Comscore Tracker

7 Cara Merawat Remote Sepeda Motor Biar Tetap Awet

Jauhkan remote dari sumber radiasi electromagnet tinggi

Inovasi teknologi kendaraan bermotor yang terus berkembang saat ini tidak hanya berfokus pada mesin dan desain, namun juga tidak melupakan untuk memperkenalkan terobosan baru fitur lainnya, Salah satu yang tampak semakin populer saat ini adalah sistem tanpa kunci metal, alias keyless.

Dimana teknologi tanpa anak kunci ini sudah menjadi trend pabrikan otomotif terutama pada roda dua. Fitur dengan keunggulan mudah, mewah dan aman juga ditawarkan oleh pabrikan produsen roda dua terbesar Tanah Air. Honda untuk motor matik kelas menengah dan premiumnya yang disebut dengan Honda Smart Key System, sehingga menjadikan tampilan lebih praktis dan elegan.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan Honda Smart key merupakan fitur teknologi yang memungkinkan pengguna sepeda motor mengoperasikan kendaraannya tanpa mencolok anak kunci.

Hanya dengan menekan tombol atau memutar kenop starter, maka motor akan langsung menyala. Menurutnya agar tetap awet penggunaan serta perawatan fitur smart key yang benar juga perlu diperhatikan, dimana ada sejumlah hal yang perlu dipahami.

1. Hindari tekanan berlebih

Pertama, hindari tekanan berlebih saat proses aktif dan non aktif pada bagian tombolnya, agar tetap awet berikan penekanan sewajarnya untuk menghindari kerusakan pada remote.

2. Pastikan remote tetap kering sebelum digunakan

Kedua, pastikan remote tetap kering sebelum digunakan untuk mencegah terjadinya hubungan singkat pada komponen elektroniknya yang disebabkan masuknya air dari sela-sela cover remote.

3. Jangan membiasakan menyimpan remote dalam bagasi

Ketiga, jangan membiasakan menyimpan remote dalam bagasi. Disarankan remote selalu bersama dengan si pengendara, seperti halnya disimpan pada saku atau dalam tas untuk mencegah potensi remote tertinggal dan khawatir disalahgunakan oleh orang lain.

4. Jauhkan remote dari sumber radiasi electromagnet tinggi

Keempat, menjauhkan remote dari sumber radiasi electromagnet tinggi merupakan tindakan yang benar. Hal ini mencegah potensi gangguan sinyal atau frekuensi yang berakibat remote sulit terkoneksi.

5. Penting menyimpan dan merahasiakan ID dengan aman

Kelima, penting menyimpan dan merahasiakan ID dengan aman dan jangan sekali-kali memberitahuka kepada orang lain selain mekanik Honda yang akan melakukan perbaikan.

6. Simpan remote cadangan di rumah

Keenam, menyimpan remote cadangan di rumah, sehingga dapat digunakan jika remote utama hilang.

7. Pastikan posisi remote off sehingga dapat menghemat battery

7 Cara Merawat Remote Sepeda Motor Biar Tetap Awethttps://www.autos.id

Ketujuh, pastikan posisi remote off sehingga dapat menghemat battery dan memastikan sinyal remote ke SCU motor terputus. Sedangkan yang kedelapan, dianjurkan antara remote dan motor berada lebih dari 2 meter atau pastikan remote pada posisi off guna menhindari komunikasi sinyal radio remote secara terus-menerus yang dapat mengakibatkan battery atau AKI motor melemah.

Erwin Chandra menambahkan, melalui inovasi teknologi terkini, Honda dengan semangat Satu Hati berupaya berkontribusi bagi negeri menghadirkan kendaraan roda dua berkualitas yang mendukung aktivitas masyarakat dalam mewujudkan impian.

Namun disamping itu, tetap dibutuhkan kepedulian para pengguna motor Honda untuk melakukan perawatan berkala ke bengkel resmi untuk memastikan motornya selalu dalam kondisi prima.

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya