Comscore Tracker

Wisata Batu Katak: Bunga Raflesia, Goa dan Keindahan Alam 

Penjelajahan goa bagi kamu yang menyukai petualangan

Medan, IDN Times- Ada sejumlah tempat ekowisata yang bisa dikunjungi di kawasan Langkat. Satu di antaranya adalah Wisata Batu Katak yang memiliki spot wisata goa dan dikenal dengan keindahan alamnya.

Penjelajahan goa bagi kamu yang menyukai petualangan, wisata ini cocok untuk kamu kunjungi. Di waktu tertentu, para wisatawan juga bisa melihat Bunga Raflesia. Berikut informasinya!

1. Rute dan harga tiket masuk ke wisata Batu Katak

Wisata Batu Katak: Bunga Raflesia, Goa dan Keindahan Alam IDN Times/Yohanes Nugroho

Untuk mencapai tempat wisata ini membutuhkan waktu sekitar tiga jam dengan kendaraan pribadi dari Kota Medan, dengan rute Medan - Pinang Baris - Binjai - Bahorok. Wisata ini berlokasi di Jalan Utama, Lau Damak, Kec. Bohorok, Kabupaten Langkat. 

Untuk memasuki objek wisata ini, kamu membayar tiket masuk sebesar Rp3 ribu per orang dan tiket parkir Rp10 ribu untuk mobil dan Rp5 ribu untuk sepeda motor.

Baca Juga: Brandan Bumi Hangus, Kisah Heroik Para Pejuang Kemerdekaan di Langkat

2. Flora dan fauna di wisata Batu Katak

Wisata Batu Katak: Bunga Raflesia, Goa dan Keindahan Alam Ilustrasi bunga raflesia (Instagram.com/kpplpadangguci_hulu)

Objek wisata ini menawarkan lingkungan alam yang indah dan penjelajahan goa bagi yang menyukai petualangan. Destinasi wisata Batu Katak termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Oleh karena itu, jika kamu memasuki kawasan wisata ini, kamu akan merasakan udara yang sejuk dengan pemandangan pepohonan yang rindang dan perbukitan yang tinggi. 

Di tempat wisata ini, para pengunjung juga bisa berkeliling untuk melihat berbagai macam fauna dan flora. Beberapa flora yang bisa dilihat seperti bunga bangkai Amorphophallus titanum dan berbagai jenis anggrek. Sedangkan untuk fauna, ada siamang, orangutan sumatera, kambing hutan sumatera, kera dan kera ekor panjang.

3. Goa wisata Batu Katak

Wisata Batu Katak: Bunga Raflesia, Goa dan Keindahan Alam Ilustrasi goa (instagram.com/_febrian)

Bagi yang suka berpetualang, kamu bisa menelusuri goa di Batu Katak. Beberapa goa yang bisa dijelajahi adalah Goa Jodoh, Goa Pupuk Mentar, Goa Air, Goa Batu Rijal, Goa Pintu Angin, dan Goa Mbelin. Saat berada di dalam goa, kamu bisa melihat pemandangan stalaktit dan stalagmit yang sangat indah serta sungai yang mengalir di dalam goa. 

Selain menelusuri goa, Anda juga bisa berendam di pemandian alam, melakukan arung jeram di sungai. Bagi yang menyukai aktivitas yang memacu adrenalin, pengelola juga menyediakan berbagai wahana permainan yang menantang. Harga tiket wisata di Batu Katak mulai dari Rp15 ribu-Rp150 ribu.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Oleh-oleh Jika Melancong ke Langkat 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya