Comscore Tracker

10 Rekomendasi Tempat Wisata Epik di Dairi, Alamnya Indah!

Kombinasi wisata alam, sejarah, sampai kebudayaan

Sumatra Utara merupakan provinsi yang menyimpan sejuta pesona kekayaan alam dan sumber dayanya. Salah satu kabupaten di Provinsi Sumatra Utara yang kerap menjadi buruan destinasi wisata adalah Kabupaten Dairi.

Di Kabupaten Dairi, wujud perpaduan budaya dan eksotisme alamnya akan membuat perjalanan wisatamu tak terlupakan. Oleh karenanya, beberapa tempat wisata ini cocok bagi kamu yang hobi jalan-jalan sambil mengarungi ilmu pengetahuan sejarah dan kebudayaan. Nah, berikut adalah 10 tempat wisata epik di Dairi.

1. Air Terjun Lae Pendaroh

10 Rekomendasi Tempat Wisata Epik di Dairi, Alamnya Indah!wisataterbaru.net/Air Terjun Lae Pendaroh

Destinasi wisata di Dairi yang pertama ditempati oleh Air Terjun Lae Pendaroh. Faktanya, air terjun ini bukan saja memikat karena keindahannya, melainkan air terjun ini merupakan salah satu air terjun terbesar di Sumatera! Wah, epik ya?

Air terjun ini juga menawarkan berbagai spot-spot menarik untuk wisatawan yang ingin mengabadikan moment wisatanya. Jika tertarik, kamu bisa mengunjungi air terjun ini yang beralamat di Jalan Sidikalang, Sitinjo 1, Sitinjo Sumatra Utara.

2. Puncak Sidiangkat

10 Rekomendasi Tempat Wisata Epik di Dairi, Alamnya Indah!wisataterbaru.net

Puncak sidiangkat termasuk tempat wisata favorit di Dairi karena panoramanya yang fotogenik banget! Spot-spot foto kece dan instagramable menjadi daya tarik yang tidak terbantahkan. Padahal, tempat ini relatif kecil dan areanya tidak seluas tempat wisata lainnya.

Namun lagi-lagi, tempat mungil yang menawarkan spot foto terbaik lah yang akan memenangkan hati wisatawan! Lokasi tempat ini beralamat di Jalan Subulussalam –  Sidikalang no 171, Sidiangkat, Dairi Sumatra Utara.

3. Rumah Adat Pakpak

10 Rekomendasi Tempat Wisata Epik di Dairi, Alamnya Indah!pariwisatasumut.net/Rumah Adat PakPak

Jika kamu gemar berwisata budaya, rumah adat ini mungkin bisa jadi pilihan tepat. Di sini, kamu akan terjamahi dengan edukasi dan pengetahuan tentang latar belakang budaya dari adat Pakpak ini. Nama Pak-pak yang diambil dari salah satu suku di Sumatera Utara yaitu Suku Pakpak mengisahkan asal usul dari eksistensi rumah adat ini. Lokasi alamat nya berada di kawasan kota Sidikalang, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

4. Danau Sicike-Cike

10 Rekomendasi Tempat Wisata Epik di Dairi, Alamnya Indah!Wisata dairi/Danau Sicike-cike

Selain Danau Toba, Sumatera Utara juga memiliki berbagai danau ternama lainnya yang salah satunya adalah Danau Sicike-Cike. Air danau nya yang jernih benar-benar memanjakan mata kamu dan merileksan otot-ototmu.

Hamparan sekiling danaunya sangat permai ditumbuhi pohon-pohon hijau. Cocok banget bagi kamj yang pengen hunting foto! Lokasi danau ini berada di Desa Pancar Nuli, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumut.

Baca Juga: Hits! 5 Wisata Dairi yang Indah dan Wajib Dikunjungi

5. Pemandian Lau Timah

10 Rekomendasi Tempat Wisata Epik di Dairi, Alamnya Indah!instagram.com/adventure_sumut

Konsep tempat wisata ini bisa dibilang sangat back to nature. Kendati demikian, air kolam ini berasal dari celah bebatuan alami yang sangat dingin dan segar sekali tentunya. Soal pemandangannya, Lau Timah menyuguhi spot-spot dan view kece untuk kamu berfoto.

Di samping itu, tarif masuknya pun relatif murah yaitu hanya Rp20 ribu. Belum termasuk parkir. Lokasi nya berada di Desa Lau Renun, Kecamatan Tanah Pinem, Dairi Sumatra Utara.

6. Tao Silalahi

10 Rekomendasi Tempat Wisata Epik di Dairi, Alamnya Indah!Dok. IDN Times/Istimewa

Letak tempat wisata yang satu ini berdekatan dengan Danau Toba yang pasti sudah melegenda di telinga kalian. Pemandangan alamnya bisa jadi objek background foto kamu, lho! Kamu bisa memilih spot-spot fotogenik di hamparan bukit hijaunya atau bentangan pantainya. Tempat ini berlokasi di Silalahi I, Silalahi III, Silalahi Sabungan, Dairi Sumut

7. Sungai Lau Renun

10 Rekomendasi Tempat Wisata Epik di Dairi, Alamnya Indah!youtube.com/Mosanda Tampubolon

Sungai ini merupakan yang terpanjang di Dairi dan dengan arusnya yang deras, umumnya digunakan oleh warga sekitar untuk kegiatan arung jeram. Wisatawan yang ingin mencoba kegiatan ini juga harus menggunakan pemandu untuk memastikan keselamatan mereka. 

Sudah pasti ketika menyusuri sungai, kamu akan melihat keindahan alam yang super eksotis. Lokasi sungai ini berada di Dusun Rambah Serit, Desa Lau Sireme, Kecamatan Tiga Lingga, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

8. Taman Wisata Iman

10 Rekomendasi Tempat Wisata Epik di Dairi, Alamnya Indah!Lansekap Taman Wisata Iman Sidikalang, Kabupaten Dairi. (dok Kemenparekraf)

Salah satu bukti Kabupaten Dairi merupakan tempat refleksi bagi seluruh umat beragama adalah tersedianya wisata religi. Ya, wisata yang tak kalah hits ada Taman Wisata Iman Sitinjo.

Wisata religi ini berada di Jalan Sitinjo I, Kabupaten Dairi, menyediakan rumah ibadah bagi seluruh umat beragama. Salah satu hal yang tak boleh terlewatkan, berfoto di rumah-rumah ibadah yang tersedia. 

9. Bukit Siadtaratas

10 Rekomendasi Tempat Wisata Epik di Dairi, Alamnya Indah!pariwisatasumut.net/Bukit Siadtaratas

Bagi kamu yang suka olahraga, kamu harus mengunjungi Bukit Sidtaratas. Bukit di desa Paropo ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan alam Danau Toba.  Keindahannya bisa dinikmati dari landscape hunian warga Silalahi. Selain itu, kamu juga dapat melihat monumen Silalahi yang terkenal.

Dan yang paling epik, kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam dari atas bukit ini. Lokasinya berada di Paropo, Kecamatan Silahi Sabungan, Dairi.

10. Tigalinga

10 Rekomendasi Tempat Wisata Epik di Dairi, Alamnya Indah!travelingmeda.com/Tigalingga

Destinasi Tigalinga sudah diibaratkan sebagai serpihan surga bagi para pecinta durian. Pasalnya, wilayah Tigalingga merupakan salah satu tempat penghasil durian Dairi yang paling terkenal di Sumatera. Buah durian yang dihasilkan juga memiliki kualitas unggul yang bisa kamu santal dengan lahapr

Keliatannya sih nikmat banget, ya? Jika ingin mampie, lokasi Tigalinga berada di Sumbul Karo, Palding Jaya Sumbul, Kecamatan Tigalingga, Dairi.

Itulah beberapa tempat wisata di Dairi yang bisa kamu sambangi usai pandemik. Kamu punya rekomendasi lain?

Penulis: Raisah Zakiah

Baca Juga: Wujud Keberagaman, Ini 5 Lokasi Wisata Religi di Dairi

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya