Comscore Tracker

Berburu Pemandangan Indah di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang Johar

Tiket masuknya cukup Rp5 ribu 

Medan, IDN Times - Warga Deli Serdang kini punya tempat wisata baru. Tempatnya di Dusun VI Rawa Badak, Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang. 

Desa Pematang Johar diubah menjadi Kampung Wisata Sawah. Hamparan sawah yang hijau menjadi pemandangan yang membuat mata segar. Kampung ini sudah didatangi  wisatawan sejak dibuka 22 Desember 2019.

1. Wisata baru, ramai pengunjung

Berburu Pemandangan Indah di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang JoharKampung Wisata Sawah Desa Pematang Johar (IDN Times/Yurika Febrianti)

Meski terbilang wisata baru, Kampung Wisata Sawah tersebut sudah ramai dikunjungi wisatawan. Hal itu disampaikan Direktur Operasional Kampung Wisata Sawah Zulfadli.

"Alhamdulilah dari segi antusias, masyarakat Desa Pematang Johar sendiri hampir rata semua sudah datang kesini dan masyarakat luar," ujar Zulfadli.

2. Masyarakat di daerah tersebur rata-rata petani

Berburu Pemandangan Indah di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang JoharKepala desa di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang Johar (IDN Times/Yurika Febrianti)

Dengan luas tanah satu hektare, kampung Wisata Sawah tercetus berawal dari keinginan Kepala Desa Pematang Johar yang melihat mayoritas masyarakatnya petani, kemudian dengan area persawahan mencari potensi baru selain hasil padi.

Pengunjung Kampung Wisata Sawah dikenakan biaya kontribusi masuk Rp5 ribu per orang dengan penukaran softdrink. Sedangkan masyarakat Desa Pematang Johar sendiri digratiskan untuk masuk dengan menunjukkan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP).

Baca Juga: Keren! Gang Muhajir, Kampung Tematik Pertama di Pematangsiantar

3. Menawarkan spot selfie menarik

Berburu Pemandangan Indah di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang JoharPengunjung di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang Johar (IDN Times/Yurika Febrianti)

Pemandangan keindahan hamparan sawah hijau nan luas sangat pas untuk menghilangkan penat dan menyegarkan pikiran.

Kampung Wisata Sawah menawarkan bentangan sawah dengan jembatan bambu panjang beserta spot-spot selfie menarik pondok bambu.

4. Berharap memberi efek untuk kemajuan desa

Berburu Pemandangan Indah di Kampung Wisata Sawah Desa Pematang JoharKampung Wisata Sawah Desa Pematang Johar (IDN Times/Yurika Febrianti)

Dengan adanya Kampung Wisata Sawah, Zulfadli yang juga pemuda asli Desa Pematang Johar berharap, wisata tersebut mampu memberi kemajuan untuk Desa tersebut.

"Kami berharap dengan adanya wisata ini masyarakat mendapat efek dengan pendapatan bertingkat, pengangguran berkurang, yang pasti keramah-tamahan kami jaga. Agar demi keamanan dan kenyamanan para pengunjung desa kami," tutupnya.

Baca Juga: Diklaim Jadi Malioboronya Kota Medan, Apa Itu Kampung Millennial?

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya