Nyaris Tumbang dari Sada Sumut, Penalti Selamatkan Persiraja

Dua gol Sada Sumut FC dicetak pemain asal Aceh

Banda Aceh, IDN Times - Sada Sumut FC nyaris mempermalukan Persiraja Banda Aceh di hadapan publik Laskar Rencong dalam laga uji coba di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Aceh, Rabu (23/8/2023) malam. Beruntung, hadiah penalti menyelamatkan muka tim tuan rumah, skor 2-2.

Dua gol Sada Sumut FC diciptakan pemain asal Aceh, Maulana Khalidi. Sedangkan dua gol balasan Persiraja Banda Aceh dicetak Al Muzanni dan Alan Machado.

1. Petaka Persiraja kala sang kiper blunder saat membuang bola

Nyaris Tumbang dari Sada Sumut, Penalti Selamatkan PersirajaPersiraja Banda Aceh menjamu Sada Sumut FC di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Aceh. (Dokumentasi Iskandar untuk IDN Times)

Sejak peluit babak pertama ditiup, anak asuh Suharto coba menguasai permainan dengan menampilkan umpan-umpan pendek. Sesekali melakukan penekanan ke pertahanan tuan rumah, Persiraja Banda Aceh.

Laskar Rencong yang coba mengambil penguasaan bola malah berujung celaka pada menit keempat. Anak asuh Budiardjo Thalib coba menarik mundur bola ke arah penjaga gawang. Sayang, Ravi Murdianto yang coba membuang bola melakukan kesalahan.

Bola yang disepak penjaga gawang Laskar Rencong itu malah membentur Maulana Khalidi, penyerang Sada Sumut FC, dan berujung masuk ke gawang klub asal ibu kota Provinsi Aceh tersebut. Skor 0-1 untuk Sada Sumut FC.

Baca Juga: Lolos Tes Kesehatan, Penyerang Argentina Malah Batal Gabung Persiraja

2. Penyerang asal Aceh Timur kembali cetak gol kedua

Nyaris Tumbang dari Sada Sumut, Penalti Selamatkan PersirajaKapten Sada Sumut Aidun Sastra Utami (instagram/sadasumutfc)

Unggul satu gol tidak membuat skuad Laskar Simbisa menghentikan gempuran ke pertahanan Laskar Rencong. Agus Suhendra dan kawan-kawan jatuh bangun untuk menutup peluang yang diciptakan oleh anak asuh Suharto.

Walaupun tertinggal 0-1 dari tim tamu tidak menjadikan Husnuzhon dan kawan-kawan patah arang. Mereka juga sesekali coba menekan pertahanan tim asal Provinsi Sumatra Utara tersebut. Namun belum juga mampu menyamakan kedudukan.

Pertengahan babak pertama, Sada Sumut FC coba menunjukkan kualitas mereka dengan menonjolkan permainan dalam penguasaan bola. Variasi umpan pendek maupun panjang, coba ditusuk ke jantung pertahanan Persiraja Banda Aceh.

Maulana Khalidi, pemain asal Kabupaten Aceh Timur itu menunjukkan percaya dirinya dengan ancaman-ancaman di gawang Laskar Rencong. Terbukti, menit 32, dia menambah satu gol untuk timnya usai mengkonversi bola muntah Ravi Murdianto. Skor 0-2 untuk Sada Sumut FC.

Mengungguli tim tuan rumah, anak asuh Suharto sedikit mengurangi tekanan hingga babak pertama berakhir tanpa ada penambahan gol maupun balasan.

3. Gol penalti selamatkan Persiraja Banda Aceh di hadapan publik sendiri

Nyaris Tumbang dari Sada Sumut, Penalti Selamatkan PersirajaPersiraja saat menjamu Sada Sumut FC (instagram/persiraja_official)

Tak mau malu di hadapan publik sendiri, Husnuzhon dan kawan-kawan kembali mencoba melakukan perlawanan di babak kedua. Sejumlah peluang diciptakan skuad Laskar Rencong, namun sayang belum juga membuahkan hasil.

Gemuruh dari pendukung Persiraja Banda Aceh baru pecah di Stadion Harapan Bangsa di menit 60 ketika Al Muzzani menyarangkan bola ke gawang Sada Sumut FC. Tembakannya tak mampu dibendung Janu. Skor 1-2.

Gol tersebut membuat gaya dan tensi permainan kedua tim semakin tinggi. Tim tuan rumah mendapatkan hadiah penalti menit 90+ usai pemain Persiraja dilanggar di dalam kotak terlarang tersebut. 

Allan Machado yang dipercaya sebagai algojo dengan tenang menyarangkan bola ke gawang Sada Sumut FC. Eksekusi penyerang asal Brazil itu menyelamatkan Persiraja Banda Aceh dari kekalahan. Skor 2-2 tak berubah hingga peluit babak kedua berakhir.

Baca Juga: Sada Sumut Belum Putuskan Nasib Bek Jepang Shogo Kagawa

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya