Comscore Tracker

Catat, Ini 5 Event Digelar di Sekitar Danau Toba pada Bulan Oktober

Sayang untuk kamu lewatkan

Ngomongin Danau Toba ga akan ada habisnya. Nah Bulan Oktober ini akan ada beberapa event yang akan berlangsung di sekitar Danau Toba

Buat kamu yang pengin liburan ke Danau Toba, catat jadwalnya, ini 5 Event Digelar di Sekitar Danau Toba pada Bulan Oktober.

1. Pesta Budaya Oang-Oang khas Pakpak Bharat

Ekspresi adat dan budaya masyarakat Pakpak Bharat akan tercermin dalam Pesta Budaya Oang-Oang khas Pakpak Bharat pada tanggal 7 dan 10 Oktober 2022.

Akan ada berbagi kegiatan dan Lomba Permainan Tradisional pada pesta budaya ini.

2. Pesta Budaya Njuah Njuah

Pesta Budaya Njuah Njuah akan diadakan di Kota Sidikalang, Kabupaten Dairi pada tanggal 13-15 Oktober 2022.

Pesta budaya ini akan menampilkan event kesenian budaya dan kearifan lokal kabupaten Dairi dengan tujuan melestarikan budaya masyarakat suku Batak.

3. Kongres I Kebudayaan Batak

Catat, Ini 5 Event Digelar di Sekitar Danau Toba pada Bulan OktoberPresiden Jokowi mengenakan baju adat batak toba saat hadiri Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (dok. Sekretariat Presiden)

Tak sampai disitu, di kota Balige kabupaten Toba juga akan diadakan Kongres I Kebudayaan Batak yang melibatkan seluruh tokoh-tokoh Batak yang ada di Sumatera Utara hingga perantauan yang ada di dalam maupun luar negeri. Akan digelar pada tanggal 20-22 Oktober 2022.

Prof. Robert Sibarani selaku ketua umum panitia Kongres Kebudayaan Batak Toba I 2022 menekankan bahwa upaya mewujudkan kongres ini adalah pentingnya merevitalisasi  budaya batak.

“Ada beberapa alasan kenapa kita lakukan kongres kebudayaan batak toba yang pertama ini, yaitu penguatan interaksi budaya dalam tantangan global, sangat terlihat semakin memudarnya budaya batak dalam kehidupan kita masing masing. Bukan hanya dikalangan muda, dikalangan tua pun budaya semakin dilupakan,  tujuan kongres ini adalah revitalisasi dan pelestarian budaya batak melalui pemuda dan milenial yang terlibat, kita punya kearifan lokal kita sendiri dan untuk mengembangkan nya adalah para pemuda saat ini,” ujar Robert.

Kongres Pertama Kebudayaan Batak Toba, akan diadakan pada tanggal 20-22 Oktober 2022 di Hotel Labersa, Balige, Kabupaten Toba, kegiatan ini akan melibatkan seluruh tokoh-tokoh Batak di Sumatera Utara, di perantauan, hingga diaspora di luar negeri.

4. Toba Caldera World Music Festival

Catat, Ini 5 Event Digelar di Sekitar Danau Toba pada Bulan OktoberThe Kaldera Toba Nomadic Escape, destinasi wisata kembara yang bakal menjadi primadona di Toba Caldera Resort (TCR). (Istimewa)

Tak ketinggalan musisi musisi lokal maupun internasional akan menghibur kamu di Toba Caldera World Music Festival yang diadakan di kawasan Toba Caldera Resort.

Akan digelar di The Caldera Nomadic Escape, Sibisa, Toba pada 22-23 Oktober 2022.

5. Karo Music Camp

Catat, Ini 5 Event Digelar di Sekitar Danau Toba pada Bulan OktoberAir terjun Sipiso-piso, Tongging

Terakhir tentunya tak kalah menarik yaitu Karo Music Camp yang merupakan satu dari 3 event Danau Toba yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kemenparekraf/Baparekraf.

Karo Music Campakan digelar di Desa Tongging, Karo tanggal 29-30 Oktober 2022.

Itulah 5 event yang akan berlangsung di kawasan Danau Toba. Kamu hadiri yang mana, guys?

Baca Juga: 6 Pulau Indah yang Wajib Kamu Singgahi Kalau ke Tapanuli Tengah

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya