Comscore Tracker

3 Destinasi Wisata Ini Akan Dibenahi Pemprov Sumut 2020 Mendatang

Target genjot kunjungan wisata untuk kesejahteraan rakyat

Medan, IDN Times - Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara menyadari jika pariwisata menjadi salah satu potensi sumber pendapatan yang berdampak kepada masyarakat. Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa “Ijeck” Rajekshah menjabarkan rencana mereka ke depan terkait pariwisata.

Ada tiga destinasi yang bakal menjadi fokus mereka. Nantinya destinasi itu akan dibenahi. Supaya bisa menggenjot kunjungan destinasi wisata dan menjadi pendapatan daerah.

Hal itu diungkapkan Ijeck saat pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita) Sumut periode 2018-2023, Kamis (31/10). Dia berharap Asita juga bisa mendukung pariwisata Sumatera Utara. Baik dari sisi promosi hingga peningkatan kunjungan.

"Gubernur Bapak Edy Rahmayadi sudah mencanangkan untuk 2020 ada tiga destinasi wisata yang ingin kita kembangkan di Kabupaten/Kota di Sumut untuk semakin berkembang. Mulai dari, Berastagi di Tanah Karo, Bahorok dan Tangkahan,” kata Ijeck.

1. Tahura di Berastagi yang lama terbengkalai bakal dibenahi

3 Destinasi Wisata Ini Akan Dibenahi Pemprov Sumut 2020 MendatangWakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah saat meninjau Tahura, Kabupaten Karo beberapa waktu lalu. (Dok Humas Pemprov Sumut)

Taman Hutan Raya (Tahura) di Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo menjadi salah satu objek wisata yang bakal dibenahi. Kata Ijeck, selama ini destinasi di dataran tinggi itu terbengkalai.

“Tahura ini salah satu UPT dari Dinas Kehutanan Sumut. Selama ini itu sudah terbengkalai. Tahun 2020  akan kita bangun kembali,” kata Ijeck.

Tahura sempat menjadi lokasi yang hits. Tahura merupakan hutan lindung yang berada di pegunungan Bukit Barisan. Sekaligus menjadi habitat berbagai flora dan fauna, seperti Kera, burung, reptil dan lainnya.

Tahura juga kerap menjadi lokasi prewedding. Biasanya dipakai sebagai spot untuk pasangan yang menginginkan dengan nuansa alam.

Baca Juga: Kebut Transportasi Danau Toba, Kemenhub Dapat Kucuran Rp1 Triliun 

2. Akses menuju Bahorok juga menjadi prioritas

3 Destinasi Wisata Ini Akan Dibenahi Pemprov Sumut 2020 MendatangIG: @theorangutanproject

Bahorok di Kabupaten Langkat, menjadi salah satu destinasi yang juga menjadi prioritas Pemprov Sumut. Bahorok memang sangat tersohor. Khususnya bagi wisatawan yang suka dengan nuansa petualangan.

Bahorok menawarkan aliran sungai jernih yang sangat deras. Kawasan wisata yang masuk dalam Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) itu menjadi habitat Orangutan Sumatera.

Secara amenitas, Bahorok menawarkan penginapan yang cukup baik. Sayangnya tidak didukung aksesibilitas menuju ke sana.

Kata Ijeck, jalanan menuju Bahorok masih buruk. Sehingga kunjungan ke sana tidak signifikan. Padahal Bahorok menjadi salah satu destinasi pilihan hingga kancah internasional.

"Kita akan bangun kembali ke Bahorok. Selama ini, sudah sudah menjadi destinasi wisata. Tapi belum maksimal karena memang jalan menuju ke Bahorok tidak Begitu baik dan juga fasilitas-fasilitas lain," ungkap Ijeck.

Untuk di Bahorok sendiri, Ijeck menjelaskan saat dikelola oleh masyarakat dan pihak swasta. Tapi, Pemprov Sumut ingin hadir untuk mengembangkan objek wisata di daerah tersebut.

3. Tangkahan, tempat kawanan gajah yang juga masuk dalam daftar

3 Destinasi Wisata Ini Akan Dibenahi Pemprov Sumut 2020 MendatangInstagram/nicholassaputra

Tangkahan menjadi destinasi wisata terakhir yang masuk dalam prioritas Pemprov Sumut. Di sana wisatawan bisa datang ke penangkaran gajah. Itu yang paling menjadi daya tarik wisatawan.

Wisatawan juga disuguhkan dengan pemandangan alam yang eksotis. Berpadu dengan aliran sungai yang begitu jernih.

"Tangkahan ini juga menjadi pariwisata internasional banyak datang ke sana untuk melihat keindahan keindahan alam kita kita Sumatera Utara. Sebenarnya tidak kalah keindahan alam kita dengan negara lain tapi memang kita belum kelola itu," jelas Ijeck.

Kata Ijeck, setelah tiga destinasi itu, Pemprov Sumut akan menyasar yang lainnya. Dia berharap APBD Sumut bisa ditambah. Agar pihaknya bisa melakukan pembenahan secara maksimal.

"Setelah kita hitung bangkitnya ekonomi di daerah itu salah satu yang paling mudah adalah pariwisata. Tinggal kita mengelola SDM dari masyarakat. Kita mengelola fasilitas yang ada membangun fasilitas yang ada. Orang akan datang dengan juga promosi yang baik. Tanpa promosi yang baik juga tak akan orang tahu tak bisa orang datang," pungkasnya.

Baca Juga: Wishnutama Menteri Pariwisata, BOPDT Optimistis Danau Toba Makin Baik

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You