Comscore Tracker

7 Oleh-oleh Khas Nias yang Jadi Pilihan Para Pelancong

Makanan dan kerajinannya khas Nias nih!

Nias adalah salah satu daerah tujuan wisata di Sumatra Utara. Keindahan lautnya juga menjadi sasaran para wisatawan untuk bersurfing ria.

Jika sudah ke Nias, wajib kiranya membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat. Ada berbagai kuliner hingga barang yang bisa kamu bawa pulang.

Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Nias yang bisa kamu boyong. Apa saja?

1. Gamumu

7 Oleh-oleh Khas Nias yang Jadi Pilihan Para PelancongKeripik Gamumu (Facebook/Keripik Gamumu "Oya")

Pertama kali yang harus Anda cari adalah gamumu. Yaitu, makanan sejenis keripik dari bahan dasar pisang. Dimana makanan ini sangat khas dari Nias, dan bahan yang terbuat dari pisang Ambon ini terasa gurih dan manis. Sama dengan oleh-oleh makanan ringan kebanyakan, makanan seperti ini memang jadi kegemaran banyak orang sebagai buah tangan.

2. Galame Durian

7 Oleh-oleh Khas Nias yang Jadi Pilihan Para PelancongGalame Nias (Dok.IDN Times/istimewa)

Barang kedua dari oleh-oleh Nias yang juga terlihat khas dan sangat menarik adalah galame durian. Makanan ini adalah dodol dengan rasa buah durian khas Nias yang sangat lezat. 

Karena rasanya adalah rasa durian, maka dodolnya juga terbuat dari daging buah durian tersebut. Itulah yag membuat menarik dari makanan ini.

3. Kain khas Nias

7 Oleh-oleh Khas Nias yang Jadi Pilihan Para PelancongBatik Nias (Shopee.co.id)

Selain jenis makanan, ada juga oleh-oleh Nias yang berbentuk barang. Yaitu, kain khas Nias yang terdiri dari dua macam kain. 

Di antaranya adalah batik Nias dan batik Papua yang merupakan kain sejenis batik. Kain ini sangat spesial yang biasa dipakai sebagai pakaian tradisional Nias. Corak dari kain batik tersebut benar-benar khas dari daerah Nias dan sangat cantik.

4. Kopi Tabaddu Robusta

7 Oleh-oleh Khas Nias yang Jadi Pilihan Para PelancongKopi Tabadu (facebook/Kopi Nias Tabadu)

Banyak orang yang mencari oleh-oleh salah satunya adalah kopi. Termasuk pada daerah ini, juga memiiki oleh-oleh Nias yang khas dari kopinya. Yaitu, Tabaddu Coffee Robusta. Kelebihan dari kopi ini adalah rasanya yang sangat nikmat sebagai sebuah kopi hitam. Selain itu, bisa dinikmati juga dengan menggunakan susu kental manis.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Makan Terhits di Gunungsitoli, Ada Sate Kelelawar

5. Sambal Bubuk Udang

7 Oleh-oleh Khas Nias yang Jadi Pilihan Para PelancongSambal bubuk udang (outletz.id)

Tidak hanya kopi, masih ada yang khas dari Nias yaitu dari sambalnya. Dimana Nias memiliki jenis sambal bubuk udang, yaitu merupakan jenis sambal yang berasal dari bubuk udang yang gurih dan juga pedas.

Dibuat dari udang yang dihaluskan dan dibumbui cabai pedas. Sebagai oleh-oleh Nias, sambal ini merupakan favorit banyak orang.

6. Biga

7 Oleh-oleh Khas Nias yang Jadi Pilihan Para PelancongBiga (daerahwisata.com)

Biga adalah makanan sejenis kue yang sering disebut juga dengan nama Bika. Makanan ini sangat sering dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang datang ke lokasi wisata di daerah Nias. Bahan utamanya adalah madu, dengan rasa manisnya yang sangat khas. Harga sangat terjangkau, rasa tidak menipu. 

7. Saku Nisolo

7 Oleh-oleh Khas Nias yang Jadi Pilihan Para PelancongSaku Nisolo (daerahwisata.com)

Ada lagi makanan khas Nias yang juga unik dan nikmat, yaitu disebut dengan saku nisolo. Merupakan makanan sejenis makanan pokok seperti nasi, yang dibuat dari tepung sagu. Makanan ini digongseng dulu baru disiram dengan santan. Makanan ini cukup nikmat, apalagi jika dimakan dengan lauk pauk lengkap.

Baca Juga: 8 Pulau di Kepulauan Hinako-Nias Barat, Cocok untuk Island Hopping!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya