Comscore Tracker

Pasca Gunung Sinabung Meletus, Ini 7 Tempat Wisata Baru di Tanah Karo

Jangan takut berwisata ke Tanah Karo ya, Guys

Agustus 2020 tepat 11 tahun sejak pertama kali Gunung Sinabung di Kabupaten Karo meletus. Teranyar Sinabung erupsi hebat pada 8 Agustus 2020.

Peristiwa ini sempat menggemparkan Indonesia. Ada beberapa desa yang hilang akibat letusan ini. Tempat wisata ada beberapa yang tidak bisa dikunjungi lagi.

Namun tak perlu khawatir, setelah meletus 11 tahun lalu Gunung Sinabung, muncul beberapa tempat berwisata yang bisa dikunjungi untuk sekedar melepaskan kepenatan dari Kota Medan yang penuh keributan lalu lintas dan lainnya.

Yuk simak, ini 7 destinasi baru di Kabupaten Karo:

1. Museum Jamin Ginting

Pasca Gunung Sinabung Meletus, Ini 7 Tempat Wisata Baru di Tanah KaroDok/djangki.wordpress.com

Di tempat wisata ini kamu bisa berwisata sambil belajar sejarah tentang pahlawan nasional Indonesia, yaitu Letnan Jendral Jamin Ginting. Terletak di Desa Suka,  KecamatanTigapanah, Kabupaten Karo.

Museum ini sangat menarik untuk dikunjungi saat akhir pekan.

Di sini kita bisa mengenal sosok pahlawan nasional yang merupakan seorang pejuang kemerdekaan bertekad besar untuk melindungi tanah air.

2. Sopo Juma

Pasca Gunung Sinabung Meletus, Ini 7 Tempat Wisata Baru di Tanah KaroInstagram/@sopojuma_homestay

Sekian banyaknya objek wisata yang menarik, salah satu tempat yang memberikan keindahan taman bunga atau sering disebut taman pelangi yaitu Sopo Juma.

Kehadiran sopo juma menambah daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan untuk memanjakan mata sekaligus refreshing bersama keluarga, teman, sahabat, bahkan pasangan.

Tempat ini tentunya menjadi swafoto dengan pesona keindahan taman bunga yang melatarbelakangi menjadikan foto-foto epic. Selain menjadi tempat swafoto, tempat ini juga dapat menikmati pemandangan taman dan alam disekitar berupa panorama Danau Toba yang cukup populer di Indonesia hingga Mancanegara.

Baca Juga: Ini 16 Kepala Daerah di Sumut yang Terbukti Maling Uang Rakyat

3. Taman Madu Efi

Pasca Gunung Sinabung Meletus, Ini 7 Tempat Wisata Baru di Tanah KaroDok/Blogspot Taman Madu Efi

Wisata ini terletak di Jalan Kabanjahe, Siosar, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Di Taman Madu Efi terdapat sekitar 7 cluster peternak lebah yang langsung dikelola oleh pemiliknya Felix Zulhendri.

Tak hanya itu, tempat seluas ini dilengkapi juga berbagai spot atau arena wisata dengan tujuan untuk memuaskan para wisatawan yakni peternakan sapi dan kuda. Uniknya, bunga disini tumbuh sepanjang tahun dengan warna-warna yang menyegarkan, salah satu contoh bunganya yaitu bunga sulfur cosmos.

4. Wisata Kopi

Pasca Gunung Sinabung Meletus, Ini 7 Tempat Wisata Baru di Tanah KaroIDN Times/Arifin Al Alamudi

Tak jauh dari Museum Djamin Ginting, kini terdapat ribuan hektare kebun kopi. Di tempat ini

Sebagian besar warga Desa Suka,  KecamatanTigapanah, Kabupaten Karo kini sudah bertani kopi. Nah, wisatawan juga bisa belajar budidaya kopi di tempat ini.

Jika ingin mencicipi hasil panennya, kamu bisa datang ke Kedai Kopi Biji Hitam di Jalan Kolam Renang, Gundaling 1, Berastagi, Karo. Lokasi ini mudah ditemukan karena tidak jauh dari pusat kota.

Ini merupakan kedai kopi pertama di Berastagi menjadi salah satu daya tarik untuk menghangatkan diri. Serta satu-satunya kedai kopi yang mengusung third wave coffee.

Suasana di kedai kopi Biji Hitam ini memiliki ciri khas tradisional seperti tangga yang murni menggunakan material batu. Ketika memasukinya seperti di era yang berbeda dengan kentalnya budaya tradisional yang damai.

5. Taman Alam Lumbini

Pasca Gunung Sinabung Meletus, Ini 7 Tempat Wisata Baru di Tanah KaroInstagram/@pagoda_berastagi

Taman Alam Lumbini Berastagi, yang berlokasi di Berastagi, kabupaten Karo. Kemegahan taman Lumbini ini tak perlu diragukan lagi. Taman ini berbentuk pagoda yang menjadi tempat ibadah bagi para umat Buddha dengan arsitektur yang meninggi cantik nan menawan.

Lebih kerennya, tempat ini pernah mendapatkan rekor MURI yang merupakan salah satu bangunan tertinggi di Indonesia.

Jika diamati, maka pagoda Taman Lumbini ini seperti Pagoda Shwedagon yang berada di Bhurma, Myanmar dengan keindahan nan megah di lapisi cat warna emas.

6. Puncak 2000 Siosar

Pasca Gunung Sinabung Meletus, Ini 7 Tempat Wisata Baru di Tanah KaroPuncak 2000 Siosar (Dok. tfamanasek.com)

Di Puncak 2000 Siosar kamu duduk menikmati secangkir kopi sembari memanjakan mata dengan panorama pemandangan luas beratapkan awan yang berdampingan langit biru.

Diberi nama puncak 2000 dikarenakan daerah ini berapa pada ketinggian 2000 Mdpl. Dari tempat ini kamu dapat melihat Taman Madu Efi, Taman Kebun Green Feast, permukiman dan hamparan perkebunan masyarakat.

7. Kebun Green Feast Siosar

Pasca Gunung Sinabung Meletus, Ini 7 Tempat Wisata Baru di Tanah KaroKebun Green Feast Siosar (Dok. http://greenfeast.co.id/)

Tak jauh dari Taman Madu Efi, ada juga wisata Kebun Green Feast Siosar. Berawal dari kegemaran berkebun dan sejalan dengan kebutuhan masyarakat kini akan makanan sehat, lahirlah Kebun Green Feast pada tahun 2019. 

Kebun Green Feast, sebuah terobosan yang akan menjadi penggagas sayuran sehat dan berkualitas dengan harga terjangkau guna mendukung gaya hidup sehat. Menggunakan berbagai teknik hidroponik terbaik, Kebun Green Feast akan terus berkomitmen untuk menyediakan sayuran serta buah dengan kualitas segar dan terbaik.

Baca Juga: Menakutkan tapi Indah, Inilah 9 Potret Unik Letusan Gunung Sinabung

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya