Comscore Tracker

3 Teknik Dasar Food Photography yang Harus Kamu Ketahui ala Astrid

Makanan dan minuman terlihat sangat menggugah selera

Medan, IDN Times - Fotografi dapat dikelompokkan dalam berbagai genre. Salah satu yang punya keunikan tersendiri adalah memoto makanan atau kerennya disebut Food Photography.a.

Nah, salah satu anggota komunitas Kelas Pagi Astrid Febrina (42) membagi pengetahuannya untuk pemula yang ingin memulai food photography agar membuat foto menjadi daya tarik tersendiri. Bisa diterapkan sebagai pecinta fotografi makanan atau keperluan bisnis kuliner.

Apa saja sih teknik sebagai pemula Food Photography dari Astrid Febrina? Simak 3 teknik berikut ini!

Baca Juga: 10 Potret Harris Vriza, Cowok yang Bikin Baper Lyodra, Tiara, dan Ziva

1. Teknik Pencahayaan

3 Teknik Dasar Food Photography yang Harus Kamu Ketahui ala Astridinstagram/astridfebrinarizal

Untuk teknik ini kamu tidak boleh melewatkannya, karena teknik ini sangat penting. Apapun makanan kamu tanpa cahaya ternyata tidak dapat mengunggah selera dalam frame jepretan kamu. Apa jadinya kalau makanan kamu mahal tapi gelap.

"Untuk teknik yang gak boleh dilewatkan itu kayak pencahayaan, karena kalau foto makanan tanpa cahaya itu makanannya gak terlihat. Kayak tadi aku bilang kalau kalian makan direstoran mahal tapi kalau gelap difoto gak akan terlihat mahal dan orang juga gak akan tergugah dengan makanan itu," tutur Astrid.

2. Properti

3 Teknik Dasar Food Photography yang Harus Kamu Ketahui ala Astridinstagram/astridfebrinarizal

Properti untuk menjadikan pelengkap dalam pemotretan, jadi kalau properti kamu seadanya bisa aja sih. Tapi, kalau ada properti yang lain, kamu bisa lebih leluasa dan lebih kreatif. Percaya deh!

"Kemana-mana aku tuh selalu bawa properti penunjang salah seperti piring, telenan dan lain-lain," ujar Astrid.

3. Komposisi

3 Teknik Dasar Food Photography yang Harus Kamu Ketahui ala Astridinstagram/astridfebrinarizal

Nah, untuk teknik ini sangat penting. Tanpa kamu sadari, kamu belajar se-kreatif mungkin. Di sinilah hal yang paling penting untuk menunjukan hasil jepretan kamu dengan komposisi yang kamu buat. Karna komposisi itu mengatur objek-objek makanan untuk difoto agar terlihat seimbang.

"Jadi yang tadi saya ajari sama teman-teman gak boleh tumpuk-tumpuk motretnya, harus ada pengaturan segitiga, harus ada miring ke kiri kanan. Itu harus dipelajari dan itu gak bisa dipelajari instan, harus latihan sama sering-sering lihat foto orang," jelas Astrid.

Gimana? Penasaran mau jadi fotografer makanan? Boleh langsung dipraktekkin nih teknik dasar food photography tadi. Satu yang perlu kamu ingat dan paling penting nih. Makanannya jangan dimakan dulu sebelum difoto. 

Baca Juga: Tambah Ilmu Fotografi, Teman dan Mentor lewat Upgrading PFI Medan

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Septi Riyani
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya