Begini Cara Ganti Aki Mobil Matik Biar Tidak Korslet

Ganti Aki mobil bisa dilakukan sendiri di rumah kok

Mengganti aki mobil matik ternyata bisa dilakukan sendiri di rumah. Bagaimana cara yang benar agar tidak sampai terjadi korslet?

Untuk mengganti aki mobil matik, tidak hanya bisa dikerjakan di bengkel oleh montir yang memang sudah berpengalaman. Melakukannya sendiri di rumah juga bisa selama proses pemasangannya benar dan sesuai. 

Meskipun memang dalam proses pemasangannya harus dilakukan dengan benar. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada Electronic Control Unit (ECU) apalagi perannya yang memang penting untuk mengalirkan arus listrik pada mobil. 

Jika kondisinya lemah, berbagai komponen yang membutuhkan daya listrik akan mengalami gangguan. Misalnya adalah suara klakson, lampu, dan mobil akan menjadi sulit ketika akan dinyalakan. 

Lantas, bagaimana cara menggantinya? Yuk simak:

1. Berikut cara ganti aki mobil matic non-injeksi.

Begini Cara Ganti Aki Mobil Matik Biar Tidak KorsletMelepas kabel jumper aki (popularmechanics.com)

Namun, bagaimana caranya melakukannya sendiri di rumah agar tidak keluar biaya ganti aki mobil jika membawanya ke bengkel? Berikut cara ganti aki mobil matic non-injeksi.

1. Siapkan peralatan
Hal pertama dalam cara ganti aki mobil matic adalah menyiapkan alat yaitu kunci pas. Perlu diketahui, umumnya pengunci kepala aki menggunakan mur yang berukuran 12 atau 14.

Sangat disarankan, ketika kamu akan membuka kepala aki, pastikan mesin mobil dalam keadaan mati. Dalam keadaan tersebut, kamu sudah bisa segera melepaskan kepala aki.

2. Lepaskan kutub-kutub aki
Cara ganti aki mobil matic yang kedua yaitu melepaskan kepala aki bagian negatif yang berwarna hitam terlebih dahulu.

Tujuannya adalah agar mobilmu terhindar dari potensi korsleting listrik saat kepala aki mobil terbentur kap mesin.

Selain itu, hal tersebut bisa meminimalisir pengeluaran saat terjadi masalah dan kamu harus memakai jasa ganti aki mobil panggilan untuk menanganinya.

Selanjutnya yaitu lepaskan bagian positif atau kabel yang berwarna merah. Setelah keduanya kamu lepas, letakkan kabel positif pada tempat yang aman sehingga tidak terjadi gesekkan dengan bodi mobil.

3. Lepaskan aki lama
Jika kedua kabel lepas, kamu juga bisa langsung melepas aki lama dan menggantinya. Jangan lupa ganti aki tersebut dengan aki mobil yang spesifikasinya sesuai dengan mobil.

Misalnya, jika akinya 70 Ampere, maka gantilah dengan yang setara atau sedikit lebih besar. Namun, disarankan tidak memilih Ampere yang kapasitasnya lebih kecil.

4. Bersihkan bagian bawah aki
Jika mobilmu menggunakan aki basah, sudah jadi rahasia umum akan terdapat bekas residu. Nah, tugas kamu saat mengikuti cara ganti aki mobil matic adalah membersihkannya.

Cara membersihkannya sangat mudah yaitu hanya dengan menggunakan sikat kawat halus atau bahkan sikat gigi saja.

Selain itu, periksa juga apakah bagian bawah aki sudah keropos atau tidak. Perlu diketahui, umumnya bagian bawah aki rawan keropos karena sering terkena cairan aki.

5. Pasang aki yang baru
Jika cara ganti aki mobil matic di atas sudah kamu lakukan sampai di tahap di mana bagian bawah aki bersih, maka selanjutnya yaitu pasang aki baru. Posisikan aki baru tersebut pada dudukannya dan pastikan tidak goyang.

6. Pasang kepala aki
Cara ganti aki mobil matic berikutnya adalah memasang kepala aki yang dimulai dari kutub positif dan diikuti kutub negatif. Pastikan memasangnya dengan benar dan kencang.

Saat mengencangkannya, usahakan kuncinya tidak menyentuh kap mesin untuk menghindari korsleting listrik.

Jika kamu rasa aki sudah benar-benar terpasang, periksa kembali kabel-kabelnya. Jangan sampai ada yang kendor.

7. Tutup kepada aki dengan karet atau plastik
Cara ganti aki mobil matic yang terakhir yaitu menutup kepala aki positif dengan karet atau penutup plastik untuk menghindari potensi gesekan dengan logam.

Kalau sudah benar-benar terpasang, nyalakan mesin mobil dan diamkan sekitar 10 menit untuk memaksimalkan pengisian aki.

2. Cara ganti aki mobil matic injeksi

Begini Cara Ganti Aki Mobil Matik Biar Tidak Korsletilustrasai aki mobil (groupon.ae)

Cara ganti aki mobil matic selanjutnya adalah khusus untuk injeksi di mana penangannya agak sedikit berbeda.

Beberapa mobil buatan Eropa dan mobil modern yang menggunakan full elektronik, cara ganti akinya bisa kamu lakukan dengan membiarkan mesin mobil tetap hidup. Simak prosedurnya di bawah ini.

1. Siapkan kabel jumper aki
Cara ganti aki mobil matic injeksi adalah terlebih dahulu menyiapkan kabel jumper. Jika kamu belum punya, kamu bisa membeli di kabel tersebut bisa membelinya di bengkel ganti aki mobil terdekat atau situs belanja daring.

Setelahnya, siapkan aki cadangan sebagai sumber tenaga sementara saat aki dilepas. Pasanglah kabel jumper pada bagian kepala kutub positif yang berwarna merah pada aki lama dengan kutub positif yang berwarna merah juga pada aki cadangan.

Kemudian pasang kabel jumper negatif di kepala aki lama dengan kutub negatif pada bagian bodi mobil misalnya kap mesin atau fender. Setelah terpasang, lepas aki mobil injeksi ini dengan cara hati-hati.

2. Periksa bagian bawah aki
Cara melepas aki mobil injeksi pada tahap ini adalah membersihkan bagian bawahnya. Periksalah juga apakah ada bagian yang keropos pada dek bawah aki.

Jika kamu menemukannya, kamu bisa melapisinya dengan cat namun bagian tersebut harus diamplas dahulu supaya karat tidak menyebar. Kemudian, aki baru sudah bisa dipasang.

3. Kencangkan mur kepala aki
Kencangkan mur kepala aki di kedua kutubnya. Kencangkan kutub positifnya terlebih dahulu baru kemudian bagian negatifnya.

Saat kamu mengencangkannya, jangan sampai kuncinya bergesekan dengan bodi mobil. Lebih baik dilakukan perlahan namun minim risiko daripada terburu-buru tetapi risiko kerusakan besar.

4. Lepaskan kabel jumper
Usahakan lepaskan kabel jumper negatif terlebih baru kemudian lepaskan kabel jumper positif. Cara tersebut umum dilakukan saat hendak mengganti aki mobil modern.

Tujuannya agar tidak menghilangkan memori pada sistem kelistrikan seperti power window, jam, head unit, dan komponen kelistrikan lain.

Selain itu, hal tersebut mampu mengurangi risiko gangguan pada ECU mobil saat melepas aki sepenuhnya.

Cara di atas memang terlihat mudah, namun jika kamu ragu melakukannya, sebaiknya bawa ke bengkel pasang aki mobil terdekat.

3. Usia aki mobil

Begini Cara Ganti Aki Mobil Matik Biar Tidak KorsletAki mobil (IDN Times/Dwi Agustiar)

Salah satu cara mengetahui kapan aki mobil harus diganti adalah dengan mengetahui usia pemakaiannya. Sama seperti komponen mobil lainnya, aki juga memiliki batas pemakaian yang diberikan oleh bengkel pada saat tanggal pembelian. 

Pada umumnya, aki memiliki waktu pemakaian sekitar 2 tahun tetapi waktu tersebut akan berbeda-beda tergantung dari pemakaian dan cara perawatannya. Mengingat harganya yang cukup mahal, usahakan untuk melakukan perawatan dengan tepat.

Baca Juga: Nobar Euro 2024 di Ibis Styles Medan Pattimura Ada Doorprize Smart TV

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya