Comscore Tracker

Wisata Arung Jeram Sungai Bah Bolon: Info, Tiket dan Rutenya

Wisata rafting, makin basah, makin seru

Serdang Bedagai, IDN Times- Tempat wisata alam di Sumatra Utara dapat ditemui di sejumlah daerah. Seperti rafting (arum jeram) dan track offroad misalnya. Aktivitas ini bisa dilakukan di Kecamatan Sipispis, Serdang Bedagai.

Wisata arum jeram tersebut berada di aliran Sungai Bah Bolon. Berjarak sekitar 84 kilometer dari Kota Medan. Yuk simak informasi lengkapnya di sini.

1. Sungai Bah Bolon ini menyimpan kisah Batu Boru Manjile

Wisata Arung Jeram Sungai Bah Bolon: Info, Tiket dan RutenyaIstimewa/IDN Times

Selain menikmati alam dan bermain air, ternyata sungai tersebut menyimpan legenda, yaitu kisah Batu Boru Manjile. Dahulunya di bantaran Sungai Bah Bolon ini terdapat Pertuanan atau kerajaan yang bernama Pertuanan Bajalingge yang memiliki cerita menarik dan penuh dengan pelajaran bagi umat manusia. 

2. Tersedia beberapa paket rafting, mulai dari Rp190 ribu per orang

Wisata Arung Jeram Sungai Bah Bolon: Info, Tiket dan RutenyaIstimewa/IDN Times

Kepala Desa Buluh Duri sekaligus Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (Faji) Serdang Bedagai, Dewi Yanti Purba, menjelaskan pihaknya menyediakan beberapa paket rafting. Mulai dari Rp190 ribu per orang untuk durasi 4 jam hingga Rp300 ribu per orang untuk 6 jam melakukan arung jeram.

"Di dalamnya sudah termasuk seluruh peralatan yang dibutuhkan mulai dari perahu, pelampung, helm, dayung, makan satu kali, minum, pemandu wisata serta asuransi," ujarnya.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Sikulikap: Info, Harga Tiket, dan Rutenya

3. Wisata ini menyediakan 19 perahu lengkap dengan peralatannya

Wisata Arung Jeram Sungai Bah Bolon: Info, Tiket dan RutenyaIstimewa/IDN Times

Kata Dewi, wisata arung jeram ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Buluh Duri Mandiri (BUDUMA). Setiap harinya khususnya di akhir pekan, masyarakat ramai datang untuk menikmati arung jeram ini.

Saat ini, wisata Arung Jeram Sipispis menyediakan 19 perahu lengkap dengan peralatannya. Tidak hanya melayani perorangan, namun juga instansi yang ingin menikmatinya berkelompok juga bisa kami layani.

4. Wisata rafting, makin basah, makin seru

Wisata Arung Jeram Sungai Bah Bolon: Info, Tiket dan RutenyaIstimewa/IDN Times

Dewi berharap agar masyarakat tidak takut mencoba ratfing, karna rafting atau arung jeram ini seru dan aman.

"Rafting ini salah satu pilihan berwisata, tidak hanya pantai dan pegunungan. Slogan kami lebih baik mencoba satu kali dari pada bercerita seribu kali. Dan ingat, makin basah, makin seru," ucapnya. 

5. Tidak hanya bisa ratfing, namun juga dikenalkan hikayat legenda

Wisata Arung Jeram Sungai Bah Bolon: Info, Tiket dan RutenyaIstimewa/IDN Times

Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah Noor, salah seorang pengunjung yang merasakan keseruan wisata Sipispis beberapa waktu lalu. Mulai dari off road, aktivitas yang memicu adrenalin dan tantangan, serta arung rafting yang menyimpan cerita legenda.

"Disini kita tidak hanya bisa ratfing, namun juga dikenalkan hikayat legenda tentang Batu Boru Manjile. Ini legenda atau cerita rakyat yang harus dipertahankan dan dikenalkan kepada masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, para orang yang lakukan rafting juga bisa menikmati Batu Kodok (batu yang menyerupai kodok), Air Terjun Bagula, Magic Wall, Green Canyon.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati batu yang tersusun bak tangga namun terbalik, minum dari mata air pegunungan, serta menikmati flora dan fauna yang dilindungi. 

Baca Juga: Keindahan Air Terjun Saringgana di Hutan TNGL

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya