Comscore Tracker

6 Oleh-oleh Khas Pakpak Bharat yang Paling Dicari 

Wajib dibawa pulang nih kalau berkunjung ke Pakpak Bharat

Pakpak Bharat adalah salah satu kabupaten di Sumatra Utara. Pusat kotanya di Kecamatan Salak. Daerah ini terletak di kaki pegunungan Bukit Barisan. Memang daerahnya tidak terlalu besar. Sebelumnya kabupaten ini adalah pemekaran dari Dairi.

Nah, meski daerahnya tidak terlalu besar tapi selalu disinggahi. Termasuk wisatawan maupun urusan kerja. Kalau pulang dari sana, harus kiranya membawa oleh-oleh khas. Apa saja oleh-oleh di Pakpak Bharat yang paling dicari? Yuk, simak!

1. Teh Gambir khas Pakpak Bharat

6 Oleh-oleh Khas Pakpak Bharat yang Paling Dicari Teh Daun Gambir (Facebook/KinindumaPakpak)

Salah satu oleh-oleh yang cukup populer di daerah Pakpak Bharat adalah teh Gambir khas Pakpak Bharat. Yaitu, merupakan the herbal yang bisa dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit maag. 

Walaupun berfungsi untuk pengobatan, tapi ini merupakan teh herbal yang menyehatkan dan bisa dikonsumsi oleh siapapun tanpa harus menderita maag. Kurang rasanya jika tidak membeli teh herbal ini sepulang dari daerah tersebut. 

2. Kerajinan bambu dan kayu

6 Oleh-oleh Khas Pakpak Bharat yang Paling Dicari instagram.com/kerajinan_bambu_bayuwangi

Berikutnya ada juga berbagai kerajinan tangan. Pakpak Bharat memang dikenal banyak menghasilkan kreasi kerajinan tangan. Salah satunya yang paling dikenal adalah kerajinan tangan yang dibuat dari kayu dan bambu, seperti batok kelapa. Bentuk kerajinannya sendiri ada berbagai macam, seperti patung ataupun piala juga bisa ditemukan. 

Pastinya akan sangat menarik jika bisa membawa kerajinan ini sebagai buah tangan atau oleh-oleh Pakpak Bharat yang sangat mengesankan ini.

3. Tenun Oles

6 Oleh-oleh Khas Pakpak Bharat yang Paling Dicari Tenun Oles khas Pakpak (pakpakbharatkab.go.id)

Selain kerajinan tangan, Pakpak Bharat juga dikenal dengan kain tenunannya. Ada beberapa jenis kain tenun yang dihasilkan, tapi yang paling dikenal dan banyak digemari wisatawan adalah kain tenun oles. 

Kain tenun oles atau yang biasa disebut ulos adalah kain khas dari adat Sumatera Utara, jenis ini biasanya dipakai oleh wanita daerah Pakpak Bharat. Namun, jika Anda ingin memakainya bisa dikombinasikan dengan jenis pakaian lainnya. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit dari Dairi yang Wajib Kamu Bawa Pulang

4. Pelleng

6 Oleh-oleh Khas Pakpak Bharat yang Paling Dicari instagram.com/kalak.pakpak

Makanan ini sangat populer dan dikenal sebagai makanan khas Pakpak Bharat. Oleh karena itu, Pelleng ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh Pakpak Bharat yang luar biasa nikmat. 

Walaupun berkuah, tapi bisa dibawa dengan tempat yang sudah disediakan. Bentuk makanan sejenis nasi atau bubur berbumbu dengan campuran daging dan kuah. Pastikan jangan melupakan makanan yang satu ini.

5. Anyaman tikar

6 Oleh-oleh Khas Pakpak Bharat yang Paling Dicari Anyaman dari Pakpak Bharat (docplayer.info)

Tidak hanya kerajinan tangan, Pakpak Bharat juga bisa menghasilkan berbagai anyaman seperti tikar yang cantik multifungsi. Daerah ini memang dikenal untuk anyaman tikarnya, sehingga banyak orang yang memang sengaja mencari jenis anyaman tersebut. 

Bentuk anyaman pun juga bervariasi, tidak hanya tikar tetapi ada juga anyaman tas ataupun yang lainnya. Pastinya akan menarik jika dijadikan oleh-oleh Pakpak Bharat.

6. Kopi Robusta

6 Oleh-oleh Khas Pakpak Bharat yang Paling Dicari Kopi Robusta Pakpak Bharat (Lazada)

Yang terakhir bisa direkomendasikan adalah kopi robusta ala Pakpak Bharat, dimana jenis kopi ini juga merupakan hasil dari masyarakatnya sendiri. Banyak orang yang menyukai kopi, sehingga kopi robusta ini bisa menjadi pilihan menarik untuk sebuah oleh-oleh dari wisata daerah seperti Pakpak Bharat.

Inilah beberapa pilihan untuk mencari oleh-oleh Pakpak Bharat yang menarik dan juga nikmat. Oleh karena itu, jadikan salah satu dari sekian pilihan oleh-oleh khas daerah tersebut. 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya