Comscore Tracker

Wisata Sawah Punden Rejo Hadirkan Program Edukasi Bagi Anak

Akan menyasar anak PAUD, SMP dan SMA

Deli Serdang, IDN Times - Destinasi Wisata Sawah Punden Rejo, Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, mengeluarkan terobosan terbaru yang bertujuan untuk mengedukasi anak-anak. Hal ini dilakukan agar anak-anak dapat mengetahui hal yang belum mereka ketahui.

Mulai dari kegiatan senam, menggambar, menanam padi, dan menangkap ikan. Terobosan ini digagas oleh Misno, pengelola sawah bersama  dan rekan lainnya.

1. Terobosan untuk edukasi anak

Wisata Sawah Punden Rejo Hadirkan Program Edukasi Bagi AnakDestinasi wisata sawah Punden Rejo yang diciptakan oleh Kepala Desa Punden Rejo, Misno (Dok. Istimewa)

Edukasi ini sebagai upaya untuk meningkatkan pengunjung yang datang ke tempat ini. Namun selain itu terobosan ini dilakukan agar anak-anak didik yang ikut nantinya paham jenis-jenis ikan seperti ikan lele, ada ikan mas, ikan belut, dll begitupun dengan pohon beras.

"Karena yang selama ini anak-anak kita tidak ngerti yang mereka makan sehari-hari itu seperti beras, tapi mereka tidak ngerti bagaimana pohon beras itu," kata Misno.

Baca Juga: Cerita Misno, Bikin Wisata Sawah Punden Rejo untuk Bantu Ekonomi Warga

2. Ke depannya juga ingin menyasar anak SMP dan SMA

Wisata Sawah Punden Rejo Hadirkan Program Edukasi Bagi AnakPara pengunjung saat menikmati wisata air di Punden Rejo (IDN Times/Indah Permata Sari)

Misno juga mengungkapkan bahwa k edepannya tidak tertutup kemungkinan membuat edukasi khusus anak-anak SMP dan SMA. Untuk lingkup anak SMP dan SMA kegiatan yang akan dilakukan yakni tarik tambang, pukul guling, dan lainnya. Pengelola wisata sawah Punden Rejo selalu melakukan kerja sama dengan sekolah-sekolah yang ada di Tanjung Morawa, Deli Serdang.

"Sementara ini yang kita garap masih sekitar Tanjung Morawa tapi Alhamdulillah juga di luar Tanjung Morawa ada dari Batang Tika, Batang Kuis tadi datang," tambahnya.

3. Terobosan ini juga menarik minat anak PAUD dan Ibu- Ibu

Wisata Sawah Punden Rejo Hadirkan Program Edukasi Bagi AnakSuasana para pengunjung lokal saat berswafoto di Punden Rejo (IDN Times/Indah Permata Sari)

Menariknya program ini juga menarik perhatian anak PAUD dan juga Ibu-Ibu. Bahkan saat ini anak PAUD dan Ibu-Ibu meminta untuk ikut dalam program yang dilakukan pengelola wisata sawah Punden Rejo. Hal ini seperti diungkapkan Misno.

" Untuk saat ini anak-anak TK bahkan juga sudah ada yang menyahuti. Mereka ingin ikut serta di sini. Ibu-ibu kayaknya juga kepngin ikut. Bagaimana ikut lomba nangkap ikan, belajar tanam padi, kami kepingin juga tertarik supaya seperti masa-masa lalu. " ujar Misno.

4. Meminta dukungan dari semua pihak

Wisata Sawah Punden Rejo Hadirkan Program Edukasi Bagi AnakKepala Desa Punden Rejo, Misno saat menceritakan berdirinya wisata sawah Punden Rejo (IDN Times/Indah Permata Sari)

Harapannya kedepannya, Misno berharap tidak hanya anak-anak TK saja tapi juga bisa anak SD bisa ikut program edukasi ini.

"Tentunya kami kerja sama bagaimana bisa meningkatkan wisata Punden Rejo itu semakin terkenal. Kami juga mohon dukungan dan peran serta dari pengusaha-pengusaha, pemerintah Kabupaten, dan pemerintah provinsi agar semakin hari dan semakin tahun semakin baik," tambahnya.

5. Puluhan anak mengantri ikut program edukasi di Wisata Sawah Pundenrejo

Wisata Sawah Punden Rejo Hadirkan Program Edukasi Bagi AnakSuasana wisata sawah Punden Rejo (IDN Times/Indah Permata Sari)

Untuk yang mengikuti program edukasi kemarin sebanyak 48 orang anak yang datang dari Tanjung Morawa dan sebagian dari luar Tanjung Morawa. Sedangkan untuk Selasa (16/11/2021( besok, direncanakan 60 peserta dari Medan. 

"Karena untuk mengikuti program ini harus memiliki seragam, pengelola Punden Rejo dalam mengajarkan kepada anak-anak dibantu oleh Mahasiswa KKN dari Universitas Malikussaleh Banda Aceh yang kita manfaatkan kemudian dari Universitas Medistra Medan yang berjumlah delapan orang," pungkasnya. 

Baca Juga: Murah Meriah! 10 Potret Wisata Sawah Pematang Johar Labuhan Deli

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya