Comscore Tracker

Wujud Kerukunan, 5 Destinasi Wisata Religi Lintas Agama di Medan

Ramai dikunjungi pemeluk agama lain

Medan, IDN Times - Kota Medan salah satu tempat yang dikenal menjadi rumah bagi beragam etnik dan agama. Hal itu merupakan bukti terjalinnya kerukunan umat beragama dan terjaganya harmonis di kota tersebut.

Menariknya, beragam rumah ibadah itu boleh dikunjungi orang-orang yang berasal dari agama berbeda. 

Nah, jika kamu ingin menjelajahi objek bangunan bersejarah dan mengenal agama yang beragam. Kamu bisa berkunjung ke objek wisata religi yang ada di Kota Medan ini. Di mana saja? Yuk intip lokasinya di sini!

1. Masjid Raya Al-Mashun

Wujud Kerukunan, 5 Destinasi Wisata Religi Lintas Agama di MedanMasjid Raya Al Mashun, Kota Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Masjid Raya dikenal sebagai salah satu wisata religi di Kota Medan. Dalam pembangunannya, Masjid ini diprakarsai oleh Sultan Makmun Al-Rasyid pada tahun 1906.

Masjid Raya memiliki desain arsitektur unik perpaduan antara gaya India, Spanyol dan Timur Tengah lho. Memiliki ukuran bangunan yang luas, Masjid Raya bisa menampung hingga ribuan jamaah. 

Baca Juga: Bikin Merinding, 9 Gunung di Pulau Sumatra yang Terkenal Paling Mistis

2. Graha Maria Anna Velangkani

Wujud Kerukunan, 5 Destinasi Wisata Religi Lintas Agama di Medanpexels.com/ Pixabay

Graha Maria Annai Velangkanni adalah sebuah gereja yang terletak di Jalan Sakura III, Tanjung Selamat, Medan. Bangunan gereja ini terlihat seperti bangunan perpaduan antara candi, kuil hingga kubah masjid. Pembangunan gereja ini dipelopori oleh Pastor James Barataputra pada 2001. 

3. Klenteng Gunung Timur

Wujud Kerukunan, 5 Destinasi Wisata Religi Lintas Agama di MedanIDN Times/Masdalena Napitupulu

Vihara Gunung Timur adalah kelenteng Tionghoa yang terbesar di Kota Medan. Kelenteng ini dibangun pada tahun 1930an. Wisata religi yang satu ini bisa kamu kunjungi jika berkunjung ke Kota Medan ya. Disarankan untuk berpakain sopan jika berkunjung ke kelenteng ini.

4. Kuil Shrimariamman

Wujud Kerukunan, 5 Destinasi Wisata Religi Lintas Agama di MedanIDN Times/Masdalena Napitupulu

Kuil Shrimariamman merupakan kuil tertua yang ada di Kota Medan. Dibangun sekitar tahun 80an, kuil ini berlokasi di Jalan Teuku Umar. Mengusung konsep arsitektur India, bangunan kuil dikelilingi oleh tembok setinggi 2,5 meter dilengkapi dengan hiasan ornamen, relief dan patung. 

5. Maha Vihara Maitreya

Wujud Kerukunan, 5 Destinasi Wisata Religi Lintas Agama di MedanIDN Times/Masdalena Napitupulu

Maha Vihara Maitreya atau yang biasa disebut Vihara Cemara Asri ini berada di lahan seluas lima hektare. Selain memiliki lahan yang luas, Vihara ini juga memiliki ornamen khas Tiongkok. Bangunan Vihara Cemara Asri merupakan tempat ibadah para umat Buddha. 

Itulah 5 destinasi wisata religi lintas Agama di Medan. Kamu udah pernah datangin yang mana aja nih? 

Baca Juga: Bikin Merinding, Ini 6 Upaya Pembunuhan Terhadap Presiden Soekarno

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya