Comscore Tracker

Asyiknya Wisata Edukasi Pantai Mangrove di Serdang Bedagai

Berwisata sambil belajar pasti seru

Medan, IDN Times- Berwisata sambil belajar pasti seru. Apalagi, berwisata sambil menikmati udara yang sejuk, lalu menambah wawasan akan pentingnya lingkungan. Hal ini bisa dilakukan oleh siapapun, jika berkunjung ke wisata edukasi Pantai Mangrove di Kabupaten Serdang Bedagai.

Nah, berikut ini IDN Times merangkum informasi pengalaman menarik, yang bisa ditemukan di Pantai Mangrove. Yuk simak di sini!

1. Lokasi wisata

Asyiknya Wisata Edukasi Pantai Mangrove di Serdang BedagaiInstagram.com/@wisatamangrove_kampoengnipah

Patai Mangrove berlokasi di Desa Sei Nagalawan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatra Utara. Pantai yang dikenal mampu melindungi pantai dari abrasi ini memiliki pesona tersendiri. Kamu juga akan disuguhi luasnya area mangrove dan jenis - jenis yang beragam. 

Baca Juga: Pesona Pantai Cemara Kembar di Sergai, Sering Jadi Tempat Prewedding

2. Sejarah singkat

Asyiknya Wisata Edukasi Pantai Mangrove di Serdang Bedagaiilustrasi penanaman mangrove (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Pantai mangrove yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai ini juga disebut Pantai Mangrove Nipah. Pantai ini dinilai cukup sulit untuk para nelayan mencari ikan. Oleh karena itu, para nelayan mencari tahu potensi laut apa yang bisa dikembangkan. Dan benar saja ide datang, dengan membuat penangkaran lobster. Namun penangkaran ini gagal. Karena ombak laut di Pantai Nipah besar. Sehingga air laut sering masuk ke rumah warga. 

Lalu muncul ide inisiatif pribadi warga untuk menanam mangrove. Kemudian setelah mangrove tumbuh subur, barulah warga membuat tambak untuk budidaya lobster. Tekat dan niat warga yang kuat ini, berhasil membuat pantai lebih aman. Airnya sering membanjiri rumah warga ini terlindungi dengan pohon mangrove.

3. Edukasi dan wisata kuliner

Asyiknya Wisata Edukasi Pantai Mangrove di Serdang BedagaiInstagram.com/@tama_sgn

Ketika kamu berkunjung di Pantai Mangrove Nipah ini, kamu akan mendapatkan berbagai pengalaman seru. Mulai dari belajar, bagaimana cara menanam pohon bakau yang benar, dan membuat produk turunan olahan dari mangrove. Hingga memanen hasil budidaya lobster. 

Selain itu, kamu juga akan menemukan berbagai jenis kuliner. Makanan ala Kabupaten Serdang Bedagai yang dikenal mempunyai cita rasa khas. Untuk harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

4. Fasilitas hingga penginapan

Asyiknya Wisata Edukasi Pantai Mangrove di Serdang BedagaiInstagram.com/@wisatamangrove_kampoengnipah

Pantai Mangrove Nipah ini menyediakan berbagai fasilitas yang umum dijumpai. Seperti tempat parkir yang luas dan tempat salat. Bagi pengunjung yang ingin menginap, bisa memilih homestay terdekat dengan lokasi wisata. 

Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata ini dikenakan biaya retribusi berkisar Rp-10 ribu - Rp20 ribu.  

Itulah informasi menarik yang kamu temukan di Pantai Mangrove Nipah ini. Belajar sambil berwisata merupakan kombinasi yang sangat mengasyikkan, dan menambah wawasan kan?

Baca Juga: Wisata ke Pantai Bali Lestari di Sergai, Bisa Main Parasailing

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya