Comscore Tracker

Traveling ke Pematangsiantar, 5 Tempat Ini Wajib Kamu Datangi

Ada Patung Dewi Kwan Im tertinggi di Asia Tenggara lho

Pemantangsiantar, IDN Times - Pematangsiantar merupakan kota terbesar kedua di Sumatera Utara.

Bahkan dulunya pernah menjadi Ibukota Sumatera Timur (sebelum berubah nama menjadi Sumatera Utara). Di Kota ini dulunya punya kantor gubernur dan gedung administrasi lainnya.

Kini, Kota Siantar dikenal dengan jajanan kuliner yang nikmat. Selain itu kota 'Sapangambei Manoktom Hite i' ini juga memilik lokasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Pematangsiantar. 

Berikut 5 lokasi wisata yang unik dan seru dikunjungi bersama keluarga dan teman.

1. Patung Dewi Kwan Im tertinggi di Asia Tenggara

Traveling ke Pematangsiantar, 5 Tempat Ini Wajib Kamu DatangiIDN Times/Istimewa

Patung dengan ketinggian mencapai 22,8 meter ini berada di lokasi Vihara Avalokitsvara, Jalan Gunung Pusuk Buhit, Kecamatam Siantar Selatan. Biasanya lokasi ini dipadati umat Budha yang hendak beribadah. Meski menjadi tempat ibadah, masyarakat umum juga bisa berkunjung dan berselfie ria di bawah patung. 

Dikerjakan kurang lebih 3 tahun dengan menggunakan material asli dari Tiongkok, kemegahan paying Dewi Kwan Im diresmikan 15 November 2015. Paying tersebut pun pernah dinobatkan sebagai patung Dewi Kwan Im tertinggi di Asia Tengga pada tahun 2008 oleh Museum Rekor Indonesia (MURI). 

Jika ingin melihat langsung kemegahan patung ini, kita terlebih dahulu menaiki anak tangga di kedua sisi bangunannya. Sebelum naik tangga, kita juga akan melihat 12 patung Sio yang terletak di sisi kiri patung Dewi Kwan Im. 

Baca Juga: Berkat Tangan 3 Ibu Ini, Batik Khas Siantar Sampai ke Amerika Serikat

2. Siantar Zoo atau Taman Hewan Pematangsiantar (THPS)

Traveling ke Pematangsiantar, 5 Tempat Ini Wajib Kamu DatangiIDN Times/Istimewa

Memiliki luas tanah area sekitar 4,5 hektar, Taman Hewan  Pematangsiantar atau yang biasa disebut kebun binatang ini dibuka pada tahun 1936 silam. Taman Hewan Pematangsiantar merupakan taman hewan tertua dan terbaik di Sumatera Utara. 

Kebun binatang terlengkap se-Sumatera Utara ini terdapat ratusan spesies , diantaranya mamalia, unggas, dan reptil. Dengan tarif masuk Rp. 25 ribu,  pengunjung dapat melihat koleksi spesies mamalia lebih dari 51 ekor, spesies unggas lebih dari 113 ekor dan spesies reptil lebih dari 19 ekor. 

Selain untuk tempat edukasi hewan, taman hewan ini juga memiliki ratusan jenis pohon dan pihak pengelola menuliskan keterangan pohon tersebut di batang pohon. Bagi yang membawa anak-anak, taman hewan terlengkap di Sumatera Utara ini juga menyediakan tempat bermain anak. 

3. Taman Beo Pematangsiantar Sebagai Ruang Terbuka Hijau

Traveling ke Pematangsiantar, 5 Tempat Ini Wajib Kamu DatangiIDN Times/Istimewa

Diresmikan tahun 2018 lalu, Taman Beo Pematangsiantar menjadi salah satu objek wisata di Kota Pematangsiantar.

Taman Beo terletak di segitiga Rindam I/BB, Jalan Viyata Yudha, Kecamatan Siantar Sitalasari. 

Taman Beo Pematangsiantar sangat cocok bagi orangtua yang ingin membawa anak-anaknya liburan saat akhir pekan. Di dalam taman, Pemko Pematangsiantar menyediakan tempat bermain anak dan olahraga bagi yang sudah dewasa. 

4. Lapangan Merdeka Pematangsiantar

Traveling ke Pematangsiantar, 5 Tempat Ini Wajib Kamu DatangiIDN Times/Istimewa

Lapangan Merdeka Pematangsiantar dulunya disebut Taman Bunga yang berada di Jalan Merdeka, Kecamatan Siantar Barat. Terletak di inti kota membut para wisatawan mudah untuk mengakses jalan. 

Lapangan Merdeka diperuntukkan bagi masyarakat yang inin berolahraga dengan nuasa alam yang sejuk. Selain itu, lokasi ini juga kerab dijadikan untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. 

Tahun 2018 lalu, Pemko Pematangsiantar menetapkan Lapangan Merdeka sebagai ruang terbuka publik yang bebas dari rokok. Di dalam taman juga dilarang untuk temoat berjualan, sebagai wujud memanjakan masyarakat dan wisatawan yang berkunjung. 

Lapangan Merdeka sendiri diapit Tanah Lapang Haji Adam Malik dan Kantor Dinas Walikota Pematangsiantar. Dibibir lapangan, Pemko Pematangsiantar menyediakan tempat duduk untuk lokasi memandang keindahan Pematangsiantar saat malam hari. 

5. Tugu becak BSA (Birmingham Small Army)

Traveling ke Pematangsiantar, 5 Tempat Ini Wajib Kamu DatangiIDN Times/Istimewa

Lokasi Tugu Becak BSA alias Becak Siantar Asli terletak tepan di samping Lapangan Merdeka. Tugu ini diresmikan Gubernur Tengku Erry Nuradi dan dihadiri langsung pelawak legendari Indro 'Warkop' pada tahun 20016 lalu. 

Sepeda motor BSA merupakan icon Kota Pematangsiantar yang belakangan ini semakin langka. Sepeda motor pabrikan Inggris itu dijadikan sebagai alat transportasi umum di dalam kota. 

Sejak diresmikan, banyak masyarakat Pematangsiantar dan luar derah datang mengunjungi patung yang diatasnya terdapat replika Becak BSA. Kebanyakan mereka datang untuk berselfie ria dengan teman-teman maupun pasangan nya. 

Baca Juga: Uniknya Miniatur Becak BSA Siantar, Sudah Dijual hingga ke Luar Negeri

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya