Comscore Tracker

Lau Sidebuk-debuk, Mandi Air Panas Berlatar Sibayak: Rute dan Harga

Jadi favorit selama liburan

Lau Sidebuk-debuk adalah tempat pemandian air panas favorit warga Sumatra Utara. Pemandian ini terletak di Kabupaten Karo, Sumatra Utara. 

Tempat ini mencakup area yang luas yang memiliki lima kolam dengan tingkat suhu air yang berbeda.  Keunikannya adalah kolam-kolam ini juga memiliki warna yang beragam dari putih hingga biru dengan sarat bau belerang.

Di sana pengunjung dapat menikmati berendam yang menyenangkan di air yang mengepul sambil mengagumi pemandangan hijau di sekitarnya berlatar belakang Gunung Sibayak. Berikut informasi soal Lau Sidebuk-debuk.

1. Keistimewaan Lau Sidebuk-debuk

Lau Sidebuk-debuk, Mandi Air Panas Berlatar Sibayak: Rute dan HargaPemandian Sidebuk-debuk Pariban (instagram/paribanhotspring)

Ada berbagai lapak pemandian Lau Sidebuk-debuk. Kamu tinggal memilih yang sesuai selera. Ada juga yang menyediakan tempat menginap. Salah satunya Pemandian Pariban.

Selain terletak di dataran tinggi – wisata yang paling banyak dicari, pemandian air panas ini juga cukup terkenal dengan aroma belerang atau sulfurnya. Namun, adanya kandungan belerang ini banyak dicari oleh para wisatawan karena belerang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti alergi, panu, kadas, dan jerawat. Pengunjung tidak perlu khawatir untuk berada di satu kolam dengan orang lain karena air di pemandian ini selalu berganti atau bersirkulasi secara terus menerus.

Pemandian ini biasanya ramai pada malam hari. Tentunya berendam di air hangat pada saat suhu dingin memang sangat pas.

Selain kandungan belerangnya, tempat pemandian ini juga dikelilingi oleh panorama indah Gunung Sibayak. Terbayangkan betapa nikmatnya bersantai di kolam air panas sembari menikmati pemandangan hijau yang alami?

Bahkan pemandian air panas ini juga banyak dijadikan tujuan akhir para pendaki Gunung Sibayak. Berendam air panas pastinya adalah pilihan yang tepat untuk melepas lelah setelah melakukan pendakian.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Hotel Favorit di Berastagi, Lebaran ke Sini Yuk!

2. Rute menuju Lau Sidebuk-debuk

Lau Sidebuk-debuk, Mandi Air Panas Berlatar Sibayak: Rute dan HargaPemandian Sidebuk-debuk Pariban (instagram/paribanhotspring)

Untuk mencapai ke tempat ini, pengunjung perlu menempuh perjalanan sekitar 58 km dengan melalui jalan ke arah Berastagi jika berangkat dari kota Medan. Lalu berhenti di Desa Daulu tepatnya di pos polisi Simpang Sidebuk Debuk. Kamu akan mendapati plang yang bertuliskan “Hot Springs Sidebuk Debuk”.

Setelah itu, kamu perlu melanjutkan 1 km perjalanan dengan berjalan kaki untuk menuju kolam pemandian. Sepanjang perjalanan, kamu akan melihat panorama Gunung Sibayak serta sawah-sawah milik penduduk setempat.

Meskipun berjalan kaki sepanjang 1 km, kamu tidak akan merasa begitu berkeringat karena tempat ini berada di ketinggian 2.100 km mdpl. Ketinggian ini memiliki hawa yang cukup dingin.

3. Harga tiket dan fasilitas Lau Sidebuk-debuk

Lau Sidebuk-debuk, Mandi Air Panas Berlatar Sibayak: Rute dan HargaPemandian Sidebuk-debuk Pariban (paribanhotspring)

Untuk dapat relaksasi di pemandian air panas ini, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp10 ribu tiket masuk. Pengunjung akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir yaitu sebesar Rp5 ribu untuk parkir roda dua dan Rp10 ribu untuk parkir roda empat.

Selain adanya kolam pemandian, tempat ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya seperti kamar ganti, toilet umum, penyewaan pakaian mandi, dan juga penginapan  yang tentunya dengan harga terjangkau.

Dengan telah tersedianya penginapan, kamu tidak perlu khawatir untuk berlama-lama berendam air hangat di tempat pemandian ini. Umumnya, tempat pemandian buka selama 24 jam. 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya