2018 Dikunjungi 378.649 Wisatawan, 2019 Samosir Gelar Event Nasional

Petakan potensi wisata dalam tiga cluster

Samosir, IDN Times - Tingkat kunjungan ke objek-objek wisata di Danau Toba kawasan Kabupaten Samosir "Negeri Indah Kepingan Surga" mengalami kenaikan setiap tahun.

Kepala Dinas Pariwisata Samosir, Ombang Siboro mengatakan, kunjungan tahun 2018 mencapai 378.649 orang, meningkat 36,18 persen dari tahun sebelumnya.

Dikatakan, angka itu menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Samosir, dan pendorong untuk melakukan pembenahan dalam upaya lebih meningkatkan kunjungan tahun 2019.

Promosi wisata, peningkatan  sarana prasarana pendukung objek wisata dan even tahunan Horas Samosir Fiesta masuk dalam kalender even nasional Kementerian Pariwisata tahun 2019. 

Untuk tahun 2019, Pemkab menyiapkan 40 tempat wisata unggulan, prioritas dan rintisan yang dituang dalam rancangan induk pengembangan objek wisata.

Baca Juga: Catat Tanggalnya, Ini Event Pariwisata Akbar di Sumut Tahun 2019

1. Siapkan Rancangan Induk Pengembangan Objek Wisata Danau Toba

2018 Dikunjungi 378.649 Wisatawan, 2019 Samosir Gelar Event Nasionalmichellefranclee.com

Pemerintah Kabupaten Samosir bersiap mendatangkan banyak wisatawan di tahun 2019. Untuk itu, serangkaian event disiapkan. Semuanya dirangkum dalam Calendar of Event 2019.

Samosir juga menyiapkan Rancangan Induk Pengembangan Objek Wisata (RIPO) untuk mengembangkan Danau Toba.

Dari beberapa kabupaten yang ada di Kawasan Danau Toba, hanya Samosir yang memiliki event di Calendar of Event nasional.

Pada tahun ini, Horas Samosir Fiesta masuk dalam 100 Top Event Nasional.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Ombang Siboro menuturkan, arus kunjungan wisatawan ke Danau Toba akan maksimal tahun 2019. Karena, Samosir sudah menyiapkan beragam event terbaik.
 
"Kami yakin, jumlah kunjungan wisatawan ke Samosir akan meningkat. Kami saat ini masih melakukan finalisasi Calendar of Event Samosir 2019. Yang jelas sudah ada Horas Samosir Fiesta. Event ini menjadi gengsi daerah karena yang lain belum ada. Di sekitar Danau Toba, baru Samosir yang masuk 100 Top Event Nasional. Kalau event-eventnya sudah siap, pasti kami publikasikan," tuturnya seperti dilansir Pelita Batak, Kamis (17/1).

2. Membagi potensi wisata dalam tiga cluster

2018 Dikunjungi 378.649 Wisatawan, 2019 Samosir Gelar Event Nasionalinstagram.com/samosir_visit

Selain beragam atraksi, Samosir juga siap mengembangkan kawasan Danau Toba. Caranya melalui Rancangan Induk Pengembangan Objek Wisata (RIPO).

Dalam RIPO tersebut, Samosir membagi potensi wisatanya menjadi tiga cluster besar. Ada Destinasi Wisata Unggulan, Destinasi Wisata Prioritas, hingga Destinasi Wisata Rintisan.

Dengan rincian 10 Destinasi Wisata Unggulan. Ada juga 12 Desitinasi Wisata Prioritas, lalu 18 Destinasi Wisata Rintisan.

Baca Juga: Gak Cuma Danau Toba, Ini 5 Tempat Wisata yang Instagenic di Sumut

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya