Comscore Tracker

Gak Banyak yang Tahu, 3 Destinasi Wisata Sejarah di Medan Utara 

Mampir yuk!

Medan, IDN Times – Kota Medan merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara. Objek wiasata di Medan cukup banyak dan populer. Karena itu, tidak heran apabila banyak dikunjungi wisata lokal maupun mancanegara.

Namun Kawasan Medan Utara wilayah yang mencakup Medan Deli, Medan Marelan, Medan Labuhan dan Medan Belawan dari Kota Medan ini masih jarang dikunjungi wisatawan karena tempatnya yang jauh sekitar 15 Km dari pusat Kota.

Berikut suguhan objek wisata Kawasan Medan Utara yang banyak melukis sejarah namun jarang diketahui wisatawan.

1. Masjid Al Osmani

Gak Banyak yang Tahu, 3 Destinasi Wisata Sejarah di Medan Utara Masjid Raya Al Osmani (IDN Times/Yurika Febrianti)

Masjid Al Osmani ini terletak di jalan K.L. Yos Sudarso Kel. Pekan Labuhan sekitar 20 kilometer sebelah utara Kota Medan. Nah sebenarnya Masjid ini adalah Masjid tertua di Kota Medan, dibangun pada tahun 1854 oleh Raja Deli Ketujuh yakni Sultan Osman Perkasa Alam dengan menggunakan bahan kayu pilihan. Kemudian pada 1870 hingga 1872 Masjid yang terbuat dari kayu itu dibangun menjadi permanen oleh anak Sultan Osman, yakni Sultan Mahmud Perkasa Alam yang juga menjadi Raja Deli kedelapan.

Dari pusat kota Medan membutuhkan 30 menit perjalanan untuk tiba dilokasi. Setiba dilokasi kita disuguhkan estetika Masjid yang bercorak  kuning mencolok berpadu dengan warna hijau khas Melayu. Pada pintu Masjid digunakan ornamen Tiongkok, ukiran disetiap bangunan bernuansa India, arsiteknya la Eropa, ornamen-ornamennya bernafaskan Timur Tengah. Kubah tembaga bersegi delalapan mengikuti gaya India.

Baca Juga: Sebelum Tewas, Istri Pemilik Gudang Gas Sempat Menjerit Minta Tolong

2. Vihara Siu San Keng

Gak Banyak yang Tahu, 3 Destinasi Wisata Sejarah di Medan Utara Vihara Siu San Keng (IDN Times/Yurika Febrianti)

Vihara yang selesai dibangun pada tahun 1890 tersebut berada di seberang jalan Masjid Al Osmani. Vihara ini kaya ornamen China terlihat pada atapnya terdapat simbol naga dan berdominan warna merah. Sebagai salah satu cagar budaya Kota Medan, Vihara Siu San Keng merupakan vihara tertua di Kota Medan.

3. Museum Situs Kota China

Gak Banyak yang Tahu, 3 Destinasi Wisata Sejarah di Medan Utara Museum Situs Kota China (IDN Times/ Yurika Febrianti)

Terletak di tepi Danau Siombak Jalan Kota Cina, Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan, tempat situs arkeolog atau dengan nama Museum Situs Kota China itu objek wisata yang menyimpan banyak sejarah.

Lokasinya yang berada didalam sebuah jalanan yang sedikit sempit membuat wisatawan cukup kesulitan menemukan Museum tersebut.

Untuk dapat masuk ke Museum ini, pengunjung tak merogoh koceh dalam dalam. Hanya dengan Rp5 ribu untuk pelajar, Rp10 ribu untuk mahasiswa dan Rp15 ribu untuk umum, pengunjung sudah bisa melihat koleksi peninggalan bukti bukti sejarah tersebut yang berada didalam Museum.

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, 10 Cowok Kece Ini Ternyata Adik Selebriti

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya