Comscore Tracker

Potret Pemandian Air Soda Tarutung, Hanya Ada Dua di Dunia

Air Soda Tarutung, pemandian soda satu-satunya di Indonesia

Tarutung, IDN Times - Mata Air Soda yang ada di Tarutung adalah pemandian air soda satu-satunya di Indonesia. Terletak di kaki bukit daerah Tarutung, di Desa Parbubu I, Kabupaten Tapanuli Utara. Lokasi Air Soda ini berada tak jauh dari pusat Kota Tarutung. 

Pemandian ini sudah dikelola sejak tahun 1976 oleh Minar Sihite. Kala itu, kolam ini hanya dibatasi oleh pematang sawah. Namun, saat ini sudah dilakukan pengembangan menjadi tembok. 

1. Pagi hari adalah waktu yang tepat berkunjung ke sini

Potret Pemandian Air Soda Tarutung, Hanya Ada Dua di DuniaIDN Times/Masdalena Napitupulu

IDN Times merekomendasikan pagi hari adalah waktu yang tempat untuk berkunjung ke sini. Karena, jika kamu datang pada sore hari, jangan heran jika melihat air sudah keruh dan banyaknya pengunjung. Bahkan, kamu harus rela mengantre untuk menikmati berendam di kolam Air Soda tersebut. 

Baca Juga: Bah Damanik, Konon Jadi Tempat Pemandian Para Keluarga Raja

2. Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk untuk mencoba kenikmatan berendam di pemandian air soda ini

Potret Pemandian Air Soda Tarutung, Hanya Ada Dua di DuniaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk untuk mencoba kenikmatan berendam di pemandian air soda ini. Namun, untuk mendapatkan tempat duduk, pengunjung harus membeli makanan dan minuman. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menyewa ban sebagai pelampung jika membutuhkan.

3. Fenomena alam air soda ini hanya terdapat di dua negara

Potret Pemandian Air Soda Tarutung, Hanya Ada Dua di DuniaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Fenomena alam air soda ini hanya terdapat di dua negara, yaitu Indonesia dan Venezuela. Tak heran, banyak pengunjung yang penasaran dengan wisata yang satu ini.

"Penasaran dengan wisata yang satu ini, air soda itu seperti apa. Ternyata begini, ada buih-buih dari bawah," ujar Akmal, salah satu pengunjung yang berasal dari Indrapura.

Baca Juga: Memukau! Ini 5 Air Terjun Kece yang Ada di Sekitar Danau Toba

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya