Comscore Tracker

Wisata Air Terjun Janji: Info, Sejarah, dan Rutenya

Konon tempat para Raja mengikat janji

Medan, IDN Times- Tempat wisata yang cukup populer saat ini selain dari pantai adalah air terjun. Selain menawarkan keindahan alam yang tentunya dapat memanjakan mata udara sejuk nya pun membuat wisatawan ingin berkunjung kembali. Salah satunya Air Terjun Janji Bakkara yang berada di Desa Tipang, Kecamatan Baktiraja, Humbang Hasundutan, Sumatra Utara. 

Air terjun ini kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena keunikannya. Berikut informasi soal Air Terjun Janji yang perlu kamu tahu. 

1. Sejarah Air Terjun Janji

Wisata Air Terjun Janji: Info, Sejarah, dan RutenyaAir Terjun Janji (instagram/air terjun janji)

Sejarah air terjun janji berawal pada saat kerajaan Sisingamangaraja. Di mana saat itu Raja Sisingamangaraja mempertemukan tiga raja Batak di lokasi Air Terjun tersebut yakni Raja Manullang, Raja Sinambela, dan raja Marbun. Raja Sisingamangaraja berpesan kepada tiga raja Batak tersebut dua hal yakni tidak boleh terjadi pertikaian antar kelompok, dan menjadikan lokasi air terjun sebagai lokasi untuk mengikat janji sebelum berangkat berperang. 

Nah, ketika wisatawan melakukan janji di lokasi Air Terjun tersebut konon akan segera tertunaikan janjinya. Hal ini dikarenakan sejarah pendahulunya sehingga air terjun tersebut dinamakan Air Terjun janji. Tinggi air terjun tersebut kurang lebih 50 meter hingga ke dasar kolam air terjun.

Udara di sekitar air terjun yang sejuk didukung dengan keindahan alam hutan yang alami.  Kamu juga bisa hunting foto dengan beragam lokasi spot yang bagus.

Baca Juga: Keindahan Air Terjun Saringgana di Hutan TNGL

2. Rute ke Air Terjun Janji

Wisata Air Terjun Janji: Info, Sejarah, dan RutenyaAir Terjun Janji (instagram/tavip_kuswendi)

Untuk kamu yang sedang merencanakan untuk berwisata ke air terjun janji bisa menggunakan Jalan Tol Medan keluar di Tebingtinggi. Lalu kamu bisa melanjutkan ke Jalan lintas menuju Pematangsiantar. Selanjutnya bisa menggunakan jalur lintas Tengah Sumatera dan masuk ke Jalan Muara.

Kemudian bisa melanjutkan menggunakan jalur lintas Sumatera tapian Nauli dan masuk ke Jalan Dolok Sanggul untuk melanjutkan ke Jalan Bakkara. Setelah itu kamu bisa berhenti di Marbun Toroan. 

3. Tidak dipungut biaya untuk masuk ke sini

Wisata Air Terjun Janji: Info, Sejarah, dan Rutenyailustrasi memberi dan menerima uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk harga tiket masuk menuju Air Terjun Janji, wisatawan dimanjakan karena tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Ini dikarenakan amanat dari para sesepuh yang melarang Bang keindahan alam dari air terjun janji tersebut. Pelanggan bisa datang kapan saja karena air terjun janji buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 5 sore setiap harinya. 

Baca Juga: Daftar Rekomendasi Hotel Murah di Humbang Hasundutan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya