Comscore Tracker

Indahnya Air Terjun Efrata, Berikut Info Rute dan Harga Tiketnya

Surga tersembunyi di Samosir

Jika kamu ke Samosir ada banyak tempat wisata yang bisa kamu datangi. Tidak hanya Danau Toba tentunya. 

Untuk kamu yang menyukai wisata air terjun, kamu bisa melipur ke Air Terjun Sampuran Efrata. Temapt wisata tersembunyi ini berada di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Samosir, Sumatra Utara.

Letaknya memang cukup jauh dari pusat Kabupaten Samosir. Air terjun ini tersembunyi di balik perbukitan yang membentang di sekitar Danau Toba.

Begitupun jarak yang kamu tempuh tak akan terasa jauh saat kamu melihat keindahan Air Terjun Sampuran Efrata ini. Berikut ulasannya.

1. Rute dan lokasi Air Terjun Efrata

Indahnya Air Terjun Efrata, Berikut Info Rute dan Harga TiketnyaAir Terjun Efrata (instagram.com/vinajessica)

Rute untuk mencapai Air Terjun Sampuran Efrata sangat mudah dilalui baik menggunakan kendaraan bermotor maupun roda empat. Kamu melalui Samosir lalu menuju Kecamatan Harian, kemudian menuju Desa Sosor Dolok.

Jarak tempuh dari Kabupaten Samosir sekitar 1 jam 30 menit atau setara dengan 28 kilometer untuk menuju ke Air Terjun Efrata. 

Untuk menuju ke lokasi utama Air Terjun Efrata, Anda harus melewati kawasan hutan di sekitar Danau Toba. Tidak perlu khawatir karena jalur trekking menuju lokasi utama Air Terjun Efrata tidak berat dan sudah dilengkapi dengan anak tangga berupa susunan paving block yang membuat perjalanan terasa nyaman.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Hotel di Samosir, Sajikan View Danau Toba

2. Pesona Air Terjun Efrata

Indahnya Air Terjun Efrata, Berikut Info Rute dan Harga TiketnyaAir Terjun Efrata (instagram.com/andisyahputra90)

Keindahan Alam Air Terjun Sampuran Efrata yang airnya mengalir menuruni bukit-bukit sudah bisa dilihat dari area parkir. Lokasi objek wisata ini dikelilingi oleh rimbunnya hijau pohon yang sangat menyegarkan mata para pengunjung.

Terdapat juga jembatan yang berada di tengah-tengah aliran air yang berhadapan langsung dengan Air Terjun Efrata. Tentunya dapat menambah kenyamanan pengunjung untuk menikmati Air Terjun Sampuran Efrata dari dekat.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Janji: Info, Sejarah, dan Rutenya

3. Harus berhati-hati mandi di dekat palung utama

Indahnya Air Terjun Efrata, Berikut Info Rute dan Harga TiketnyaInstagram.com/Pecandulangitdanbiru

Air Terjun Efrata menawarkan keindahan alam dan kejernihan air yang tentunya membuat rasa ingin bermain air sangat tinggi. Jika kamu ingin berenang, sebagian titik pada kolam utama tidak telalu dalam. Namun saat mendekati palung utama harus berhati-hati.

 Di sekitar area Air Terjun Sampuran Efrata terdapat beragam keindahan alam yang sangat menakjubkan. Pemandangan alam yang menggiurkan ini tentunya akan memikat para penikmat dunia fotografi untuk membidik objek-objek foto yang ada di area tersebut.

4. Harga tiket dan fasilitas

Indahnya Air Terjun Efrata, Berikut Info Rute dan Harga Tiketnyailustrasi transaksi uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Dengan harga tiket parkir sebesar Rp6 ribu per unit dan tiket masuk sebesar Rp7 ribu per orang Anda sudah bisa menikmati pemandangan yang disajikan Air Terjun Efrata disertai dengan sejuk udara serta suara gemericik air yang menjadi daya tarik objek wisata ini.

5. Tidak ada penginapan di sekitar air terjun

Indahnya Air Terjun Efrata, Berikut Info Rute dan Harga Tiketnyailustrasi tidur (pexels.com/cottonbro)

Untuk kamu yang ingin beristirahat lebih lama dengan menginap, sayangnya tidak ada fasilitas itu di sini. Tapi kamu harus menempuh jarak sekitar 9 sampai 10 kilometer untuk mencari penginapan dari lokasi wisata Air Terjun Sampuran Efrata.

Baca Juga: Info, Harga Tiket, Rute, dan Daya Tarik Air Terjun Pelaruga Binjai

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya