tangkinya sudah berkarat, kotorannya pasti akan menumpuk dan mengendap diantara bahan bakar. Oleh karena itu, biasanya ketika motor sudah lama tidak dipakai, tangkinya harus dikuras terlebih dulu, agar kualitas bahan bakar yang ada nantinya tidak terganggu oleh kotoran yang muncul dari karat tersebut.

Baca Juga: Makin Keren, Ini Penampakan Supersport Honda CBR250R Terbaru

3. Fuel Pump bisa kena imbasnya

5 Dampak Buruk Sepeda Motor Sering Kehabisan BensinPebalap Honda Mario Suryo Aji (Dok. IDN Times)

Karena tangki berkarat dan kotor, fuel pump dari sepeda motor juga bisa jadi imbasnya. Dimana, fuel pump ini berfungsi sebagai pengatur distribusi dari tangki ke mesin. Jadi jika fuel pump terus ditumpuki oleh kotoran, maka lama kelamaan dia akan berujung ngadat dan tidak mau dinyalakan.

4. Kerusakan dapat menyebar ke karburator atau injektor

5 Dampak Buruk Sepeda Motor Sering Kehabisan Bensinyogjames.en.ec21.com

Seperti sebuah penyakit menular, ketika fuel pump sudah terinfeksi oleh kotoran–kotoran yang mengendap di dalamnya, maka karburator maupun injektor akan dapat terkena dampaknya. Sementara karburator dan injektor merupakan tempat dimana pembakaran dari bahan bakarmu ini terjadi.

Karena ketika terjadi proses pembakaran bahan bakar, udara dan api yang dihasilkan oleh busi dari motor akan dikonversi menjadi tenaga yang bisa membuat mesin motor bergerak.

5. Pengin ngirit, malah tekor

5 Dampak Buruk Sepeda Motor Sering Kehabisan BensinPebalap Honda Mario Suryo Aji (Dok. IDN Times)

Niat ingin mengirit biaya dengan mengisi sedikit bahan bakar, namun nyatanya harus mengeluarkan kocek untuk melakukan pergantian komponen motor yang rusak. Karenanya jangan pernah pelit untuk beli bahan bakar motor, karena ketika motor kehabisan bensin, maka sejumlah masalah akan muncul dan mengancam kantong.

Fahril Aulia, Honda Technical Instructor PT Indako Trading Coy mengungkapkan, bahan bakar menjadi poin penting agar motor dapat digunakan, maka jika sudah waktunya, segera saja isi bahan bakar motor, jangan menunggu sampai motor tidak bisa dinyalakan kembali, karena akan beresiko bagi merusak sejumlah part motor.

“Pada motor, bensin juga menjadi pendingin pompa . Jadi ketika bensin sudah tidak ada, kerja komponen tersebut juga jadi lebih berat dan cepat panas, sehingga, akan timbul kerusakan di sana. Karena itu, tetap #Cari_Aman dengan selalu menjaga kondisi motor tetap prima dan mengutamakan prilaku berkendara yang baik di jalan, sehingga dapat selamat sampai tujuan dan berkumpul bersama keluarga tercinta, “ ujar Fahril Aulia.

Baca Juga: Honda Gelar Latihan Safety Riding Ribuan Mahasiswa Secara Daring

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya