Comscore Tracker

Berwisata ke Aek Sijorni di Tapsel: Info Lokasi, Rute dan Harga Tiket

Air terjun yang selalu jernih kebanggaan warga Tapsel

Sama seperti namanya Aek Sijorni yang berarti air jenih, Air Terjun Aek Sijorni merupakan salah satu objek wisata air terjun yang sangatlah jernih. Berbeda dari air terjun lainnya, Aek Sijorni menjadi kebanggaan masyarakat Tapanuli Selatan ini karena memiliki bentuk yang unik yakni berundak-undak.

Selain itu air yang mengalir selalu bersih meski di musim hujan sekalipun. Tempat wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung terlebih saat hari libur tiba. Termasuk libur lebaran ini. Berikut beberapa informasi soal Aek Sijorni yang perlu kamu tahu.  

 

1. Sekilas tentang Aek Sijorni

Berwisata ke Aek Sijorni di Tapsel: Info Lokasi, Rute dan Harga Tiketpotret pesona Air Terjun Aek Sijorni (instagram.com/aek_sijorni)

Aek Sijorni merupakan air terjun dengan ketinggian 10 meter yang sangat unik karena bentuknya yang bertingkat dengan air yang mengalir jernih di atas bebatuan cadas yang tersusun di atasnya serta beberapa pohon kelapa di sekitarnya menambah pesona kecantikan dari air terjun tersebut.

Kamu dapat merasakan segarnya air yang dingin dan merasakan setiap suara gemericik air yang membawa suasana menjadi tenang sehingga dapat melepas kepenatan dari hiruk pikuk perkotaan.

Objek wisata Aek Sijorni juga dilengkapi dengan kolam renang, sehingga pengunjung bisa bermain air di kolam renang atau di air terjun. Kolam renang ini terletak di samping air terjun, airnya pun sangat jernih karena berasal dari sumber yang sama. Kedalaman kolam ini beragam, ada yang memiliki kedalaman kurang dari satu meter hingga lebih dari satu meter.

Aek Sijorni juga menyediakan wahana bermain anak-anak seperti wahana kereta api mainan dan juga terdapat kolam ikan di sepanjang aliran air. 

Baca Juga: Sejarah Aek Sipangolu Bakkara dan Jejak Sisingamangaraja

2. Lokasi dan rute menuju Aek Sijorni

Berwisata ke Aek Sijorni di Tapsel: Info Lokasi, Rute dan Harga Tiketpotret pesona Air Terjun Aek Sijorni (instagram.com/eddypoenya87)

Aek Sijorni terletak di Jalan Trans Sumatera Bukittinggi-Padangsidimpuan, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara. 

Air terjun ini terletak 30 kilometer dari Padangsidimpuan yang berarti membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai di lokasi. Jika berangkat dari Kota Medan akan memakan waktu kurang lebih 12 jam, baik dengan menggunakan trasnportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Setelah melalui perjalanan 12 jam dari Medan, perjuangan kamu belum selesai. Kamu harus trekking atau jalan kaki terlebih dahulu. Dari area parkir, harus melalui jembatan gantung di atas Sungai Sayur Matinggi yang akan sedikit bergoyang ketika dilewati. Tapi tidak perlu khawatir, karena jembatan tersebut aman untuk dilewati. 

Setelah melewati jembatan gantung, kamu harus menaiki beberapa anak tangga dan jalanan yang cukup menanjak. Akses jalan yang dilewati tidak begitu sulit dan kamu akan mendapati pohon kelapa dan pohon-pohon lainnya yang cukup rindang di sepanjang perjalanan menuju Aek Sijorni.

Butuh 100 meter untuk sampai ke Aek Sijorni yang tentu saja akan menguras sedikit tenaga. Tetapi akan terbayarkan dengan suguhan pemandangan alam yang luar biasa serta suara air yang menenangkan dari Air Terjun Aek Sijorni.

3. Harga tiket masuk Aek Sijorni

Berwisata ke Aek Sijorni di Tapsel: Info Lokasi, Rute dan Harga Tiketpotret pesona Air Terjun Aek Sijorni (instagram.com/aek_sijorni)

Harga tiket masuk kawasan wisata Aek Sijorni ini sangat terjangkau yakni Rp 10 ribu untuk anak-anak dan Rp20 ribu untuk dewasa. Destinasi wisata Aek Sijorni buka setiap harinya dari pukul 07.00 hingga 18.45 WIB waktu setempat.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Aek Sijornih beragam, mulai dari area parkir yang cukup luas, musala kamar ganti, toilet, gazebo dan beberapa warung makanan dan minuman, serta area bermain yang luas.

Baca Juga: Asyiknya Wisata Air Panas Aek Rangat di Pangururan Samosir

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya