Comscore Tracker

Taman Wisata Alam Sibolangit Dibuka Lagi, Mesti Boking Online Dulu

Pengunjung wajib terapkan protokol kesehatan

Medan, IDN Times - Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit telah kembali dibuka pada 14 Oktober 2020. Ini menjadi alternatif setelah jalur pendakian Gunung Sibayak ditutup pada 15 Oktober 2020.

Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit Kabupaten Deli Serdang, yang sempat ditutup pada tanggal 26 Maret 2020. Hal ini sesuai dengan keputusan Direktur Jendral (Dirjen) KSDAE yang juga diperkuat dengan surat sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumatera Utara nomor 335/GTCOVID-19/IX/2020, pada tanggal 4 September 2020 kemarin lalu.

"Pengunjung dapat menikmati alam, edukasi pendidikan konservasi lingkungan, pendidikan konservasi satwa liar, pengamatan burung Bangkong, dan Forest healing," ujar Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Hotmauli Sianturi.

1. Pengunjung wajib terapkan protokol kesehatan

Taman Wisata Alam Sibolangit Dibuka Lagi, Mesti Boking Online Dulu

Hotmauli juga menjelaskan, selama berada di dalam kawasan tersebut, pengunjung wajib mengikuti aturan protokol kesehatan yang sudah di tentukan oleh pemerintah.

"Para pengunjung nantinya wajib menggunakan masker, wajib mencuci tangan pada tempat yang sudah disediakan, gunakan hand sanitizer, melakukan cek suhu tubuh, pembatasan jarak kurang lebih 1,5 meter dan tetap menjaga kebersihan, " tambah Hotmauli.

2. Sementara Tempat wisata Gunung Sibayak ditutup karena adanya penampakan Harimau

Taman Wisata Alam Sibolangit Dibuka Lagi, Mesti Boking Online Dulu

Sementara itu, baru-baru saja tempat wisata Gunung Sibayak telah ditutup dikarenakan adanya penampakan Harimau Sumatera pada beberapa hari lalu di jalur pendakian menuju puncak Gunung Sibayak.

Hal ini disampaikan oleh, Dinas Kehutanan Sumatera Utara melalui surat resmi yang di sampaikan pada hari Kamis (15/10/2020). Sehingga, dilakukan tindaklanjut melalui surat edaran resmi dengan nomor 552/669/TAHUR-BB/10/2020 pada tanggal 8 Oktober 2020 perihal penanganan konflik Harimau Sumatera di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura), Bukit Barisan.

Baca Juga: Muncul Harimau, Objek Wisata Gunung Sibayak di Tutup Sementara

3. TWA dibuka setiap hari mulai pagi hingga sore

Taman Wisata Alam Sibolangit Dibuka Lagi, Mesti Boking Online Dulu

Asyiknya, saat ini masyarakat pada akhir pekan ini tak lagi bingung untuk dapat menikmati hari libur bersama keluarga, maupun teman-teman ke Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit.

Kepala Resort TWA Sibolangit, Samuel Siahaan mengatakan tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore.

"Masyarakat dapat memboking tiket masuk melalui online dengan link : http://bit.ly/bookingTWASibolangit atau dapat menghubungi ke nomor 082162163074 atas nama Kepala Resort TWA Sibolangit, Samuel Siahaan," ujarnya.

4. Harga tiket berbeda dengan para wisatawan mancanegara

Taman Wisata Alam Sibolangit Dibuka Lagi, Mesti Boking Online Dulu

Untuk harga tiket, Samuel mengatakan harga tiket sesuai dengan peraturan pemerintah no 12 tahun 2014.

"Untuk di hari biasa, pengunjung di kenakan biaya Rp 5 ribu per orang. Sedangkan di hari libur, pengunjung di kenakan Rp 7.500 per orang, " ujarnya.

Harga tersebut berbeda dengan untuk wisata mancanegara. Di hari biasa, turis di kenakan biaya sebesar Rp100 ribu per orang,  Sedangkan di hari libur, turis di kenakan biaya Rp 150 ribu per orang.

5. Batas jumlah pengunjung 286 orang

Taman Wisata Alam Sibolangit Dibuka Lagi, Mesti Boking Online Dulu

Namun, untuk jumlah pengunjung perharinya dibatasi oleh pengelola. Batas jumlah pengunjung, hanya berjumlah 286 orang.

Pengunjung dapat menikmati alam, di antaranya edukasi pendidikan konservasi lingkungan, pendidikan konservasi satwa liar, pengamatan Burung Rangkong, dan Forest healing.

"Kembalinya dibuka kembali TWA ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan perekonomian masyarakat sekitar. Dengan adanya multiplier effect, serta mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dan tetapnya protokol kesehatan tetap dijaga ketika berada di kawasan TWA, " tutupnya.

Baca Juga: Pendaki Sibayak Harus Waspada, Ada Harimau Muncul di Jalur Jaranguda

Topic:

  • Indah Permatasari Lubis
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya