Comscore Tracker

Traveling Ke Tapanuli Tengah, 5 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Dari makam hingga pulau yang indah

Tapanuli Tengah, IDN Times - Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara atau yang dikenal dengan julukan "Negeri Wisata Sejuta Pesona" adalah daerah dengan keindahan alam yang sangat mempesona.

Bila berkunjung ke daerah yang beragam etnis ini, tentu pengunjung akan menemukan destinasi wisata yang dapat memikat hati.

Selain menyimpan potensi keindahan hamparan alam yang sangat luar biasa, Tapanuli Tengah juga menyajikan wisata religi yang merupakan sejarah peradaban.

Nah, berikut ada 5 objek wisata yang paling popular di Tapanuli Tengah.

1. Titik Nol Islam Nusantara, Makam Mahligai dan Makam Papan Tinggi Barus

Traveling Ke Tapanuli Tengah, 5 Destinasi Wisata yang Wajib DikunjungiDok. IDN Times/IStimewa

Siapa yang tidak tahu dengan nama Kota Barus, kota tertua di bagian Pantai Barat. Jika dari Kota Pandan, ibu kota dari Tapanuli Tengah ini, pengunjung hanya membutuhkan waktu 2 jam dalam perjalanan, atau 70 Km jarak yang harus ditempuh.

Menurut sejarah, dulunya Barus dikenal sebagai salah satu Bandar atau pelabuhan terbesar di Asia.

Selain itu, Kota Barus juga dikenal sebagai kota masuknya agama Islam di Nusantara. Ini dibuktikan dari beberapa makam pedagang dari Timur Tengah yang ditemukan, diantaranya Makam Mahligai dan Makam Papan Tinggi Barus.

Nah, selain menemukan dua objek wisata religi tersebut, pengunjung juga dapat mengunjungi tugu Titik Nol Islam Nusantara.

Tugu Titik Nol Islam Nusantara ini diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 24 Maret 2017. Peresmian tugu ini juga membuktikan bahwa Kota Barus merupakan gerbang masuknya islam di Nusantara.

Nah, selain menemukan situs sejarah, di Kota Barus anda juga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang masuknya ajaran Islam di Nusantara.

Baca Juga: Potensi Wisata Danau Toba di Sekitar Tapanuli Utara Perlu Digali 

2. Pulau Mursala yang memiliki air terjun di tengah laut

Traveling Ke Tapanuli Tengah, 5 Destinasi Wisata yang Wajib DikunjungiDok. IDN Times/IStimewa

Pulau Mursala yang berada di Kecamatan Tapian Nauli ini dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dengan menaiki speed boat dari Pantai Pandan.

Di pulau ini, pengunjung akan menemukan keunikan air terjun yang berada di tengah laut. Selain tidak pernah kering, air terjun ini memiliki air tawar yang langsung jatuh ke permukaan laut.

Jika berkunjung ke pulau ini, pengunjung dapat menikmati panorama bawah laut yang begitu indah. Dengan keanekaragaman biota laut di atas hamparan terumbu karang yang indah, pemandangan ini sangat menjanjikan kenikmatannya untuk dikunjungi.

Keindahan alam yang berada di Pulau Mursala merupakan tampilan unik dan eksotis yang tidak ada duanya di dunia. Keunikan air terjun yang jatuh ke permukaan laut, tentu akan membuat pengunjung merasa kagum jika pergi ke pulau ini.

3. Pulau Putri

Traveling Ke Tapanuli Tengah, 5 Destinasi Wisata yang Wajib DikunjungiDok. IDN Times/IStimewa

Pulau Putri yang berada di Kecamtan Tapian Nauli dapat ditempuh dengan menaiki speed boad. Jarak tempuhnya hanya membutuhkan waktu sekitar 1,2 jam dari Kota Pandan.

Jika berkunjung ke Tapanuli Tengah, tidak klop rasanya jika tidak berkunjung ke pulau yang menyimpan beragam keindahan alam ini.

Di Pulau Putri ini, pengunjung akan dimanjakan dengan menikmati keindahan pasir yang putih dan biru lautnya.

Di sana, pecinta snorkeling juga dapat membawa peralatannya untuk menyelam melihat keindahan bawah laut di Pulau Putri.

Selain dapat menikmati keindahan alam laut, di Pulau Putri ini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan ikan-ikan yang lucu dan indahnya terumbu karang.

4. Pulau Kalimantung

Traveling Ke Tapanuli Tengah, 5 Destinasi Wisata yang Wajib DikunjungiDok. IDN Times/IStimewa

Pulau Kalimantung dikenal dengan panorama alam yang begitu mempesona dan masih alami.

Pulau ini memiliki keindahan air yang jernih kebiruan terhampar sekitar satu hektar.

Di Pulau Kalimantung, pengunjung akan disambut dengan puluhan pohon kelapa yang berbaris. Menyatu dengan paparan hutan lebat nan hijau.

Pulau Kalimantung memang eksotis dan terlihat begitu anggun sejauh mata memandang. Dengan air laut yang berwarna hijau kebiruan, pengunjung juga akan sangat muda untuk melihat ribuan ikan hias yang membayang di pulau ini.

Jika ingin ke pulau ini, pengunjung hanya membutuhkan sekitar 1 jam perjalanan dari Ibukota Tapteng, Kota Pandan.

5. Pantai Pandan

Traveling Ke Tapanuli Tengah, 5 Destinasi Wisata yang Wajib DikunjungiDok. IDN Times/IStimewa

Objek wisata pantai Pandan merupakan salah satu andalan objek wisata yang dimiliki Tapteng. Jarak tempuhnya tidak begitu jauh seperti objek wisata sebelumnya. Lokasinya berada di Ibukota Tapanuli Tengah, Kota Pandan.

Pantai Pandan dengan pantai yang landai dan pasirnya putih, tentu akan membuat pengunjung betah berlama-lama jika datang ke pantai ini.

Di Pantai ini, pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan pemandangan laut yang terhampar luas dan gugusan pulau pulau kecil yang ada di Tapanuli Tengah.

Nah, jika adrenalin anda ingin diuji, pengunjung dapat menaiki banana boat ataupun jetsky untuk mengelilingi hamparan laut yang begitu luas.

Baca Juga: 4 Pulau Ini Wajib Dikunjungi Jika Kamu Datang ke Tapanuli Tengah

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya