Comscore Tracker

Wisata Sawah Jadi Pilihan Liburan di Punden Rejo, Tiket Cuma Rp5 ribu

Kuota para pengunjung dibatasi oleh Gugus Tugas

Deli Serdang, IDN Times - Wisata sawah bisa menjadi alternatif bagi yang bingung dan khawatir dengan kerumunan, karena pandemik COVID-19. Serta menenangkan diri, dari hiruk pikuk di tengah kota metropolitan.

Salah satunya adalah wisata Sawah Punden Rejo, Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang. Untuk harga tiket masuk dikenakan biaya Rp5 ribu perorang berbeda dengan parkiran motor ataupun mobil Rp3 ribu dan Rp5 ribu.

1. Kuota para pengunjung dibatasi oleh Gugus Tugas

Wisata Sawah Jadi Pilihan Liburan di Punden Rejo, Tiket Cuma Rp5 ribuSuasana wisata sawah Punden Rejo (IDN Times/Indah Permata Sari)

Kepala Desa Punden Rejo, Misno mengatakan bahwa libur di momen lebaran para pengunjung dibatasi. Sebelumnya, para pemgunjung mencapai 2 sampai 3 ribu pengunjung, apalagi saat akhir pekan dan hari liburan.

"Untuk sekarang ini dibatasi oleh Gugus Tugas hanya seribu pengunjung. Dan kalau hari libur, kita siapi juga fasiltas hiburan yaitu kibot supaya pengunjung tak jenuh ada hiburan kibot," jelasnya.

Baca Juga: Cerita Misno, Bikin Wisata Sawah untuk Dongkrak Ekonomi Masyarakat

2. Pengelola Punden Rejo adalah warga sekitar desa untuk bangkitkan ekonomi

Wisata Sawah Jadi Pilihan Liburan di Punden Rejo, Tiket Cuma Rp5 ribuSuasana wisata sawah Punden Rejo (IDN Times/Indah Permata Sari)

Dirinya mengatakan bahwa, dengan adanya wisata sawah ini para warga sekitar di Desa dapat berpengaruh di sektor ekonomi karena ikut serta dalam aktifitas di Punden Rejo.

"Terutama anak muda, remaja masjid, karang taruna, bisa mengelolanya. Begitu juga ibu-ibu jual kuliner," ujarnya.

Tak jauh dari lokasi, tepatna berseberangan dari wisata sawah Punden Rejo terdapat juga wisata kuliner yang merupakan bagian dari Punden Rejo.

Wisata kuliner ini hanya dibuka saat hari Sabtu dan Minggu terkhusus saat pagi hari, untuk pengunjung nikmati sarapan ataupun kuliner khas tradisional.

3. Misno berharap Pemerintah dapat bantu stabilkan air pasang surut agar pengunjung bisa nikmati wisata air dengan aman

Wisata Sawah Jadi Pilihan Liburan di Punden Rejo, Tiket Cuma Rp5 ribuPara pengunjung saat menikmati wisata air di Punden Rejo (IDN Times/Indah Permata Sari)

Selain tempat wisata sawah, ada genangan sungai yang mengalir dilokasi sawah. Hal ini dimanfaatkan pengelola untuk dapat dinikmati pengunjung seperti wisata air sampan dan lainnya.

Dari wisata air tersebut, Misno berharap Pemerintah Kabupaten dan Provinsi dapat lebih memperhantikan kondisi untuk menstabilkan air tersebut dikarenakan terkadang surut dan pasang.

"Makanya kami juga mohon bantuan dan peran serta khususnya kepada pemerintah supaya wisata air ini betul-betul bisa di stabilkan airnya terutama di sini harus dibuat tembok ataupun sejenis Bronjong. Supaya pengunjung juga nyaman beraktifitas atau menikmati wisata air," ujarnya.

4. Wisata sawah Punden Rejo jadi tempat nyaman untuk liburan

Wisata Sawah Jadi Pilihan Liburan di Punden Rejo, Tiket Cuma Rp5 ribuNikmati kuliner ditengah sawah di Punden Rejo (IDN Times/Indah Permata Sari)

Rosdiana sebagai salah seorang pengunjung asal dari wilayah Delitua mengatakan tempat wisata Punden Rejo ini sangat bagus dan nyaman untuk berwisata.

Ia datang bersama anak dan temannya, untuk kali pertama dan memilih tempat ini karena ingin menenangkan diri dari kepenatan dan kerumunan.

Untuk informasi saat ini ada 3 tempat wisata sawah di Sumatera Utara khususnya Deli Serdang yakni Paloh Naga yang berlokasi daerah Pantai Labu, Pematang Johar di Labuhan Deli, dan ini kali ketiganya Punden Rejo di Tanjung Morawa.

Baca Juga: Paloh Naga, Nikmatnya Makan di Pinggir Sawah dan Bayar Pakai Kayu

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya