Comscore Tracker

Selain Toba, 8 Danau di Sumut Ini Menarik untuk Dikunjungi

Konon ada yang ikannya dilarang dipancing, bisa musibah

Sumatra Utara sudah lama dikenal dengan keindahan Danau Toba-nya. Danau ini juga memiliki keunikan lainnya yaitu adanya pulau Samosir di tengah danau. Selain itu, danau ini menjadi danau alami terbesar di Indonesia. Tidak heran banyak wisatawan yang berkunjung untuk melihat keindahan Danau Toba.

Ternyata, Sumut juga punya banyak danau yang tidak kalah eksotis dengan Danau Toba. Bahkan beberapa danau ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan. Apa saja danau-danau di Sumut yang menarik untuk dikunjungi ?

1. Danau Siombak

Selain Toba, 8 Danau di Sumut Ini Menarik untuk DikunjungiInstagram.com/kardomotret1212

Danau pertama yaitu Danau Siombak. Danau ini terletak di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara. Danau buatan ini juga diapit dua sungai, yaitu Sungai Deli dan Sungai Terjun. Danau ini terkenal dengan airnya yang berwana kehijauan dan jernih, tetapi tidak berbau.

Danau Siombak selalu ramai dikunjungi maayarakat Medan di akhir pekan atau hari libur. Biasanya masyarakat Medan datang ke Danau Siombak untuk memancing atau menikmati liburan bareng keluarga atau sahabat. Danau ini juga difasilitasi dengan tempat pemancingan, tempat bermain anak-anak (kolam mini, mandi bola, dan lainnya), dan perahu. Untuk masuk ke sini harus membayar Rp2 ribu. Sementara tiket naik sampan harus rogoh kocek Rp15 ribu per orang.

2. Danau Siais

Selain Toba, 8 Danau di Sumut Ini Menarik untuk DikunjungiInstagram.com/pasha_baba

Selanjutnya adalah Danau Siais. Danau ini terletak di Desa Rianiate, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Danau yang berluas 4.500 hektare ini menjadi danau terluas kedua setelah Danau Toba.

Danau Siombak terkenal dengan kepercayaan dan tradisinya. Menurutnya, orang dilarang untuk memancing ikan terutama Ikan Jurung. Ikan Jurung adalah ikan yang dikeramatkan oleh Syaikh yang mendirikan masjid di desa Rianiate. Jika memancing dan memakan ikan ini, maka akan mendapatkan musibah.

Terlepas dari tradisinya, pesona danau ini memang menarik untuk dikunjungi. Apalagi dengan tradisi itu juga buat menjaga ekosistem danau. Danau ini semakin cantik untuk dilihat saat berada di bukit dan hutan yang mengelilinginya.

3. Danau Aek Natonang

Selain Toba, 8 Danau di Sumut Ini Menarik untuk DikunjungiInstagram.com/onetwocapture

Ada juga Danau Aek Natonang. Danau ini berada di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Danau ini dijuluki "Danau di atas danau". Karena danau ini terletak di pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba. 

Masyarakat Desa Tanjungan menyebut danau ini sebagai Pea Aek Natonang. "Pea" yaitu danau kecil sedangkan "Aek Natonang" yaitu air yang tenang. Sesuai namanya, air danau ini memang tenang dan bisa menenangkan hati saat berkunjung disini.

Danau ini terletak di atas ketinggian 1.499 meter di atas permukaan laut. Volume airnya yaitu 100.000 meter kubik dan berkedalaman 20 meter. Danau Aek Natonang saat ini masih dipersiapkan oleh Pemerintah Kab.Samosir sebagai danau rekreasi.

4. Danau Tao

Selain Toba, 8 Danau di Sumut Ini Menarik untuk DikunjungiInstagram.com/andriawanimage

Danau Tao adalah salah satu danau di Sumut yang wajib untuk dikunjungi. Danau ini terletak di Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara. Danau ini terkenal dengan hamparan padang rumput yang luas. 

Danau ini berluas sekitar 2 hektare. Nama danau ini diambil dari bahasa setempat yakni "Danau-Danau". Danau ini semakin indah dengan perbukitannya yang tinggi. Serasa berada di film Teletubbies.

Jika ingin mengunjungi danau ini, anda bisa naik kendaraan umum atau angkutan umum. Untuk angkutan umum rutenya adalah Medan - Parapat - Tarutung - Sibolga - Padang Sidempuan sekitar 15 jam perjalanan. Untuk angkutan umum bisa dari Terminal Amplas dan naik bus jurusan Tapanuli dengan biaya Rp 150 ribu. Turunnya di Gunung Tua dan dilanjutkan dengam bus jurusan Gunung Tua - Pasar Matanggor - Batang Onang dengan biaya Rp 25 ribu.

Baca Juga: Selain Danau Toba, Ini 10 Danau Terbesar di Indonesia

5. Danau Lau Kawar

Selain Toba, 8 Danau di Sumut Ini Menarik untuk DikunjungiInstagram.com/kalak_karo

Ada lagi Danau Lau Kawar yang jadi salah satu destinasi danau di Sumut. Danau ini terletak di Kuta Gugung, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Danau ini juga berada di kaki Gunung Sinabung dan menjadi danau vulkanik yang indah. 

Danau ini menawarkan keindahan yaitu alam pegunungan dan hutan tropisnya. Selain itu air danau ini juga tenang dan dapat memanjakan mata.

Walaupun sempat sepi pengunjung akibat erupsi Gunung Sinabung, namun masih ada yang berkunjung ke Danau Lau Kawar untuk menikmati keindahannya. Untuk biaya masuk dan parkirnya tidak sampai Rp20 ribu.

6. Danau Linting

Selain Toba, 8 Danau di Sumut Ini Menarik untuk DikunjungiInstagram.com/karo_kreatif

Rekomendasi danau di Sumut lainnya yaitu Danau Linting. Danau ini terletak di Jalan Simpang, Desa Gn.Manumpak, Desa Sibunga-bunga, Desa Durian IV Mbelang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Danau ini terkenal dengan airnya yang kehijauan biru dan pohon beringin yang eksotis.

Air danau ini juga hangat. Jadi bisa untuk relaksasi sambil menikmati keindahan Danau Linting. Air danau ini juga memiliki aroma belerang yang saat ini masih misterius asal sumbernya.

Walaupun begitu, sebaiknya kita tidak menyelam ke tengah danau. Hal ini terjadi karena sudah ada beberapa korban tewas akibat tenggelam di danau ini. Namun, kita bisa menikmati keindahannya di sekitaran danaunya saja. 

7. Danau Marsabut

Selain Toba, 8 Danau di Sumut Ini Menarik untuk DikunjungiInstagram.com/latifa_khairani_15

Ada lagi yaitu Danau Marsabut yang juga tak kalah indahnya. Danau ini terletak di Dusun Janji Lobi, Desa Bunga Bondar, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Danau ini masih jarang diketahui publik karena akses jalannya yaitu rata-rata tanjakan. Untuk berkunjung kesana, hanya bisa dicapai dengan kendaraan pribadi.

Walaupun begitu, danau ini menawarkan sisi eksostismenya yaitu hutan tropis dan danaunya yang tenang. Suasana danaunya yang tenang membuat hati dan pikiran jadi rileks. Ditambah kawasan danau ini bebas dari tiket masuk. Selain itu ada prasasti yang ditandangani presiden Soeharto yang kini kurang terawat.

8. Danau Sidihoni

Selain Toba, 8 Danau di Sumut Ini Menarik untuk DikunjungiFacebook.com/DANAU TOBA-Samosir

Rekomendasi terakhir destinasi danau di Sumut yaitu Danau Sidihoni. Danau ini terletak di Kecamatan Panguruan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Sama seperti Danau Aek Natonang, danau ini juga dijuluki sebagai "Danau di atas danau". 

Keindahan danau ini tedapat pada pemandangan bukit landai yang hijau. Ditambah deretan pepohonan pinus yang menarik. Namun, danau ini jarang dikunjungi wisatawan karena terbatasnya prasarana transportasi. Namun, tak ada salahnya jika ingin mengunjungi Danau Sidihoni untuk melihat langsung keindahannya.

Itulah sekian 8 danau indah di Sumut selain Danau Toba. Semoga bisa masuk dalam daftar destinasi wisata di Sumut yang akan kamu kunjungi. Tertarik kan buat mengunjunginya ?

Baca Juga: 10 Danau yang Dikenal Angker di Sumatra, Termasuk Toba dan Linting

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya