Comscore Tracker

Bendera Merah Putih Pertama di Kota Medan Ada di Museum TNI 

Jejak sejarah #MenjagaIndonesia

Medan, IDN Times - Museum Perjuangan TNI merupakan salah satu wisata edukasi di Kota Medan. Museum ini diresmikan pada tanggal 21 Juni 1971. Berlokasi di Jalan KH. Zainul Arifin No.8, Petisah Tengah. 

Beberapa waktu lalu IDN Times berkunjung dan berbincang dengan pemandu museum ini, bernama Jasiaman Sinaga. Ia mengatakan koleksi museum ini merupakan peninggalan bersejarah yang ada di Kota Medan. Apalagi bendera pertama yang dikibarkan di Kota Medan ada di museum ini.

1. Museum ini terbuka untuk umum, tanpa dipungut biaya

Bendera Merah Putih Pertama di Kota Medan Ada di Museum TNI Museum Perjuangan TNI di Medan (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Ia menyampaikan bahwa museum ini terbuka untuk umum, tanpa dipungut biaya apapun.  J Sinaga menyampaikan dengan adanya museum ini diharapkan sebagai sarana edukasi untuk menceritakan sejarah dan perjuangan para pejuang pada masa penjajahan. 

"Pertempuran yang pernah terjadi di Kota Medan ini, yang disebut agresi Militer pertama sampai Militer kedua. Sementara Indonesia Merdeka tahun 1945, agresi Militer itu terjadi pada tahun 1945 sampai 1948. Kejadian itu di Medan dan disebutlah pertempuran Medan Area," ujar J Sinaga.

Baca Juga: [FOTO] Yuk! Mengenal Museum Perjuangan TNI di Medan

2. Terdapat Bendera Merah Putih yang pertama kali dikibarkan di Kota Medan

Bendera Merah Putih Pertama di Kota Medan Ada di Museum TNI Museum Perjuangan TNI di Medan (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Sambil berbincang, J Sinaga memandu ke ruang pertemuan pertama. Di dalam ruangan itu, ada beberapa koleksi foto, replika baju perang dan Bendera Merah Putih yang pertama kali dikibarkan di Kota Medan.

"Ini foto-foto pahlawan dan lukisan cerita sejarah saat Proklamasi. Kemudian ini ada bendera pertama yang dikibarkan di Kota Medan," ujarnya sambil menunjuk bendera.

3. J Sinaga berpesan agar generasi bangsa saat ini mengetahui sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia

Bendera Merah Putih Pertama di Kota Medan Ada di Museum TNI Museum Perjuangan TNI di Medan (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Usai mendapat penjelasan di ruang pertama, IDN Times diajak untuk menuju ke lantai dua, terdapat bendera-bendera batalyon  yang dipajang dalam satu ruangan. Tak hanya itu, beberapa koleksi rempah-rempah dan alat kesehatan juga ada di ruangan tersebut. 

Selanjutnya ada ruangan khusus koleksi berbagai jenis senjata peninggalan negara penjajah, seperti Belanda, dan Jepang.

Menutup pertemuan di lantai dasar, J Sinaga berpesan agar generasi bangsa saat ini mengetahui sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya, dari situlah muncul nilai-nilai nasionalisme," ucapnya.

Baca Juga: Kisah Sukarno yang Diasingkan di 7 Penjara Ini, Termasuk di Sumut

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalaman unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di saat mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya