Comscore Tracker

Ekowisata Dolok Sirikki, Upaya Masyarakat Lindungi Hutan 

Ada beberapa fasilitas nantinya akan dikembangkan

Simalungun, IDN Times - Guna mewujudkan Kelurahan Girsang sebagai kampung wisata, Pokdarwis Harangan Nauli Harangan berupaya menyediakan fasilitas, sarana dan prasarana. Ekowisata di Desa Dolok Sirikki pun direncanakan bisa menarik wisatawan.

Sejumlah spot menarik di Girsang wajib untuk dikunjungi di antaranya pemandangan di Sitombom, Pemandangan di Gala-Gala, Huta Simandalahi, Bukit Simumbang, Air Terjun Halimbingan, dan lainnya.

1. Peduli akan lingkungan dan hutan untuk menjaga sejak dini

Ekowisata Dolok Sirikki, Upaya Masyarakat Lindungi Hutan Suasana wisatawan saat mendaki ke atas bukit Dolok Sirikki (IDN Times/Indah Permata Sari)

Hendrianto Sinaga sebagai Ketua Pokdawis mengungkap alasan Ekowisata Dolok Sirikki ini diciptakan. Berdirinya ekowisata ini didasari dari kepedulian lingkungan terhadap hutan yang ada di Desa sejak tahun 2021, dan menyadari masyarakat akan pentingnya lingkungan sejak dini.

"Harangan Girsang Paradise kita bentuk, sekaligus untuk melarang bagi para penderes pinus agar hutan di Dolok Sirikki ini bisa lestari dan sekaligus ke depannya bisa meningkatkan kehidupan masyarakat disekitarnya lokasi wisata kami," jelasnya.

Baca Juga: Vhi Vhi Resto Tongging, Andalkan Sambal Huta-huta Racikan Sendiri

2. Ditargetkan tahun 2023 akan ada perubahan signifikan

Ekowisata Dolok Sirikki, Upaya Masyarakat Lindungi Hutan Wisatawan disambut tarian di bukit Dolok Sirikki (IDN Times/Indah Permata Sari)

Menurut Hendrianto, sejak tahun 2021 hingga saat ini, ekowisata di Dolok Sirikki ini masih dalam proses dan belum signifikan. Hal ini dikarenakan minimnya edukasi kepada wisatawan.

Dengan begitu, ditargetkan tahun 2023 akan ada perubahan untuk ekowisata di Desa tersebut guna memanjakan wisatawan yang datang untuk berkunjung sambil menikmati keindahan alam di Danau Toba.

"Terutama persawahan dan selanjutnya air terjun 7 tingkat. Artinya itu menjadi ketertarikan wisatawan berkunjung," ucapnya.

3. Ekowisata Desa Dolok Sirikki dipercaya dengan kesakralannya

Ekowisata Dolok Sirikki, Upaya Masyarakat Lindungi Hutan Wisatawan menjajal bukit di Dolok Sirikki (IDN Times/Indah Permata Sari)

Menariknya di ekowisata Desa Dolok Sirikki ini merupakan desa yang dipercaya dengan kesakralan. Hal ini masih berpegang teguh masyarakat sekitar dari nenek moyang mereka. Sehingga, hal ini menjadi daya tarik nantinya bagi para wisatawan yang berkunjung.

"Harapan kami sebagai Pokdarwis dan teman menejemen ekowisata, kepada pihak Pemerintah dan Pariwisata untuk membantu kami menyebarkan tempat wisata kami yang lebih luas dan membantu keterbatasan kami untuk membenahi daerah wisata yang kami sediakan," ungkapnya.

Baca Juga: Asyiknya Mendaki Bukit di Ekowisata Harangan Girsang Paradise 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya