Comscore Tracker

Pulau Sibandang, Destinasi di Danau Toba yang Dicanangkan Bebas Polusi

Gunakan listrik dari energi terbarukan

Medan, IDN Times - Pulau Sibandang di kawasan destinasi super prioritas Danau Toba bakal lebih eksotis lagi. Pemerintah provinsi Sumatera Utara, mencanangkan pulau di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara itu menjadi destinasi wisata bebas polusi.

Pemprov Sumut bersama PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut sedang mencanangkan 'Sibandang Green Island'. Dimulainya program itu ditandai dengan penandatangan prasasti bersama di PLN Sumut Juli 2019 tahun lalu.

1. Sibandang bakal bebas polusi karena pakai listrik dengan energi terbarukan

Pulau Sibandang, Destinasi di Danau Toba yang Dicanangkan Bebas PolusiIDN Times/Istimewa

Program ini berpotensi membuat Sibandang semakin keren. Nantinya Pulau Sibandang digadang-gadang sebagai daerah tujuan wisata yang bebas polusi dengan penggunaan listrik yang bersumber dari energi terbarukan atau Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

“Ini jadi hal menarik, program ini bisa menjadi promosi wisata yang menarik karena Green Island Sibandang bebas polusi,” kata Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, usai acara.

Ijeck -sapaan akrab Musa- juga ingin PLN juga berkontribusi untuk menjadikan wisata lainnya bebas polusi. “Mudah-mudahan dengan ini penduduk Sumut pun semakin semangat berkunjung ke Danau Toba,” ujarnya.

Baca Juga: Bukan Tepi Laut Lho! 6 Pantai Indah yang Ada di Danau Toba!

2. Listrik di Sibandang dijamin tidak akan padam

Pulau Sibandang, Destinasi di Danau Toba yang Dicanangkan Bebas PolusiIDN Times/Istimewa

Ijeck juga meminta agar PLN memberikan program pelayanan prioritas kepada masyarakat di Sibandang. Kata dia, dengan layanan tersebut, PT PLN menjamin di pulau tersebut tidak akan mati listrik. Jika terjadi mati listrik, PT PLN siap membayar denda.

“Tadi kita dengar bahwa layanan ini dijamin tidak akan mati lampu, kalau mati lampu, PLN akan membayarkan dendanya itu kepada masyarakat,” ungkapnya.

3. Energi terbarukan harus jadi solusi ketersediaan listrik Sumut

Pulau Sibandang, Destinasi di Danau Toba yang Dicanangkan Bebas PolusiAntara

General Manager PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto mengharapkan energi terbarukan dapat berperan besar dalam penyediaan listrik di Sumut. Apalagi Sumut adalah daerah yang memiliki energi terbarukan yang melimpah seperti air dan panas bumi.

“Kita harapkan semakin besar peran energi terbarukan untuk mendukung sistem kelistrikan di Sumut,” ujar Feby.

4. Sibandang jadi pilot Project di Sumut

Pulau Sibandang, Destinasi di Danau Toba yang Dicanangkan Bebas Polusiflickr.com

Sibandang, merupakan daerah yang dipilih sebagai pilot project di Sumut. Menurut Feby, Pulau Sibandang memiliki ukuran yang cukup pas sebagai pilot project.

Jika berhasil, tidak akan menutup kemungkinan program Green Island juga akan dilakukan di tempat lain, seperti Pulau Samosir yang dekat dengan beberapa pembangkit listri lainnya, termasuk Sarulla.

Saat ini komposisi energi terbarukan di Sumut telah mencapai 25 persen. Diharapkan masyarakat Sumut mulai beralih ke peralatan listrik yang ramah lingkungan. Mulai dari peralatan rumah tangga, industri, hingga kendaraan listrik, untuk menekan polusi.

5. Sekilas eksotisme Pulau Sibandang

Pulau Sibandang, Destinasi di Danau Toba yang Dicanangkan Bebas Polusitravelingyuk.com

Sibandang menjadi salah satu destinasi yang menjanjikan eksotisme alam, budaya, sejarah hingga agrowisata. Itu menjadikannya salah satu destinasi terbaik di Danau Toba.

Potensi alamnya sangat luar biasa. Garis pantainya berhadapan langsung dengan Bukit Tarabunga, Sigaol, Bakkara Muara, Nainggolan, Pulau Samosir dan Dolok Tolong.

Di sana, wisatawan juga bisa menyaksikan langsung kekayaan budaya. Sibandang menyajikan pembuatan ulos mulai dari kapas, pewarnaan benang hingga pembuatan beragam motif khas Toba.

Belum lagi soal ritual masyarakat yang juga menjadi keunikan tersendiri. Di sana pengunjung bisa menikmati Hoda-hoda.

Salah satu ritual kuno masyarakat Desa Sampuran yang dipadukan dengan Tarian Monsak yang merupakan sejenis ilmu bela diri silat dari tanah Batak. Sama seperti area lainnya, pengunjung juga bisa diajak manortor. Melengkapi potensinya, pengunjung bisa belajar pembuatan sampan khas Danau Toba. Pengunjung juga bisa menyaksikan Rumah Adat Bolon dengan arsitekturnya yang khas.

Pulau seluas 850 hektare ini memiliki peninggalan sejarah berupa Rumah Kepala Nagari Rajagukguk. Ada juga Makam Raja Sorta Uluan yang diyakini sebagai raja Pulau Sibandang di puncak bukit Sibandang, hingga situs berupa Partukkoan yang merupakan kursi batu tempat para raja terdahulu melakukan musyawarah.

Untuk sampai di Pulau Sibandang pun tidak sulit. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 45 dari Bandara Silangit menuju Muara.

Selanjutnya, pengunjung dapat menyeberang melalui Pelabuhan Muara menuju dermaga dusun II, Desa Sibandang. Moda transportasi penyeberangan bisa menggunakan kapal ferry kecil dari Desa Utte Mungkur Muara dengan waktu tempuh 5 menit. Moda transportasi lainnya bisa dengan menggunakan kapal wisata penumpang dari pelabuhan Muara dengan waktu tempuh 15 menit atau dari pelabuhan Balige dengan waktu tempuh 1,5 jam.

Baca Juga: Selain Danau Toba, Ini 10 Danau Terbesar di Indonesia

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Septi Riyani
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya